Belajar Email Marketing : Cara Mendapatkan Subscribers untuk Mailing List Toko Online Anda

meningkatkan omzet jualan online

Jika ingin membangun bisnis online yang sustainable, Anda harus :

  1. Membuat banyak konten sehingga organic traffic dari SEO tinggi – kadangkala membutuhkan waktu 1-3 tahun tergantung budget Anda. Pengetahuan dasar SEO diperlukan di sini.
  2. Organic traffic tinggi berarti Anda mendapatkan leads yang konsisten. Kumpulkan email dari leads yang datang, jangan biarkan mereka pergi begitu saja. Di sinilah pentingnya Anda belajar email marketing.

Salah satu jantung dari tiap toko online adalah kemampuan suatu toko online untuk mendekati dan mendapatkan konsumen loyal, yang akan kembali berbelanja di toko online Anda. Dan saat ini, ada banyak cara untuk mengajak konsumen agar kembali tertarik pada penawaran Anda dan berbelanja lagi pada toko online Anda. Tapi dari banyak cara itu, yang terbaik adalah dengan mengumpulkan alamat email konsumen.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa mendapatkan saluran/hubungan langsung dengan konsumen Anda. Anda bisa menyulap konsumen biasa/umum Anda menjadi konsumen yang terus setia pada toko Anda.

Ada fakta bahwa sedikit sekali toko online yang berusaha mengumpulkan email konsumen, dan bahkan lebih sedikit lagi jumlah toko online yang mengirim email penawaran/informasi toko online-nya kepada para konsumen. Dan, pada posting kali ini, Anda akan tahu seberapa penting untuk memaksimalkan fungsi alamat email konsumen demi perkembangan toko online Anda.

Gunakan 3rd Party Email Provider

Pertama-tama, jika Anda ingin mengumpulkan dan mengirimkan email ke ribuan orang/konsumen, Anda butuh pihak ketiga untuk menjalankan email marketing  ini.

Mengirim email kepada konsumen sesekali langsung dari server Anda sendiri bukanlah suatu hal yang salah, tapi ketika Anda harus melakukan pengiriman ribuan email ke banyak konsumen, itu akan berdampak mengerikan bagi alamat email Anda.

Provider email marketing seperti MailChimp atau Aweber, memiliki ratusan server yang memastikan email Anda terhindar dari spam dan bisa dikirimkan/diterima dengan pengaturan waktu yang Anda inginkan. Satu lagi, pelayanan ini juga menawarkan tools utama yang berguna untuk mengatur dan mengelola seluruh email konsumen yang terdaftar/ subscribers. Jangan ragu untuk mencoba pelayanan semacam ini, marilah menjadi professional.

Kumpulkan Alamat Email Konsumen saat Mereka Melakukan Check-Out

 

checkout toko online

Satu hal paling penting dan krusial dalam mencari cara mendapatkan alamat email konsumen adalah saat proses check-out. Jika konsumen memiliki minat untuk membeli sesuatu dari toko online kamu, maka mereka biasanya akan kembali lagi padamu, jadi penting bagi toko onlinemu untuk memiliki informasi kontak mereka, khususnya alamat email.

Banyak pemilik toko online melakukan kesalahan, dengan hanya mengumpulkan email konsumen dari mereka yang membuat akun di toko onlinenya. Tapi kamu juga harus memiliki newsletter yang bersifat opt-in box untuk konsumen yang tidak membuat akun (non-registered cutomer).

Juga, pastikan jika alamat email yang sudah Anda kumpulkan bisa tersalurkan dengan baik langsung ke email provider Anda, agar tak hanya menjadi database shopping cart Anda. Kebanyakan shopping carts (termasuk PrestaShop) menawarkan integrasi yang bersifat built-in dengan layanan email marketing populer semacam MailChimp.

Gunakan Judul yang menjadi Magnet Perhatian Konsumen

Secara umum, kebanyakan orang cukup malas untuk mendaftarkan alamat email mereka ke newsletter/milis sebuah toko online, kecuali mereka bisa mendapatkan sesuatu dari sana. Jadi, Anda harus memiliki tampilan dan penawaran newsletter yang menarik agar onsumen ingin mendaftarkan email mereka, Anda bisa melakukannya dengan meberikan insentif khusus maupun hal-hal yang menjadi magnet perhatian mereka.

Untuk suatu toko online, Anda bisa coba menawarkan e-book gratis tentang cara membuat kerajinan tangan atau mengembangkan kreativitas seni lewat produk yang Anda jual, dengan syarat para konsumen harus sign-up terlebih dulu.

sign up newsletter

 

Giveaway gratis seperti ini tidak hanya menawarkan nilai-nilai / value bagi toko online Anda, tapi itu juga membuat konsumen mengetahui ide-ide baru dari produk Anda, yang menjadikan mereka tetrarik dan berbelanja lagi di toko online Anda di kemudian hari. Anda juga bisa mencoba menawarkan kupon-kupon diskon, sebagai kode untuk para konsumen agar mendaftarkan email mereka di milis. Itu juga bentuk penawaran eksklusif dan khusus untuk mereka.

Jangan Takut untuk Mencoba Pop-Up Forms

Banyak orang juga berpikiran jika menambahkan pop-up forms pada situs toko online mereka akan menggangu pengunjung/konsumen mereka. Tapi fakta yang ditemukan adalah sebagian orang yang anti dengan pop-up adalah mereka yang tidak pernah mencoba bentuk ini sama sekali di toko online mereka. Padahal, bentuk pop-up seperti ini adalah salah satu pilihan terbaik adlam menampilkan sign-up form untuk sebuah toko online, dan cukup banyak konsumen yang melakukan pendaftaran lewat ini. Berikut adalah bagaimana tampilan/gambaran suatu pop-up seharusnya.

Walaupun Anda mungkin bertentangan dengan ide ini, tetap saja sangat disarankan pada Anda untuk mencobanya; sekali saja, agar Anda benar-benar bisa tahu hasilnya. Jika Anda khawatir tentang terganggunya konsumen, coba saa mulai dengan menambahkan pop-up forms dari laman konten-konten Anda.

email marketing

 

Sebagai contoh, coba mulai dengan memasukkan pop-up form ke dalam blog Anda dan lihat bagaimana pop-up tersebut bekerja. Pop-up itu akan membuat tingkat email sign-up Anda meningkat dua kali lipat dan bounce-rate yang Anda khawatirkan tidak akan terlalu berdampak.

meningkatkan omzet jualan online

Cara paling mudah untuk menambahkan sign-up form adalah dengan menggunakan pelayanan gratis dari situs SumoMe.com. Pelayanannya benar-benar gratis dan cukup relevan digunakan pada seluruh jenis situs.

Tambahkan Lebih Banyak Email Signup Forms di Berbagai Lokasi Strategis Situs Anda

Konten yang kaya akan informasi pada situs Anda adalah salah satu tempat yang tepat untuk meletakkan signup forms agar mengaget perhatian konsumen. Tapi kebanyakan pemilik toko online tidak terlalu antusias dengan sign-up forms yang mereka miliki.

Jika Anda berencana untuk meningkatkan subscribers dalam mailing-list/milis Anda, maka buatlah tampilannya jelas. Tempat paling tempat untuk menampilkan sign-up forms adalah di atas atau di bawah konten situs Anda.

Dan, di bawah ini adalah contoh bagaimana sign-up forms ditempatkan di suatu blog, dan penempatan tersebut cukup berhasil menarik perhatian.

Coba letakkan di atas konten Anda, seperti gambar ini:

belajar email marketing

 

atau, letakkan di bawah konten Anda, seperti contoh:

email

 

Cara Lainnya untuk Meningkatkan Email Signups

Selain menambahkan pop-up dan sign-up forms di atas maupun di bawah konten Anda, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memuat slide-in. Slide-in merupakan salah satu ide bagus, karena konsumen yang biasanya menelusuri konten atau mencari tahu rincian produk di situs Anda, akan tertarik ketika melihat sebuah bentuk animasi.

Jika Anda bersikeras tak ingin menggunakan pop-up form untuk situs Anda, setidaknya Anda bisa mencoba slide-in. Pada dasarnya, slide-in tidak terllau mengganggu dibanding pop-up, dan bisa diatur untuk muncul pada akhir laman setelah Anda bisa memastikan jika konsumen memang benar-benar tertarik dengan situs/penawaran Anda. Dan, berikut adalah contoh slide-in dalam sebuah blog:

email

 

Kesimpulan

Sekali saja Anda berhasil menumpulkan sejumlah alamat email konsumen, hal menyenangkan akan mulai bermain. Pada titik ini, Anda sudah memiliki izin dan saluran langsung terhadap konsumen dalam hal mengirimkan informasi produk dan layanan Anda.

Maka itu, coba untuk mengirimkan email secara rutin kepada konsumen, agar mereka tahu keberadaan Anda. Isi email yang Anda kirimkan tak harus mengenai prduk atau layanan Anda, tapi juga bisa tentang program-program kemanusiaan yang tengah Anda jalankan lewat bisnis Anda atau hal-hal personal lainnya yang bisa Anda bagikan. Kini, Anda sudah punya sejumlah daftar email konsumen Anda, itu artinya Anda punya banyak peluang dan kesempatan dalam pemasaran!

 

Baca Juga artikel tentang pembelajaran email marketing :

5 Cara Efektif dalam Mendapatkan Email Konsumen bagi E-commerce Anda

Hasil Survey dari 509 Bisnis Menjawab Pertanyaan Bagaimana Cara Supaya 1 Orang Customer Membeli LEBIH SERING atau LEBIH BANYAK dari Toko Online Anda

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *