Cara Membuat Toko Online : Memahami Dropshipping

 

Sebagai pemilik toko online, Anda mempunyai beberapa pilihan dasar untuk pengadaan produk :

  1. Melakukan pre-buy stok persediaan dalam jumlah besar (beli putus), menyimpannya di gudang (atau rumah atau garasi), dan kemudian memaketkan dan mengirim produk sesuai pesanan customer.
  2. Membuat perjanjian konsinyasi dengan supplier, menempatkan barang milik supplier di gudang Anda.
  3. Menemukan supplier dropship yang akan mengirimkan produk langsung ke customer Anda sesuai pesanan mereka.

Tiap pilihan memiliki pro dan kontra tersendiri. Tapi berdasarkan pengalaman, pro terhadap model dropship jauh lebih besar dibandingkan kontranya dan dengan menggunakan seorang dropshipper, Anda lebih unggul dalam persediaan produk.

cara-membuat-toko-online-memahami-dropshipping

Bagaimana Dropshipping Bekerja

Model dropship sangat mudah dipahami, seperti yang diilustrasikan pada diagram di atas. Ada 3 proses, yaitu :

  1. Seorang customer memesan suatu produk pada website Anda dan membayar lunas produk tersebut.
  2. Anda meneruskan informasi pesanan ke supplier dropship Anda, yang memberikan Anda harga grosir.
  3. Supplier Anda mengirimkan produk langsung dari pabrik/gudang mereka ke customer Anda.

Keuntungan Menggunakan Model Dropship

Mari berbicara tentang keuntungan menggunakan dropshipper untuk toko online Anda. Pertama, Anda tidak perlu melakukan pembelian persediaan produk di muka, yang kadang-kadang membutuhkan modal yang cukup besar.

Dengan model dropship, Anda tidak membayar sepeser pun kepada supplier Anda hingga Anda mengumpulkan pendapatan dari customer Anda. Keuntungan ini tidak hanya baik untuk cash flow, tetapi juga memastikan Anda tidak akan pernah terjebak dengan persedian yang telah Anda beli namun tidak ada seorangpun yang ingin membelinya.

Kedua, ketika Anda menggunakan model dropship, Anda tidak memerlukan gudang atau peralatan lainnya untuk menangani persediaan ataupun proses pesanan. Anda dapat menjalankan toko ecommerce Anda dengan hanya menggunakan komputer. Anda tidak harus membayar uang sewa, membeli peralatan, merekrut karyawan, dan segala macam biaya ‘overhead’ lainnya. Ketika Anda menggunakan dropshipper, biaya operasi bulanan Anda tidak akan lebih dari Rp.500,000 -Rp.1,000,000 per bulan.

Ketiga, dengan model dropship, Anda tidak perlu khawatir mengenai pemenuhan pesanan (misalnya pemrosesan dan pengiriman pesanan). Supplier mengambilalih semuanya. Yang Anda lakukan adalah meneruskan informasi pesanan ke customer dan kemudian memberikan informasi pengiriman ke customer.

Terakhir, model dropship memungkinkan Anda untuk fokus pada waktu Anda dan berusaha untuk menarik pengunjung ke toko Anda dan mengkonversi pengunjung ini menjadi customer Anda. Inilah yang akan mendorong kesuksesan Anda dan membangun rekening bank Anda. Banyak pemilik toko memutuskan untuk menyimpan dan mengirimkan produk sendiri yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka melakukan hal tersebut. Bukannya menghabiskan waktu mereka untuk meningkatkan traffic dan memperkuat conversion rate mereka.

Perbedaan dropship dan konsinyasi

Dengan menggunakan model konsinyasi, berarti Anda memerlukan gudang untuk menyimpan persediaan dan menanggung risiko barang rusak di gudang. Dengan menggunakan konsinyasi dan beli putus, harga yang Anda dapat biasanya akan lebih murah daripada menggunakan model dropship, namun juga menambah risiko dan juga beban pekerjaan dari sisi Anda sebagai pemilik online store.

Baca Juga informasi dropship market lokal :

Bagaimana Cara Menjadi Reseller Dropshipping Market Lokal Indonesia ?

Daftar Toko Online Yang Menerima Reseller dan Dropship untuk Market Indonesia

Author: Rhein Mahatma

mimin

2 thoughts on “Cara Membuat Toko Online : Memahami Dropshipping”

  1. Mau nanya gan .untuk kendala bagai mana customer melihat kita sebagai penjual profesional bukan dropship . Dikarenakan customer bisa melihat dari resi bukan dari daerah asal kita misalnya.mohon dibantu penjelasany

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *