Apakah SEO (Search Engine Optimization) Tepat untuk Bisnis Anda?

Search engine optimization (SEO) dapat memberikan hasil yang besar untuk setiap klien, tetapi kadangkala hal tersebut mungkin tidak tepat untuk setiap jenis bisnis atau setiap situasi.

apakah-seo-tepat-untuk-bisnis-anda

Hal ini mungkin tampak aneh, karena pernyataan ini datang dari seorang ahli SEO, tetapi ada banyak situasi di mana organic search mungkin bukan pilihan terbaik untuk masalah marketing tertentu.

Bahkan, ada kalanya SEO  tidak cocok untuk bisnis Anda. Pada artikel ini akan dijabarkan beberapa gambaran umum yang dapat Anda amati, dimana terkadang SEO tidak selaras dengan kebutuhan pasar atau ada faktor lain seperti timeline, budget, dll.

Baca Juga: 8 Faktor Utama yang Mempengaruhi SEO Platform Ecommerce Toko Online

1. Budget

Budget merupakan masalah pertama dan paling umum yang sering dialami. Perusahaan ingin menaikkan ranking dengan waktu dan budget yang telah ditentukan. Namun Anda harus mensurve landscape market; dan terlepas Anda memiliki bisnis local atau nasional, Anda harus realistis mengenai bagaimana penggunaan budget untuk memberikan hasil yang Anda inginkan.

Memperkirakan biaya projek SEO seringkali sulit dilakukan jika sendirian. Terdapat banyak variabel, tetapi, dalam banyak kasus, dengan menggunakan tool seperti Majestic dan Ahrefs, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai kompetisi dan apa pendekatan yang digunakan untuk memberikan hasil sehingga dapat diketahui oleh orang lain.

Tentu saja, bahkan ketika semuanya telah tercapai, pekerjaan yang harus dilakukan untuk mempertahankan posisi agar stabil sesuai dengan keinginan Anda, dan meskipun biaya yang dibutuhkan tidak sebanyak untuk memulai SEO, Anda harus memperhitungkan faktor ini ke dalam budget marketing Anda.

Ketersediaan budget juga dapat menyebabkan orang gagal menjalankan SEO. Akan selalu ada orang yang ingin mendapat hasil cepat dan tidak mengikuti panduan Google untuk mendapatkan hasil jangka pendek dan bebas dari budget marketing Anda – sementara hal yang dilakukan tersebut akan memberikan dampak buruk dalam jangka panjang.

2. Jangka waktu

Masalah jangka waktu biasanya tumbuh seiring dengan masalah budget, dan juga muncul keinginan untuk menjadi tiga besar dalam jangka waktu tertentu. Sekali lagi, Anda tidak bisa hanya menyebutkan berapa lama semua ini bisa terjadi.

Pertama, SEO dapat dan biasanya menjadi target yang terus berubah. Selain itu, jika Anda berada di halaman ke tiga dan ingin berada di posisi satu halaman pertama, maka Anda memiliki banyak pekerjaan. Biasanya, ketika Anda semakin dekat berada di peringkat atas halaman pertama, usaha Anda bisa melambat dan hasilnya tidak stabil.

Sedangkan dalam menentukan budget, Anda harus bisa mendapatkan usaha yang harus dilalui dan bisa memperkirakan jangka waktu yang memengaruhi budget. Anda bisa belajar dari project management triangle, bahwa projek SEO tidak bisa bagus, cepat dan murah, dan paling maksimal hanya akan memenuhi dua kriteria saja – projeknya bisa baik dan cepat, tapi tentu saja tidak akan murah.

3. Kompetisi Iklan

Sementara ada banyak orang yang kewalahan dengan algoritma Penguin dan Panda serta komponen lain dari algoritma yang secara agresif menargetkan konten berkualitas rendah atau upaya untuk memanipulasi hasil SEO, kerja sesungguhnya akan diperjuangkan oleh tim layout page.

Pergerakan Google baru-baru ini yang menunjukkan empat iklan di halaman teratas dalam hasil pencarian untuk beberapa keyword, lalu untuk membuat iklannya lebih besar, mendorong organic content turun jauh ke peringkat bawah. Faktor in site link dan ad extension dalam hasil pencarian berbayar, dan Anda bia memiliki lebih dari 20 link di atas daftar organic. Gabungkan beberapa hasil lokal, hasil gambar, berita, atau konten lainnya ke dalam halaman pertama, dan daftar organic untuk istilah yang sangat komersial dapat memberikan yang kurang baik, bahkan untuk sebuah iklan yang terkenal sekalipun.

Persaingan di ruang iklan terjadi sangat sengit. Pengiklan terkadang seperti memiliki menutup mata terutama pada kata kunci apa yang mengambil andil terkait hasil dan dapat membuat posisi Anda berada pada halaman yang diarahkan secara sempurna dan iklan kreatif untuk memastikan daftar osecara teratur melihat persyaratan komersial lebih sedikit dan lebih sedikit klik. Teratur atau seimbang mungkin mendapatkan lebih banyak klik secara keseluruhan. Namun ketika kita melihat hal murni komersial, hasil yang dibayar ketika melihat dua klik untuk setiap satu kali klik teratur, dan hanya berpikir bagaimana Google telah diganggu komersial organik sejak itu!

4. Keyword yang salah

Kami melihat kesalahan ini sering terjadi, dan biasanya terjadi beberapa keyword yang tidak mendukung bisnis dan juga karena tidak ada strategi dalam menentukan keyword untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. Contohnya adalah keyword yang berisi informasi pencarian yang tertarget tapi pengguna masuk ke halaman komersial tertentu; misalnya, “TV LCD terbaik” mengarahkan pengguna ke halaman daftar TV LCD daripada halaman editorial atau review yang bisa membantu pengguna dalam melakukan keputusan pembelian.

Memang performa dari istilah pencarian tidak jelas, oleh karena itu, ada tes PPC yang dijalankan untuk menentukan value dari keyword tersebut. Menghasilkan 1000 klik dan performa lainnya untuk menentukan metric dapat menghindari Anda dari masalah SEO.

Anda mungkin akan tidak setuju dengan pendekata ini, tapi kampanye PPC satu bulan yang tidak menghasilkan apapun lebih baik daripada kampanye SEO 6 bulan yang mendapat peringkat untuk istilah tertentu tanpa hasil.

Pada akhirnya, saat ini pihak Google sangat cerdas dalam menilai peringkat dengan mengharuskan konten yang berkualitas untuk istilah pencarian tertentu. Jadi sekali lagi, jika Anda tidak bisa atau tidak ingin membuat konten, mungkin ini bukan strategi SEO yang tepat untuk Anda.

Ada bagian yang kurang jelas antara content marketing, social media marketing, dan SEO setelah masuk ke dalam informasi berdasarkan keyword, sehingga pastikan strategi Anda sesuai dengan pendekata ini.

Ada banyak kemungkinan di mana keyword bukan cara yang paling tepat, mulai dari kompetisi iklan sampai hanya strategi. Pastikan keyword Anda memberikan hasil sebelum menjalankan kampanye jangka panjang.

5. Bisnis baru

Organic search membutuhkan waktu dan usaha, jadi Jika Anda berada di industri yang sudah ada dan sangat kompetitif dan menuntut hasil yang cepat, maka SEO mungkin tidak tepat untuk Anda. Bahkan untuk bisnis lokal, kita bisa lihat sendiri kampanyenya membutuhkan waktu enam bulan atau lebih lama untuk benar-benar membuka bisnisnya dan menjual produk atau servis.

Jika kecepatan merupakan hal yang penting bagi Anda, Anda mungkin harus fokus pada taktik marketing yang dapat mengantarkan barang dengan cepat. Kemudian, membangun traffic organic secara perlahan, namun Anda juga harus dengan hati-hati mengukur hasil dari kampanye organic Anda.

6. Produk atau jasa baru

Jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan seputar produk atau layanan yang Anda kerjakan, maka SEO mungkin bukan pilihan terbaik. Jika tidak ada yang mencari brand Anda atau apa yang Anda lakukan, maka tidak akan ada orang yang menemukan Anda.

Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk fokus pada pain point pelanggan Anda sehingga Anda bisa menargetkan mereka dengan iklan atau konten yang meningkatkan awareness dari produk atau servis Anda. Anda menginginkan pendekatan funnel yang dapat membuat pelanggan prospek menyadari brand Anda dan mengedukasi mereka mengenai manfaat produk Anda untuk membantu hidup mereka, memberikan penghasilan, dan/atau menghemat waktu mereka.

7. Hanya siap berada pada posisi pertama

SEO adalah zero-sum game, jadi jika Anda menargetkan hal yang sangat komersial melalui organic search, maka akan selalu ada kompetisi. Tidak ada formula ajaib di sini, dan jika Anda melakukan penawaran dengan benar, maka calon pelanggan juga akan memberikan tanggapan balik terkait penawaran tersebut.

Daripada terpaku dengan peringkat, yang tidak stabil dan terus berubah karena algoritma seperti lokasi dan personalisasi, lebih baik perhatikan return on investment (ROI) untuk organic terkait channel lain, dan pertimbangkan apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan profit secara maksimal melalui organic search.

8. Terlalu banyak persaingan merek

Sayangnya, saat ini kita melihat sektor-sektor tertentu di mana ada terlalu banyak persaingan merek. Meskipun saat ini banyak posisi teratas yang ditempati oleh perusahaan besar, seringkali mereka hanya situs biasa.

Jadi, jika Anda fokus menjadi ahli dengan hasil yang terbaik, Anda bisa memanfaatkan tanpa harus menduplikasi link profil Amazon atau semacamnya. Sekali lagi, Anda harus berhati-hati.

9. Banyak negara

Menargetkan berbagai negara sangat mungkin untuk dilakukan. Namun hal ini juga dapat menjadi sedikit mahal dan rumit untuk dilakukan pada organic search. Sekali lagi, Anda dihadapkan dengan masalan budget dan jangka waktu, jadi dengan memanfaatkan platform seperti AdWords, Anda dapat dengan cepat dan mudah menargetkan beberapa lokasi dengan tepat.

Setidaknya, lakukan tes dengan menggunakan paid search campaign dan sebuah negara- landing page khusus sehingga Anda bisa menentukan bahwa strategi Anda memiliki manfaat sebelum Anda menjalankan search campaign skala internasional.

10. Banyak bahasa

Bahasa merupakan masalah lain dalam sejumlah negara, dan ketika Anda harus menargetkan beberapa bahasa di sejumlah lokasi, hal ini bisa sangat sulit. Jika Anda melihat suatu tempat seperti Swiss di mana disana terdapat empat bahasa umum yang digunakan (Jerman, Perancis, Italia, dan Rumantsch), Anda akan membutuhkan versi empat bahasa dari konten Anda untuk lokasi ini saja.

Memastikan copy Anda diterjemahkan dengan baik untuk target audience bisa menjadi masalah tersendiri, sehingga sekali lagi, pastikan Anda tahu apa yang Anda harus lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Kesimpulan

SEO dan digital marketing telah berkembang dalam lima belas tahun terakhir atau lebih. Anda harus realistis tentang apa yang dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu, terutama ketika memasuki pasar yang kompetitif dan/atau bersaing dengan merek-merek yang telah mapan atau terkenal.

Hal ini tidak menekankan bahwa SEO tidak akan berhasil untuk bisnis tertentu, tetapi bisakah Anda mengunakannya sesuai dengan sumber daya yang Anda miliki? Sama seperti semua marketing, Anda harus siap untuk berinvestasi dalam melakukan promosi, dan Anda benar-benar harus konsisten untuk dapat merasakan hasilnya. Mereka yang menghabiskan banyak uang tanpa banyak perencanaan atau tidak pernah mempertimbangkan goal mereka berada pada organic search seringkali bermasalah dengan servis SEO.

Bukan itu saja, hal yang penting untuk membedakan pekerjaan SEO seperti mengejar keyword perusahaan besar dan bagaimana bisnis Anda ditampilkan dalam hasil pencarian ketika pelanggan mencari brand Anda. Mungkin Anda tidak menginginkan keyword yang besar, tapi Anda perlu memastikan bisnis Anda di Google terlihat – jadi Anda harus jelas dalam berbagai jenis SEO dan khususnya bagaimana Anda akan ditampilkan pada mesin pencarian.

Pada umumnya SEO memberikan hasil terbaik sebagai bagian dari kampanye integrated digital marketing yang sesuai dengan rencana strategi. SEO, PPC, content marketing dan media sosial menjadi bagian penting dalam rencana ini, termasuk juga prinsip marketing seperti komitmen, investasi, dan konsistensi. Gabungkan semua elemen tersebut, dan pertimbangkan semua aspek mulai dari pengelolaan reputasi (reputation management) hingga branding, dan kampanye Anda akan mendapat hasil yang jauh lebih baik.

Baca Juga

Inilah 27 Tools SEO Free (Rekomendasi Para Expertise)

Panduan Navigasi Website Untuk Memaksimalkan SEO

Kumpulan Tools SEO Terbaik untuk Menganalisa Website Kompetitor

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *