Cara menggunakan Facebook Ads Conversion Pixel untuk Melakukan Tracking Transaksi E-commerce oleh @WishpondID

Editor’s note : Artikel ini adalah guest post dari James Scherer, content marketer dari Wishpond, pakar social media dan blogger dengan latar belakang marketing untuk nirlaba dan komunikasi digital. Tahun lalu dia ke Jakarta untuk mengunjungi sepupu Indonesianya. Wishpond adalah paket marketing social media untuk mengadakan kontes dan promosi tanpa memerlukan pengetahuan I.T.

 

Anda pengusaha bisnis e-Commerce yang mengalami kesulitan untuk mengarahkan traffic ke website Anda? Apakah Anda telah menggunakan iklan Facebook tapi tidak yakin jika usaha dan uang Anda akan menghasilkan profit?

Maka Anda harus menggunakan Facebook Conversion Tracking!

Artikel ini akan membahas cara penggunaan & manfaat dari Facebook Conversion Tracking untuk bisnis eCommerce.

Saya akan mendefinisikan semua istilah yang perlu Anda ketahui dan memberitahu Anda tentang Facebook Conversion Tracking secara detail dan mengapa itu penting bagi bisnis Anda.

Lalu saya akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda dapat membuat dan memasang Conversion Tracking Pixel dengan Facebook Power Editor (lebih mudah daripada yang Anda bayangkan). Dan saya akan menjawab lima pertanyaan yang paling sering diajukan mengenai Conversion Tracking Pixel untuk memastikan agar Anda dapat memahami seluk beluk Conversion Pixel.

 

[slideshare id=27076739&doc=10stepsofcreatingafacebookconversiontrackingpixelforecommerce-131010164620-phpapp02]

 

Pertama, mari kita mendefinisikan beberapa terminologi Fb:


  • Konversi: Konversi adalah tindakan yang sering dilakukan oleh pengunjung websiteAnda seperti memeriksa, mendaftar, menambahkan item ke keranjang belanja atau melihat halaman tertentu di situs Anda. Hampir semua halaman pada website Anda dapat mengindikasikan suatu konversi.
  • Pelacakan Konversi (Conversion tracking) : Kemampuan untuk mengukur ROI iklan Facebook dengan melacak apakah iklan Facebook Anda sebenarnya meningkatkan konversi kunjungan ke website Anda.
  • Pixel Konversi (Conversion pixel): Sebuah bagian dari kode yang Anda dapatkan dari Facebook dan setiap tempat pada halaman website Anda. Seorang pengguna yang mengunjungi halaman website Anda melalui Facebook akan mengaktifkan pixel yang berfungsi untuk menelusuri performa iklan Facebook yang Anda jalankan.
  • Optimized Cost per Impression (oCPM): oCPM merupakan opsi default untuk iklan Facebook. Ketika pertama kali diluncurkan pada bulan Januari, Facebook melakukan A/B Testing dan menemukan biaya oCPM 40% lebih rendah per tingkat konversi dibandingkan dengan CPC biasa. Sepuluh bulan kemudian saya telah mendengar keefektifan biaya oCPM meningkat sebesar 50, 60 dan bahkan 85 persen per kampanye iklan. Dengan oCPM, Facebook secara otomatis melakukan bid untuk iklan Anda (bahkan saya tidak tahu secara pasti CPC yang ideal untuk News Feed iklan berbasis Mobile /Hp pada produk headphone untuk kalangan usia 18-35).

21

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, oCPM juga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan iklan Anda berdasarkan tindakan yang Anda pilih di Facebook (Likes, Shares, Komentar, App downloads), konversi pada website Anda, atau kombinasi keduanya.

Tapi yang paling penting, oCPM sangat efektif untuk menargetkan iklan Anda dengan mengoptimalisasi tingkat konversi kampanye Anda.

Dengan mengklik tickbox ‘Optimize for’ , Facebook secara otomatis akan membantu Anda untuk memilih subset dari individu yang cenderung reseptif untuk melakukan konversi  produk Anda dalam jangkauan iklan (Ad’s reach). Pengoptimalisasian Fb Ads Targeting ini dapat menurunkan biaya per konversi sebesar 50-60%

 

Mengapa hal ini berguna untuk bisnis eCommerce saya?


Saya ingin memberitahu Anda bahwa dengan melakukan pelacakan konversi Anda secara positif dapat mengidentifikasi apakah bisnis Anda membuang-buang waktu dan uang dengan iklan Facebook atau tidak.

Selain itu, pelacakan konversi dapat mengukur Return-on-Investment iklan Anda berdasarkan jumlah Likes, Shares dan Komentar. Anda dapat mengidentifikasi secara akurat iklan mana yang menghasilkan uang untuk bisnis Anda.

 

Power Editor


Saya menyarankan perusahaan eCommerce mengoptimalkan iklan Facebook mereka dengan Power Editor, sebuah plugin gratis untuk Google Chrome.

Power Editor membantu bisnis untuk mengelola beberapa kampanye atau sejumlah besar konten pada Facebook Ads Anda. Alat ini memudahkan untuk membuat, mengedit, mengelola dan mengoptimalkan iklan, kampanye, dan ribuan posting halaman, di sejumlah besar akun iklan Fb  dan halaman Anda.

Ad Creator dalam Facebook memungkinkan Anda untuk melacak konversi iklan Anda yang berfungsi layaknya Power Editor. Namun karena Power Editor memiliki fitur yang lebih kompleks saat menjalankan kampanye, misalnya campaign function (yang memungkinkan Anda untuk melihat dan membandingkan kinerja iklan Anda), saya sarankan Anda untuk tetap menggunakan editor.

 

10 Langkah Pelacakan Konversi Facebook


1. Pada Editor Power tool, klik “Conversion Tracking” tab pada kolom di sebelah kiri:

22

2. Klik “Create Conversion Pixel” yang terletak di sudut kanan atas halaman Fb:

23

3. Berikan nama pada pixel konversi dan pilih kategori dari menu dropdown:

24

4. Klik “Create Pixel”

27

5. Sebuah kotak pop-up akan muncul di mana Anda dapat mengklik “View Pixel Code.”

Ini adalah kode yang Anda perlukan untuk diintegrasikan ke dalam halaman web yang tingkat konversinya ingin Anda telusuri:

26

6. Tentukan halaman mana yang akan Anda sisipkan kode pixel konversi :

Bagi perusahaan eCommerce, Anda pastinya penasaran dengan cara menggunakan tracking pixeluntuk menelusuri kapan iklan Facebook Anda telah meroketkan penjualan, kan?

Jadi, Anda harus menempatkan piksel konversi pada halaman yang biasanya pelanggan Anda lihat secara langsung saat mereka melakukan transaksi di website Anda.

Anda juga dapat menempatkan piksel pada setiap halaman yang tingkat konversinya ingin Anda monitoring secara khusus:

  • Pada halaman yang pelanggan Anda lihat setelah Landing Page Anda – untuk mengukur tingkat kesuksesan iklan dan integrasi Landing Page Anda
  • Halaman bertema kontes dengan tombol ‘Enter here’ atau ‘thanks for entering!’ jika Anda sedang menjalankan kegiatan promosi
  • Pada jendela ‘Entry/Sale Confirmed’ yang muncul setelah pelanggan mengklik melalui halaman kontes.

Ingat: Jangan menyisipkan pixel konversi pada halaman produk maupun Landing Page. Masukkan kode pixel konversi pada halaman yang dituju setelah halaman produk dan Landing page yang mendorong suatu tindakan atau transaksi pembelian.

7.Letakkan kode Anda dalam <head> dan tag </ head> halaman Anda:

28

8.Kembali ke halaman Ad Creative Anda dalam Power Editor dan Buat iklan Anda

29

9. Klik ‘track conversions on my website for this ad’

210

Anda akan melihat bahwa pada tahap ini pixel konversi akan menampilkan tipe tampilan “inactive.” Ini berarti kode pixel Ads telah berhasil disisipkan di halaman Anda, namun belum aktif.

211

Pixel Anda akan menunjukkan tampilan “Unverified” sebelum Anda mensisipkan kode halaman Anda dan me-refresh halaman tersebut. Tampilan kode akan berubah menjadi ‘Aktif’ setelah Anda menempatkan kode pixel dalam halaman Anda dan mengaktifkan kode tersebut.

 

10. Lacak konversi Anda!

 


Top Tip dari Facebook:

Facebook conversion measurement adalah satu-satunya solusi yang dapat melaporkan bila pengguna melihat iklan pada satu perangkat (misalnya ponsel), tetapi melakukan transaksi /konversi pada platform lainnya (komputer desktop). Hal ini sangat berguna untuk cross-platform ad campaigns.


 

5 Hal Paling Sering Ditanyakan Pra dan Pasca Pelacakan Konversi


1. Bagaimana cara melaporkan konversi di Ads Manager saya?

Mengingat bahwa kebanyakan perusahaan eCommerce akan menelusuri check-out (transaksi) secara eksklusif, Anda akan melihat check-out sebagai “Aksi” dalam Daya Editor. Sebagai contoh, Anda mungkin melihat bahwa iklan tertentu menyebabkan “ten total actions” (sepuluh tindakan total).

Jika Anda melacak lebih dari satu tindakan Anda hanya akan melihat jumlah total dari tindakan yang ditimbulkan oleh iklan Anda.

Saya merekomendasikan Anda untuk membuat iklan yang berbeda dalam sebuah kampanye (fitur ini hanya tersedia melalui Power Editor). Bahkan jika iklan tersebut memiliki Ad Creative yang sama persis Anda dapat mengubah konversi pixel yang Anda akan telusuri selanjutnya. Hal ini akan menghilangkan kebingungan yang ditimbulkan oleh ‘Facebook reporting total actions’ daripada ‘Facebook specific actions’.

 

2. Dapatkah saya menggunakan tracking pixel yang sama dengan multiple iklan dan kampanye?

Ya!  Silahkan klik “Track conversions on my website for this ad” dalam Creative tab pada Power Editor, dan pilih tracking pixel sama yang Anda buat sebelumnya.

 

3. Berapa lama proses pelacakan Ad’s pixel saya?

Facebook konversi terdiri dari dua kategori yaitu jumlah klik dan jumlah views pada iklan Anda. Waktu pelacakan terbagi dalam tiga-periode: 24 jam, 7 hari, dan 28 hari.

 

4. Saya sudah membayar untuk layanan pelacakan konversi pihak ketiga. Bisa Facebook bekerja dengan pixel itu?

Ya Anda bisa. Namun, karena spesifikasi ini cukup teknis saya akan merujuk Anda ke Facebook (Anda akan memerlukan web developer untuk yang satu ini).

 

5. Bagaimana cara meng-share pixel konversi saya?

Ingin menggunakan pixel konversi yang sama dengan beberapa Akun Anda? Pertama, Anda hanya bisa membagikan kode tersebut dengan orang yang memiliki akun Facebook. Jika mereka telah memiliki akun FB, ikuti langkah berikut:

  1. Dalam Power Editor, klik “Conversion Tracking” pada sebelah kiri. Anda akan melihat ikon ‘Share’ yang muncul ketika Anda meng-scroll kolom “Ad Accounts Shared With”
  2. Klik ikon di samping tag konversi yang Anda ingin bagikan:

212

  1. Masukkan Account ID Ad Anda dan alamat email dari orang yang pixel konversinya Anda ingin bagikan.

213

Klik “Share”

 

Kesimpulan


Mudah-mudahan Anda sekarang mengerti bagaimana cara mengintegrasi Fb Ad Conversion Pixel dengan mudah dan memahami betapa signifikan “Conversion Pixe”l untuk bisnis eCommerce. Dengan menggunakan Facebook Ad Conversion Pixel, Anda dapat mengidentifikasi ROI pada iklan Facebook Anda secara akurat dan mengoptimalkan kinerja Facebook Ads Anda.

Sudahkah Anda menerapkan Facebook Ad Conversion Pixel dalam organisasi bisnis Anda? Apakah Anda memiliki pertanyaan atau komentar? Silahkan berkomentar di bawah.

Oleh James Scherer @ Wishpond

Baca Juga

3 Fitur Iklan Facebook yang Seharusnya Anda Gunakan

Retargeting Iklan PPE (Page Post Engagement) Facebook tanpa Tools

Author: Rhein Mahatma

mimin

4 thoughts on “Cara menggunakan Facebook Ads Conversion Pixel untuk Melakukan Tracking Transaksi E-commerce oleh @WishpondID”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *