Cara Membuat Facebook Ad Collection

Facebook baru saja merilis fitur baru dalam kontek mengiklan yaitu : Facebook Ad Colletion

Fitur ini terlihat sangat baik untuk digunakan, namun melakukan set-up nya tidak semudah itu, mari kita pelajari apa saja yang diperlukan dalam set-up Facebook Ad Collection.

Baca Juga : Tips menulis iklan untuk Facebook Ads

 

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Collection adalah  format baru facebook untuk device mobile yang menghadirkan video,slideshow atau gambar diatas grup (Collection) dari suatu linked product images.

Mengklik salah satu gambar diatas akan memberikan experience yang serupa canvas, dan highlight hingga 50 produk. Apabila suatu produk diklik, maka pengguna akan redirected ke suatu product page dari website atau aplikasi.

Format ini ideal untuk e-commerce yang sudah terlebih dahulu memanfaatkan dynamic ads.

Buat Katalog Produk dan Feed

Jika anda ingin membuat Collection, anda harus terlebih dahulu membuat product catalog. Ini termasuk static file atau dynamic feed dari produk yang anda jual.

Untuk membuat product catalog, kunjungi Business Manager Settings dan pilih Product Catalogs di sisi kiri.

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Click ” Add New Product Catalogs” di sisi atas kanan dan pilih “Create a New Product Catalog”

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Beri nama Catalog Product anda, pilih type (kemungkinan “Products”) dan klik “Create Product Catalog”

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Tambahkan orang yang akan mengakses product catalog, jika diperlukan. Lalu pilih pixel(s) yang mungkin akan fire halaman dimana produk ini dapat dibeli.Cara Membuat Facebook Ad Collection

Jika anda menjalankan Dynamic Ads ( atau berencana untuk menjalankannya) memilih pixel akan diperlukan. Jika anda hanya akan mengupload static file, maka anda bisa skip bagian ini.

Dengan catalog di bagian kiri, anda klik “Add Product Feed” di sebelah kanan atas.

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Beri nama product feed lalu pilih apabila akan ada scheduled recurring uploads atau hanya sekedar single upload. Dan supaya lebih sederhana saya akan menjelaskan bagian single upload.

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Kemudian anda harus mengupload product feed anda di  format CSV, TSV, RSS XML atau ATOM XML.

Berikut ini adalah bebera link sampe feeds di atas.

Dan dibawah ini adalah required fields dalam feed anda :

  • id
  • availability
  • condition
  • description
  • image_link
  • link
  • title
  • price
  • gtin, mpn, or brand

GTIN ( Global Trade Item Number) dapat termasuk UPC, EAN, JAN dan ISBN. Suatu MPN akan menjadi angka yang mengidentifikasi suatu produk ke perusahaannya atau sekedar mengindikasikan brand.

Ada beerapa field opsional lainnya yang bisa anda gunakan, dan bisa anda telusuri lebih dalam  disini.

Pertimbangkan mengapa Facebook perlu melakukan showcase produk yang ada di collection anda. Jenis info apa yang anda perlukan untuk ini ? Tentunya adalah Nama Produk, Deskripsi, Kondisi, Ketersediaan, Link Gambar dan Link terhadap produk dan harga.

Anda ingin gambar anda berbentuk Square (1200×1200 pixels). Memang menyusahkan karena gambar seharusnya kita inginkan pada 1200x 628 (1.91 : 1 Rasio) namun saat menggunakan product feed dan carousel, gambar yang muncul berbentuk square.

Perlu diperhatikan bahwa Feed anda harus memiliki 8 produk yang akan digunakan dalam Collection.

Membuat Facebook Collection

Setelah anda membuat product catalog dan feed, anda sudah bisa membuat Collection pertama anda !

Lewat Power Editor atau Ads Manager, anda bisa menggunakan Conversion atau Traffic sebagai objektif. Kita akan menggunakan Conversions.

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Saat ini Collections hanya berfungsi via Mobile (untuk sekarang, paling tidak) jadi pastikan untuk memilih Facebook Feeds and Mobile di Placements.

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Setting yang lainnya semua tergantung ketentuan Anda dan Objektif Anda.

Pada Ad Level, pilih “Collection” sebagai format. Ini merupakan opsi terakhir setelah Canvas (apabila anda memilikinya).

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Tambahkan gambar,video atua slideshow. Ini akan tampil diatas produk- dan merupakan apa yang sebetulnya ditampilkan di iklan anda.

Cara Membuat Facebook Ad Collection

Untuk gambar Facebook merekomendasi 1.91:1 rasio dan 1200×628 pixels. Untuk Video Facebook menyarankan, 1:1 atau 16:9 rasio.

Kemudian, anda pilih Facebook Page anda kemudian masukkan Headline atau Text untuk Ad anda.

cara membuat iklan facebook ad collection

Tidak akan ada yang tampil di rpeview dikarenakan anda belum memilih product set anda.

Sebelumnya, kita sudah membuat product catalog dan product feed. Anda juga ingin membuat product sets (membaikan feed berdasarkan kategori, sebagai contoh). Jika tidak, anda bisa melakukan nya disini.

cara membuat iklan facebook ad collection

Pilih product catalog yang telah kita buat sebelumnya. Jika anda sudah memiliki product set maka gunakanlah itu, apabila tidak click tombol “+”.

Beri nama product set anda kemudian tentukan bagimana strategi anda untuk mengisolasi produk ini. Anda bisa memilih dari pilih berikut:

  • Category
  • Product Type
  • Brand
  • Price
  • Current Price
  • Product
  • Retailer Group ID
  • Gender
  • Condition
  • Size
  • Age Group
  • Color
  • Material
  • Pattern
  • Custom Label
  • Availability

Ini adalah beberapa field yang potensial namun tidak semuanya diperlukan, anda bisa masukkan ke dalam feed anda. Bayang feed anda memiliki seribu produk diberbagai kategori, maka anda fokuskan dalam satu kategori saja.

Apabila seluruhnya sudah diset-up secara betul maka previewnya akan muncul di sebelah kanan.

cara membuat facebook ad collection

Anda kemudian dapat mengubah empat produk mana yang akan di feature di 4 kotak thumbnails dengan mengklik “Change”.

Setelah itu pilih 4 produk anda kemudian klik “Confirm”.

Terakhir pastikan bahwa anda sudah mengrack seluruh konversi yang terjadi lewat pixel.

Selesai !

Kesimpulan

Seperti fitur facebook lainnya, hal ini tentunya akan berkembang perlahan. Pertama muncul pada Maret 23, belum jelas kapan akan sepenuhnya rollout.

Bagaimana Anda Menggunakan Collection

Apabila anda seorang pemilik usaha e-commerce (atau manager suatu ads brand e-commerce), maka ini cocok untuk anda. Dan jika anda sudah menjalankan Dynamic Ads makan melakukan pengaturan ini tentunya lebih mudah untuk anda.

Meskipun hal ini dapat lebih merepotkan orang, namun ada imbalan lebih yang bisa didapatkan.

Sebelumnya, saya ragu untuk menggunakan video untuk menjual. Mengapa ? Karena video nya lah yang menjadi fokus utama dan pelanggan bisa aja menonton video tersebut tanpa mengklik link apapun.

Namun Collection menceritakan sebuah cerita. Gunakan video untuk menarik perhatian diatas namun dapatkan engagement yang pas. Kemudian user akan melihat produk produk anda kanan bawah dan melakukan klik.

Selama anda menjual paling tidak 8 produk, ada value dalam hal ini. Secara teknis, jika anda tidak ingin menggunakan produk. Anda juga bisa menggunakan Free Opt-ins.

Baca Juga

Memahami Berbagai Pola NLP Copywriting Untuk Meningkatkan Omzet Jualan Online

Author: Nicholas Kharisma

hmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *