Belajar Marketing di Media Sosial : Rahasia di Balik Empat Kontes Instagram Yang Sukses

Orang sangat menyukai foto, dan mereka juga senang berbagi foto diri mereka, keluarga, binatang peliharaan, makanan, pakaian favorit, matahari terbenam, dan banyak hal-hal random lainnya. Belajar Marketing di Media Sosial : Rahasia di Balik Empat Kontes Instagram Yang Sukses.

Inilah yang menjadi sebab keberhasilan Instagram. Pada bulan April 2012, Instagram meluncurkan aplikasi untuk Android. Dalam waktu kurang dari satu hari, lebih dari satu juta orang mendownload aplikasi ini, dan pada Februari 2013, kurang dari tiga tahun setelah diluncurkan, Instagram mengumumkan 100 juta pengguna bulanan pada semua jenis perangkat.

Anda sebagai pebisnis bisa dibilang “gila” untuk tidak mengambil keuntungan dari kesempatan ini. Ini pasti akan menjelaskan ledakan yang bisa Anda lihat dalam banyaknya orang yang melakukan kontes di Instagram. Ada banyak peluang untuk melakukan branding di Internet.

Kontes Sosial media memungkinkan merek untuk:

  • Membangun hubungan pribadi dengan pelanggan mereka;
  • Mendapatkan banyak buzz dan Public Relation dengan biaya memberikan beberapa barang, atau dalam banyak kasus, tanpa biaya sama sekali;
  • Membangun komunitas online yang setia
  • Yang paling penting, meningkatkan penjualan.

Jadi, apakah kontes social media itu efektif ? Ketahuilah beberapa bisnis yang telah sukses besar dengan campaign di Instagram, yang dieksekusi dengan sangat baik.

T.J. maxx

Apa yang lebih baik daripada memamerkan pakaian baru Anda yang luar biasa? Menyombong tentang deal yang Anda dapatkan.

T.J. Maxx menyelenggarakan kontes yang mendorong orang dengan imbalan diskon untuk mengirimkan foto instagram dan mentweetnya lengkap dengan harga dan nama desainer dengan hashtag #MaxxStyle.

Inilah  iklan gratis. Mereka juga memungkinkan pilihan bagi peserta untuk meng-upload foto mereka langsung ke tab campaign tertentu pada halaman Facebook mereka.

Selain memiliki foto mereka di halaman Facebook, peserta memiliki kesempatan untuk memenangkan gift card senilai $ 50 setiap minggu, atau gift card $ 500 setiap bulan jika gambar mereka banyak mengambil perhatian publik dan fashion expert official dari T.J. Maxx’s.

Rahasia mereka?

Selain sekitar $ 600 per bulan untuk gift card dan waktu (yang merupakan campaign dengan anggaran sangat rendah) perusahaan mreka jelas menginvestasikan anggaran iklan dengan blog populer dan blog gaya hidup, Refinery29 – di mana tim kami mengetaui tentang campaign ini . Di R29 diposting pengumuman dengan tag “fitur khusus,” dan Anda akan melihat posting yang menampilkan banner iklan TJ Maxx. Bisa dilihat T.J. Maxx’s Maxx Style dalam sponsored post lainnya di blog seperti Daily Disguise, Pop Style, dan lain lain.

“Official T.J. Maxx Style Scouts ” (fashion expert dari TJ Maxx) juga melibatkan dan me-mention fashion blogger terkenal yang kemudian akan membagi kontes itu dengan follower mereka melalui posting blog dan media sosial, dan mendorong mereka untuk berpartisipasi. Ini adalah situasi win-win. Mereka juga mendapatkan beberapa press release untuk kontes, termasuk di New York Magazine.

T.J. Maxx tahu target audiens mereka – wanita stylish yang punya budget untuk membeli- dan telah menemukan cara untuk tidak hanya menjangkau mereka, tetapi terlibat dengan mereka secara personal.

H&M, Refinery29, and Coachella

Bicara tentang branding, Trifecta . H & M bermitra dengan Refinery29 untuk kontes media sosial yang terkait dengan Coachella (festival musik) tahun 2012 dan 2013, dan telah melihat keberhasilan dengan baik pra-dan pasca-kontes festival. Kontes mereka tahun 2013 adalah yang sederhana seperti mendorong pengikutnya untuk berbagi foto apa yang akan mereka kenakan untuk festival, menggunakan hashtag # HMCoachella di Instagram dan Twitter, untuk kesempatan memenangkan dua tiket. Para juri kontes berasal dari Refinery29. Instagram menjadi host untuk lebih dari 2.750 foto yang dikirimkan dengan branded hashtag dalam waktu kurang dari sebulan.

Pada tahun 2012, kontes itu khusus untuk Instagram dan mendorong fans untuk berbagi foto yang diambil outdoor dan fashion festival musim panas dalam satu shot. Pemenang menerima dua tiket masuk ke Coachella, dua VIP, ongkos perjalanan ke festival, dan kesempatan sekali dalam seumur hidup untuk melayani sebagai fotografer festival. Ini adalah contoh bagus lain untuk memahami penonton dan menemukan cara untuk masuk ke dalam interest mereka dan membangun connection.

Rahasia mereka?

Partnership / kemitraan, dan sekali lagi, mengetahui audiens mereka. Tidak hanya H & M dan Refinery29 mempromosikan kontes besar mereka kepada follower mereka (https://twitter.com/HMusa) dan (https://twitter.com/Refinery29), tetapi Coachella juga mempromosikan kontes untuk festival melalui media sosial. Selain mengadakan kontes giveaway, H & M juga menjadi vendor di festival – memanfaatkan acara untuk eksposur tambahan. Bukan rahasia bahwa kemitraan yang paling sukses ketika mereka logis, dan yang satu ini pasti masuk akal. Hal ini juga membantu H & M memanfaatkan peristiwa besar yang menarik banyak buzz.

 

The American Institute of Architects

Untuk event National Architecture Week 2013, American Institute of Architects (AIA) menjalankan foto kontes “Architecture is Awesome”  di Instagram dan Twitter, di mana lima pemenang akan dipilih secara acak untuk memenangkan $ 50 gift card Amerika Express. Yang harus peserta lakukan adalah mengambil foto dari situs arsitektur favorit atau paling inspiratif menurut mereka, dan meng-upload ke Twitter atau Instagram dengan tag #ArchWeek13 antara April 7 dan 13.

Menurut siaran pers, National Architecture Week adalah kampanye kesadaran publik dari AIA yang didedikasikan untuk meningkatkan perhatian pada peran arsitek sebagai kekuatan untuk perubahan positif dalam masyarakat kita dan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap desain. Tujuan dari kontes ini adalah untuk menampilkan desain yang baik dan mendorong penggemar arsitektur untuk berbagi pikiran mereka dan terlibat dengan para profesional. Dalam waktu empat hari, lebih dari 700 foto yang diupload ke Instagram.

Rahasia mereka?

Mereka melihat kesempatan untuk mengkomunikasikan awareness tentang National Architecture Week dan masuk ke dalam subjek yang sangat populer di Instagram. Hashtag #Architecturememiliki lebih dari empat juta foto di Instagram.

Organisasi mengakui bahwa anggota mereka memiliki passion besar terkait  karir mereka dan memutuskan untuk menggunakan Instagram untuk mendekatkan mereka bersama-sama. Sebagai the voice untuk profesi arsitektur. Organisasi itu melihat kesempatan tepat untuk menciptakan pengalaman melalui jaringan sosial, sementara berpotensi mendapatkan followers dan awareness untuk organisasi itu sendiri.

Ben & Jerry

Es Krim mega-brand Ben & Jerry menangkap esensi dari produk dengan kontes Instagram. Mereka meminta para pengikutnya untuk berbagi foto Instagram mereka dengan euforia dan dengan tag # captureeuphoria. Mereka kemudian mengambil users favorit dari seluruh dunia untuk menjadi fitur mereka dalam sebuah iklan di lingkungan mereka sendiri. Diluncurkan pada bulan November 2012, kampanye telah menghasilkan hampir lebih dari 17.000 dengan hashtag #captureeuphoria.

Rahasia mereka?

Mengetahui produk mereka, merangkul kostumer, dan meleverage existing follower mereka yang cenderung menganggap brand mereka sebagai “cult” . Ben & Jerry memiliki identitas yang kuat, dan mereka melakukan pekerjaan yang besar melalui campagin ini. Tidak hanya campaign ini memberikan  penggemar mereka 15 menit ketenaran, hal itu juga menunjukkan kebanggaan perusahaan dalam hati penggemarnya dengan menampilkan mereka dalam iklan untuk mereknya. Ini adalah cara yang cukup cerdas untuk terhubung dengan audiens.
Pernahkah Anda memperhatikan tema umum di antara semua ini? Mereka semua tahu audience mereka, mengembangkan campaign yang relevan dengan mereka, dan memberikan sesuatu sebagai hadiah – apakah itu uang, pengakuan, atau 15 menit dari ketenaran.
Jika Anda berpikir untuk melakukan kontes foto untuk merek Anda, perlu diingat beberapa hal yang dapat membantu membuat campaign sukses.

  • Cari tema yang berhubungan dengan merek Anda dan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Membuatnya mudah dan menyenangkan untuk masuk.
  • Temukan cara untuk mem-filter entry yang masuk
  • Cari brand untuk berpartner, yang kuat dan relevan.
  • Promosikan di tempat yang relevan: website Anda, semua saluran sosial, di acara-acara, dll
  • Ukur hasil yang ada

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *