Cara Memasang Google Webmaster Tool dan 5 Fitur Penting Yang Perlu Anda Tahu Dari Google Webmaster Tools

Pemilik website dan developer di seluruh dunia sudah menggunakan Google Webmaster tools untuk melakukan diagnosa, memonitor, dan mengoptimalkan situs mereka. Dan mereka yang belum menggunakan fitur gratis ini untuk keuntungan mereka harus segera mulai menggunakannya. Awareness yang anda dapatkan dari monitoring  keywords, , links, alerts, dan manual actions sangatlah berharga.

Berikut adalah lima manfaat penting dari Google Webmaster Tools yang harus anda ketahui:

1. Alternatif keyword yang not provided di Google analytics 

Google analytics sering kali tidak menyediakan laporan keyword untuk Anda dan menyebutnya “not provided”, sebenarnya Anda masih bisa mengaksesnya di Google Webmaster Tool.

Google webmaster tool di tab search queries memberikan informasi posisi rata-rata situs Anda di search engine, angka impression dan jumlah klik, juga click through rate, sehingga Anda bisa mengetahui dari jumlah orang mendapatkan impression dari brand Anda, berapa yang memutuskan untuk meng-klik website Anda.

Perlu diingat, data yang diberikan oleh Webmaster Tools tidak 100% complete, dan mereka hanya menampilkan sebagian kecil dari keyword untuk situs dengan banyak ranking keywords. Pemantauan keyword dari waktu ke waktu dapat memberikan petunjuk tentang apa saja yang bekerja dengan baik untuk situs Anda dan tindakan apa yang harus Anda ambil terkait kata kunci Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik.

2. Monitor Link Profile Situs Anda

Fitur “Links to your Site” dari Google Webmaster Tools sangat penting untuk dapat melihat apa saja website yang memberikan link ke website Anda (meskipun ini memiliki upper limit juga). Untuk situs dengan lebih dari 100.000 link, Google mungkin tidak daftar semua backlink.

Anda juga memiliki pilihan untuk men-download daftar URL dalam CSV atau file Google Docs dan menggunakannya dalam berbagai proses analisis backlink. Ini sesuatu yang baik buat SEO karena Anda dapat bekerja melalui banyak sudut dengan data yang tersedia dalam perangkat ini.

3. Mendapat E-mail Notifications Tentang Issues/Penalties Dari Situs Anda

Google Webmaster Tool langsung memberitahu Anda saat Anda telah dikenakan sanksi oleh Google atau jika ada masalah lain dengan situs Anda. Ini adalah salah satu elemen penting karena ini adalah satu-satunya tempat di mana Anda akan mendapatkan notice jika sudah ada tindakan yang diambil terhadap situs Anda, jika Anda sudah menjadi sasaran hacker jahat, atau jika ada masalah pada robot. txt atau crawling issues.

Anda memiliki kemungkinan untuk mengatur GWT untuk mengirim email notification Anda sehingga Anda akan diberitahu dengan cepat.

4. Merecover Situs Anda Menggunakan Disavow Tool

Melalui Google Webmaster Tools Anda juga bisa menelusuri backlink mana yang tidak wajar dan menghapusnya. Jika situs Anda membuat alarm Google berbunyi dan mendapat red  flag, maka flag ini akan di-review oleh manusia dan Anda akan dikenakan sanksi sampai pelanggaran ini diselesaikan.

5. Mengidentifikasi Broken Pages Pada Situs Anda

Dalam aturan pemasaran,  jika Anda mencoba untuk mendapatkan pengunjung ke toko Anda, tetapi Anda tidak memiliki produk di toko, mereka akan meninggalkannya dan berpaling ke pesaing Anda.  Hal ini berlaku juga ketika datang ke sebuah situs. Ketika orang tidak dapat mengakses situs atau halaman tertentu dari situs Anda, mereka akan kembali ke halaman hasil pencarian dan meng-klik link lain. Hal itu akan membuat semua usaha SEO Anda tidak berguna dan tentunya tidak ada seorang pun ingin seperti itu.

Di Google Webmaster Tools Anda akan memiliki data tentang URL/site related errors yang diidentifikasi ketika Googlebot memeriksa website Anda sehingga Anda dapat memperbaiki masalah dan meningkatkan user experience. Melihat fitur Crawl Errors dari Webmaster Tools  dari waktu ke waktu dapat menyelamatkan anda dari mengecewakan banyak visitor.

Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran manfaat yang didapatkan dari Webmaster Tools. Membangun suatu website yang baik yang terus bertumbuh dan berkinerja baik dalam search results tidaklah mudah. Hal ini membutuhkan perhatian pada banyak hal yang berbeda, tapi tool ini membuat lebih mudah.

 

 

Cara memasang / setting Google Webmaster Tool

Googling “google webmaster tool” atau Masuk ke https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en

Pilih add a site, lalu masukkan website Anda

Berikutnya Anda akan diminta verifikasi ownership website, Anda bisa mencoba alternate method, lalu HTML tag, lalu copy tag HTML tersebut ke website Anda bagian <Head>

Setelah Anda klik verify, Google webmaster tool sudah terinstall di website Anda

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *