Belajar Cara Bisnis Dengan Mengenal The Element of Value – Bagaimana Customer Mengevaluasi Product atau Service

Baru baru ini riset harvard membeberkan element of value yang menurut saya perlu dipelajari oleh para founder

 

Ketika customer mengevaluasi produk atau service, mereka akan memberi bobot terhadap perceived value, dibandingkan dengan harganya. Marketers pada umumnya memfokuskan waktu dan energinya untuk me-manage sisi harga dari persamaan tersebut, misalnya menaikkan harga bisa secara cepat menaikkan profit. Tetapi harga biasanya hanya terdiri dari faktor kecil, selain itu analisa dan taktik pricing terus berevolusi.

Apa yang di value oleh customer sebenarnya sulit untuk dijelaskan dan cukup kompleks secara psikologis. Bagaimana seorang founder secara aktif me-manage value atau merancang cara untuk mendelivernya dengan lebih dalam lagi, baik itu fungsional (menghemat waktu, menurunkan biaya) atau emosional (meredakan ketakutan, menyediakan entertainment)? Membuat konsep baru membutuhkan antisipasi tentang apa yang dianggap orang lain valuable.

Jumlah dan sifat dari value dari suatu produk atau service selalu ditentukan oleh orang yang membeli – tentu saja, tetapi universal building block dari sebuah value tetap ada, membantu Anda, para founder dan perusahaan untuk meningkatkan performa di market Anda dan menciptakan hal baru. Model yang tepat dari consumer value membantu perusahaan untuk membuat kombinasi value yang bisa dideliver oleh produk dan servicenya.

cara bisnis

 

Kombinasi yang bagus bisa menghasilkan customer loyalty, kemauan customer untuk mencoba brand dan revenue growth yang sustain.

Berikut ini adalah 30 element value – attribute dari value yang sangat esensial dan masing-masing sangat unik. Elemen ini terdiri dari 4 kategori : fungsional, emosional, life changing, social impact. Beberapa elemen sangat fokus ke dalam diri consumer dengan memenuhi kebutuhan pribadi, misalnya element motivasi life changing adalah inti dari produk tracking olahraga dari fitbit. Beberapa sangat fokus ke luar, membantu customer berinteraksi dengan dunia external.

belajar cara berbisnis

 

Baca Juga

Cara menjadi reseller dan dropshipper market lokal Indonesia

Panduan dropship tool untuk riset pasar dan menentukan produk bisnis model dropship

 

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *