Instagram Stories Ads adalah format iklan Facebook terbaru yang baru available secara global awal bulan Maret 2017.
Apa itu instagram stories ?
Stories adalah fitur terbaru instagram yang memungkinkan Anda membagikan video secara temporer, dan akan hilang dalam waktu 24 jam. Anda bisa meng-upload video, foto atau membuat boomerangs (video dalam format .gif), menulis text dan mengupload clipart di videonya.
Instagram stories muncul di bar bagian atas dari feed Anda. Saat ini diperkirakan memiliki 150 user aktif.
Bisa dibilang instagram bukan hanya menjadi tempat fancy dimana Anda memotret kopi yang enak dilihat atau matahari terbenam saat Anda berlibur, tetapi menjadi tempat visual di mana orang-orang membagikan pengalaman sehari-harinya.
Kenapa Marketer harus tertarik dengan instagram stories ?
Perhatikan data-data ini (berasal dari Jan Rezab, Social media minute)
- Lebih dari 600 juta orang seluruh dunia menggunakan Instagram setiap bulannya
- Lebih dari 400 juta orang seluruh dunia menggunakan Instagram setiap hari
- 60% penggunanya belajar / mengetahui tentang produk dan service di Instagram
- 75% penggunanya melakukan action setelah terinspirasi oleh postingan di Instagram
Airbnb adalah salah satu brand yang menjadi early user dari ads di instagram stories, berikut ini adalah video instagram stories yang digunakan oleh Airbnb.
Kami mendapatkan peningkatan dua digit poin ad recall dari pengalaman kampanye Airbnb kami yang membuktikan lebih jauh bahwa investasi kami dalam iklan di cerita sudah memberikan dampak yang terukur. Dengan kemampuan kami dalam menerapkan penargetan dan pengukuran yang ada ke dalam pengalaman untuk menjangkau pemirsa yang tepat, dalam pemikiran yang tepat, dengan cerita yang tepat pada berbagai skala, kami sudah dapat mencapai hasil yang kami harapkan dari kemitraan dengan Instagram.
Eric Toda, Global Head of Social Marketing and Content, Airbnb
Bagaimana cara membuat Instagram Stories Ads di Iklan Facebook ?
Nah inilah langkah-langkah membuat iklan di instagram stories
Koneksikan Akun Instagram Anda dengan Akun Facebook Anda
Jika Anda belum meng-koneksikan akun instagram dengan akun Facebook Anda, maka ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan.
Masuk dulu ke business manager setting. Menunya ada di hamburger menu (3 garis kiri atas)
Masuk ke business setting
Di panel bagian kiri ada menu instagram account, di bawah menu people & assets. Untuk setting awal, ada kemungkinan Anda perlu mengisi menu business info juga.
Klik claim new instagram account
Masukkan username dan password instagram account Anda
Langkah berikutnya, meng-assign advertising account ke akun instagram tersebut.
Di tahap ini Anda sudah selesai meng-konek akun instagram dengan akun advertiser Facebook Anda !
Membuat Instagram Stories Ad
Kini Anda sudah siap membuat iklan di dalam instagram stories. Lalu kita create ads, coba saja pilih reach (bebas mau pilih jenis ads apa)
Di bagian edit placement Anda bisa melihat opsi placement di instagram stories
Setelah Anda mengisi targeting (usia, gender, lokasi, interest dll), di tahap berikutnya Anda bisa meng-upload ads image atau video.
Untuk image, yang direkomendasikan oleh Facebook adalah ukuran 1080 (panjang) x 1920 (tinggi) atau ratio 9:16, yang berarti tampilan gambar atau video Anda adalah vertikal sedikit memanjang ke bawah.
Setelah mengupload gambar / video, Ads Instagram Stories Anda sudah bisa tampil.
Untuk instagram stories, sama seperti jenis ads lainnya, sebenarnya sangat direkomendasikan menggunakan video (baca juga : Engagement video ads jauh lebih besar dibandingkan jenis Ads lainnya).
Apabila Anda hendak menggunakan video, perhatikan spesifikasi video berikut ini.
Selamat menggunakan Facebook ads – instagram stories !