Bagaimana Menulis Title Tags untuk Search Engine Optimization

title tags SEO

Kita akan kembali belajar hal-hal mendasar tentang search marketing atau SEO. Dan tidak ada yang lebih basic untuk sebuah situs selain menulis title tags. Anda tentu sering melihat sesuatu yang muncul pada bar biru di browser Anda. Kebanyakan browser modern berusaha untuk menyembunyikannya, namun itu sebenarnya sangat penting.

Jadi, apa sebenarnya title tag? Mengapa ini penting untuk SEO, dan bagaimana Anda menuliskan itu?

Meta Tags

Pertama, mari kita bicara tentang meta tags. Elemen-elemen meta adalah elemen HTML atau XHTML yang biasanya memberikan informasi mengenai web page kepada search engine dan user website.

Elemen-elemen itu harus ditempatkan sebagai tags di head section dokumen HTML. Elemen-elemen ini adalah:

  • Title Tag
  • Description
  • Keywords (Tidak ada yang menggunakan ini lagi dan Anda bisa mendapatkan spam “points” di Bing untuk masalah overuse, jadi lupakan saja hal ini. Jika Anda memiliki keyword yang “spammy”, Anda mungkin ingin memperbaikinya.)

Apa itu Title Tag?

Title tag adalah bagian dari meta tag yang muncul paling atas di HTML di dalam area <head>. Anggap title tag seperti chapter di buku. Itu memberikan informasi kepada orang-orang dan search engine tentang apa web Anda sebenarnya.

Title tags juga merupakan bagian yang akan membuat orang mengambil keputusan apakah orang yang melihat web Anda di search result akan mengklik web Anda atau tidak. Title tag harus mengandung keyword penting yang dapat membantu search engine langsung mengetahui tentang apa web Anda.

Tulis title tags untuk manusia; format title tags itu untuk search engine.

NOTE: Setiap SEO yang berpengalaman punya cara unik mereka masing-masing untuk melakukan ini, dan di sini Anda akan melihat beberapa metode itu. Tapi di luar itu, ada sejuta cara bagaimana menulis title tag.

Seperti Apa Bentuk Title Tag?

Title tag berbentuk seperti ini di kode HTML:

<title>Di Sini Kata-Kata Penting </title>

Ini bagaimana title tag muncul di browser Anda yang menggunakan bar untuk menampilkannya (browser lain mungkin hanya menggunakan tab space atau tidak menampilkannya sama sekali):

title-tag-idntimes

Dan ini bagaimana Google menampilkan title tag tersebut:

title-tag-idntimes-google

INGAT: Title tag adalah single tag yang paling penting di page Anda. Itu memberitahu search engine tentang apa web Anda. Itu hal yang sangat vital untuk strategi SEO Anda.

Quick Checklist

Ketika Anda menuliskan title tag Anda, apa saja yang perlu Anda ketahui? Ini checklist yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan title tag Anda:

  • Panjangnya: Title tags harus maksimal sepanjang 70 karakter, termasuk spasi.
  • Penempatan Keyword: Kata-kata yang paling penting (keyword) Anda harus ada pertama kali di title tag Anda, diikuti keyword yang tidak terlalu penting di belakangnya (dari yang paling penting ke tidak terlalu penting). Namun, jika Anda menggunakan bahasa yang dibaca dari kanan-ke-kiri, maka hal sebaliknya yang harus dilakukan, dari yang tidak terlalu penting ke yang paling penting.
  • Pemisahan Keyword: Gunakan tanda | untuk memisahkan keyword (jangan gunakan koma, underscore, dash, atau tanda-tanda pungtuasi lainnya kecuali jika keyword itu ditulis demikian).
  • Penggunaan Kata: Tetap jaga agar kata-kata penting (keyword) Anda pendek dan simple. Buang kata-kata yang memperlihatkan keyword itu seperti kalimat (misalnya: dan, jika, tetapi, lalu, dll).
  • Nama Perusahaan: Jika nama perusahaan Anda tidak termasuk frasa penting (keyword), letakkan itu di akhir title tag; jika itu merupakan bagian dari keyword, letakkan di kata pertama di title tag. Beberapa SEO akan menyuruh Anda membuangnya. Anda dapat tetap meletakkannya untuk alasan branding – jadi orang dapat langsung melihat brand Anda dan mengkliknya. Ini tidak valid untuk semua situs.
  • JANGAN MENDUPLIKAT Title Tags: Title tags harus dituliskan berbeda di setiap halaman. Jangan menggunakan title tag yang sama secara banyak.
  • Buat itu Relevan: Title tags harus dituliskan sebagai deskripsi konten dalam page tersebut. Misalnya pada About Page dituliskan seperti ini:

About | Keyword Penting | Nama Perusahaan

atau

Keyword Penting | About Us | Nama Perusahaan

Google dan Title Tags

Kadang-kadang, Google tidak menyukai title tag Anda. Dalam kenyataannya, kadang Google berpikir mereka dapat memilih title tag yang lebih baik, maka Google akan mencoba rewrite tag untuk Anda. Anda beberapa tempat yang mungkin dapat Google gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai web Anda, tapi kebanyakan title tag yang mereka pilih adalah yang tidak Anda inginkan untuk menggambarkan web Anda.

Jika Anda tidak ingin title tag Anda ditulis ulang oleh Google, pastikan title tag yang Anda buat berhubungan dengan page Anda, mendeskripsikan konten, pendek, dan keyword tidak diulang-ulang. Itu dapat Anda gunakan sebagai pertahanan Anda.

Pengulangan Keyword untuk Title Tags

Anda mungkin menggunakan cara yang buruk dalam menulis title tag, misalnya dengan mengulang kata berulang-ulang. Pengulangan keyword (keyword stuffing) merupakan hal yang sangat buruk jika bicara tentang title tag.

Katakan saja jika Anda ingin mendapatkan peringkat untuk Baju Bola dan Baju Tennis. Anda akan sering lihat title tag yang menampilkan main keyword berulang-ulang dan terlihat seperti ini:

Baju Bola, Baju Tennis, Semua Tipe Baju Olahraga | Jual Baju Olahraga | BajuOR.com

Ini penulisan title tag yang buruk. Anda tidak perlu mengulang-ulang keyword itu. Google dapat langsung menangkap keyword itu layaknya mata Anda membaca keyword itu, maka Anda harus menulis ulang dengan:

Baju Bola & Tennis | Jual Baju Olahraga | BajuOR.com

Kita menghapus kata-kata tambahan, mengombinasikan produk (jika memungkinkan Anda akan membagi produk ini di halaman terpisah, bola dan tennis, tapi ini tidak selalu layak atau diinginkan) dan tambahkan kategori keyword yang akan muncul di tengah-tengah title tag pada semua judul halaman baju terkait, kemudian mengakhirinya dengan nama domain (sekali lagi ini adalah untuk keperluan branding – ada juga alasan yang baik untuk tidak melakukan hal ini, itu tergantung pada SEO).

Sekarang title tag kita pendek, bagus, simple, dan to the point. Kita juga telah mengategorinya dan memasukkan branding kita di bagian belakang.

Kita juga membuang kata “dan” dan menggantinya dengan tanda (&) sehingga Anda tidak akan sengaja menghubungkan dua item dan membuat Google berpikir Anda ingin orang-orang mencari Baju Bola DAN Tennis.

Beberapa Contoh Penulisan Title Tag

Mari lihat beberapa contoh penulisan title tag dengan contoh yang nyata.

Jika keyword Anda adalah “Ahmed Mohamed” dan “Ditangkap”, title tag Anda akan ditulis seperti ini:

Ahmed Mohamed Ditangkap

Ahmed Mohamed akan menjadi kata pertama dalam tag.

Sekarang bagaimana jika kita memiliki lebih dari satu set kata? Bagaimana jika saya memiliki keyword “Ahmed Mohamed Ditangkap” dan “Jam Digital”? Maka title tag Anda akan dituliskan seperti ini:

Ahmed Mohamed Ditangkap | Jam Digital

Jangan gunakan tanda pungtuasi lain, cukup | saja.

Sekarang bagaimana jika saya juga ingin memasukkan nama media yang membahas berita ini? Jadi keyword yang saya miliki saat ini adalah “Ahmed Mohamed Ditangkap”, “Jam Digital”, dan “CNN”. Dengan struktur seperti ini, maka Anda dapat meletakkan nama perusahaan di akhir title tag untuk menunjukkan kepada Google bahwa keyword itu tidak terlalu penting.

Ahmed Mohamed Ditangkap | Jam Digital | CNN

Nama perusahaan dapat diulang di setiap title tag asalkan itu bukan merupakan bagian dari kata yang penting dan diletakkan di akhir title tag.

Bagaimana dengan kalimat? Bisakah Anda menuliskan “Ahmed Mohamed Ditangkap karena Jam Digital dan Dibahas dalam CNN? Bisa. Tetapi kata “karena”, “dan”, “dibahas” merupakan kata yang berlebih yang harusnya dapat dibuang sehingga title tag Anda tetap pendek dan simple.

Jadi, sekarang Anda sudah cukup paham mengenai bagaimana menulis title tag yang baik? Terapkan itu dalam website Anda untuk mengoptimalisasi performa situs Anda.

Penulisan title tag untuk ecommerce akan kita bahas di artikel lain

6 thoughts on “Bagaimana Menulis Title Tags untuk Search Engine Optimization”

  1. Saya sangat tertarik dengan bisnis online, karena itu saya mencari data2 tentang hal tersebut untuk melengkapi bisnis saya kedepan. saya sadar bahwa dunia saat ini sudah berubah, dan kalo saya tidak mengikutinya tentu saya akan mengalami kerugian besar dalam hidup saya. Oleh sebab itu saya sangat berterima kasih sekali atas wadah ini untuk memberi pencerahan dan edukasi yang baik sekali.

  2. maaf saya mau tanya, title tag itu peletakannya dimana, di edit html kan? bukannya disana hanya ada satu saja title tag. Tapi kok yang dibahas di atas seperti bisa pasang banyak title tag. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *