Belajar Facebook Ads : 5 Tips Membuat Call-to-Action untuk Meningkatkan Konversi Penjualan

Bagaimana meningkatkan konversi Facebook Ads ? Salah satunya adalah membuat Call-to-Action (CTA) yang menarik. CTA adalah kata-kata dalam iklan yang bertujuan mendorong pembaca untuk take action.

Jika saya membuat iklan dengan 2 call to action berikut :
1) “Belajar membuat Facebook Ads yang efektif bersama StartupBisnis.com, Klik Di sini”
2) “Bagaimana cara membuat iklan di Facebook dengan biaya Cost per Likes Rp 1 ? Ayo belajar sekarang di Startupbisnis.com”

Manakah yang lebih menarik untuk di klik dan menghasilkan konversi lebih tinggi ? CTA yang kedua bukan ? Ini merupakan contoh yang menunjukkan pentingnya penentuan CTA yang tepat. Dalam membuat Facebook Ads, Call-to-Action merupakan bagian yang sangat mempengaruhi konversi dan menentukan apakah iklan Anda akan di klik atau tidak.

Lalu, bagaimana cara membuat CTA yang baik untuk Facebook Ads ? Berikut cara-caranya :

1. Menggunakan kata “Gratis” atau memberikan penawaran menarik

Facebook user suka dengan penawaran-penawaran yang menarik, apalagi sesuatu yang gratis, sangatlah sulit bagi mereka untuk menolak sesuatu yang gratis. Anda dapat memberikan kupon, sampel produk, atau apapun yang Anda bisa berikan dengan kata “Gratis”. Berikut contohnya :

2. Menggunakan kalimat tanya & kalimat negatif

Kalimat tanya dapat menarik orang-orang terhadap iklan Anda, karena lebih komunikatif dan terdengar menawarkan solusi bagi masalah yang mungkin mereka miliki. Kalimat tanya juga lebih memancing respon dari user.

Anda dapat bertanya tentang hal seputar produk, opini, dan pertanyaan yang terkait suatu peristiwa. Pertanyaan Anda dapat berupa pertanyaan bernada positif maupun negatif. CTA yang berkalimat negatif juga menarik bagi mereka yang memiliki suatu masalah atau ketakutan dan produk Anda akan mengatasi ketakutan tersebut. Berikut contohnya :

3. Menciptakan Urgensi

Ciptakanlah urgensi, berikanlah deadline pada penawaran menarik Anda dan jadikan sebagai Call-to-Action. Tentunya dengan adanya urgensi, user akan lebih tertarik untuk segera melihat iklan tersebut agar tidak ketinggalan penawaran Anda. Berikut contohnya :

4. Gunakan action words

Anda dapat menggunakan Action words yang menyelesaikan masalah tertentu dan mendorong mereka agar segera take action. Tujuan utamanya adalah untuk membuat user segera bertindak, dengan memberikan suatu ide pada mereka. Berikut contohnya :

5. Gunakan kata-kata yang simpel dan jelas

Anda perlu membuat CTA yang sesimpel mungkin, karena kebanyakan orang memiliki short attention span, atau bahasanya mudahnya adalah mudah kehilangan fokus, mereka hanya melihat suatu iklan dalam waktu yang singkat sebelum kemudian berganti fokus ke hal lain.

Maka dari itulah, Anda perlu membuat iklan yang singkat dan dapat dimengerti dengan cepat, janganlah menggunakan kata-kata yang ambigu.

Berikut adalah salah satu contoh CTA yang buruk :

Satu hal yang jelas adalah : Robot bukanlah produk utama Fab.com. Lalu apa hubungannya dengan robot yang memiliki perasaan ? Iklan seperti ini terlalu ambigu dan membingungkan konsumen. Selain itu, produk/jasa dan value dari Fab.com tidak tersampaikan dengan baik disini.

Contoh Ads yang simple dan jelas adalah seperti ini :

Lakukan Uji Coba / Testing

Tentunya setiap iklan yang Anda buat perlu di uji coba. Tips-tips tersebut hanyalah saran dapat meningkatkan konversi Anda, namun tidak dapat menjamin 100% CTA yang dibuat akan berakhir pada konversi yang baik, karena masih tergantung pada banyak faktor. Saran terbaik dari saya adalah tetap lakukan uji coba untuk menemukan iklan yang mempunyai performa terbaik untuk bisnis Anda.

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *