Berikut ini adalah beberapa survey terkait digital marketing untuk UKM yang dilakukan di berbagai belahan dunia.
Saya menyajikan survey ini dengan tujuan memberikan gambaran pada Anda, dalam menjalankan toko online, effort marketing seperti apa yang seharusnya Anda fokuskan.
Misalnya, dari artikel ini Anda bisa menyimpulkan :
- Sebelum Anda menguasai Facebook ads, jangan mencoba mencoba belajar Twitter ads (kecuali Anda adalah contrarian yang senang mencari channel baru yang Anda prediksi akan booming di masa depan).
- Contoh kesimpulan lain, jangan berpikir Anda masuk social media dengan harapan sales Anda akan naik segera.
- Jika Anda adalah pemilik toko online, pikirkan kembali jika Anda ingin melakukan promosi sms blast sebelum Anda melakukan effort seo.
Kesimpulan di atas hanyalah contoh yang diambil dari hasil survey di bawah ini. Ingat bahwa survey dilakukan bukan di Indonesia, tetapi di negara lain. Salah satu hal unik adalah, dari survey ini tergambar bahwa kepercayaan responden terhadap PPC sangat rendah – saya asumsikan ini adalah adwords (walaupun Facebook juga punya PPC), kemungkinan karena di negara survey diadakan, ecommerce besar sangat banyak dan mendominasi keyword utama di SERP (search engine result page), sehingga sangat bodoh bagi UKM bersaing di bidding keyword melawan ecommerce besar (ingat juga harga bid terus naik yang membuat Google semakin kaya), sehingga bagi UKM di negara lokasi survey ini lebih wise jika melakukan effort di content marketing dan SEO – jangan lupa bahwa content marketing dan SEO adalah sobat karib yang sulit dipisahkan.
Efektivitas Social Media Marketing
Sumber : Smart Insight
Paid social media apa yang paling penting ?
Berbagai Macam Survey Digital Marketing di UK, Inggris
Sumber : Oursocialtimes
Jenis digital marketing apa yang Anda lakukan ? Social media mendominasi dengan 86%, lalu content marketing dengan 71%, SEO dengan 66%, email marketing dengan 64%.
Seberapa penting aktivitas marketing ini penting untuk bisnis Anda ?
Jawaban “sangat penting” berada di social, content dan SEO.
Jawaban “penting” terbanyak ada di content marketing, email marketing dan SEO.
Menurut Anda, aktifitas ini lebih bagus untuk men-drive awareness, lead generation atau keduanya ?
Email dan PPC digunakan untuk : Lead generation
Social media marketing dan content marketing digunakan untuk : Lead generation dan awareness
SEO digunakan untuk : multi purpose
Ranking aktivitas berikut ini dari tingkat kepentingannya :
Urutan dari yang terpenting adalah : Content marketing, social media marketing, SEO, Email marketing, PPC, Online advertising.
Riset terhadap 4000 ecommerce menunjukkan pentingnya SEO untuk Toko Online
Sumber : marketingsherpa
Ecommerce Anda mendapatkan traffic dari mana ?
Jawaban tertinggi adalah organic search.
Jawaban ke 2 adalah email, tetapi menurut saya email ini perlu diperjelas karena email adalah muara dari semua traffic yang masuk ke website Anda, anda convert ke dalam email list.
Riset efektivitas dari aktivitas marketing
Sumber : Constant Contact
Aktifitas email marketing, website dan pertemuan offline, dari hasil suvey ini dianggap sebagai aktifitas marketing yang paling efektif.
The state of digital marketing for SMB
Sumber Inc.com
Berikut ini survey dari Inc dan Vocus terhadap 2 jenis sample : 1.Total sample 2. Perusahaan dengan penjualan diatas 1 juta usd.
Untuk survey keseluruhan sample, urutan strategi digital marketing yang paling efektif adalah : website, social media dan email.
Sedangkan jawaban dari sample perusahaan dengan sales di atas 1 juta dollar, yang paling efektif adalah website, email dan SEO.
Untuk pemula dan mau berjualan via online apakah ada pelatihan
Umumnya untuk bisnis online yang masih baru saja beroperasi, membutuhkan waktu berapa lama ya untuk aktivitas marketing online hingga sampai mendapatkan laba bersih atau dapat dikatakan untuk BEP.
Terima kasih