Apakah Paid Ads (Google Adwords , Facebook Ads) Meningkatkan Ranking SEO Organic untuk Toko Online Anda ?

meningkatkan ranking seo toko online

Memang sering menjadi pertanyaan, apakah memasang iklan di Google Adwords bisa meningkatkan organic ranking SEO ? (notes : sebenarnya tidak terbatas hanya pada Adwords saja, tetapi juga Facebook ads).

Lihatlah pengalaman saya berikut ini :

  • Tahun 2013 waktu masih fokus di startupbisnis.com, saya coba mengeluarkan budget untuk menambah FB likes. Dalam hitungan bulan semua metriks seperti traffic, alexa rank naik tajam.
  • Tahun 2015 waktu membantu Codepolitan.com (media terbesar niche programmer di Indonesia) saya spending budget di FB ads… dan tidak melakukan campaign backlink unnatural sama sekali.¬† Hasilnya ? traffic lebih dari 9000 per hari
  • Di buattokoonline.id, keyword organic yang bertahan lama di Google adalah keyword yang rutin saya iklankan di Google Adwords.

 

Jawabannya adalah Paid Ads bisa meningkatkan organic SEO ranking secara tidak langsung.

  • Searcher yang sebelumnya sudah terpapar oleh iklan, memiliki kemungkinan untuk meng-klik search result dari brand yang sudah beriklan dan dilihat sebelumnya oleh searcher, sehingga meningkatkan Click Through Rate (CTR) dari organic ranking brand tsb.
  • Klik pada paid ads, baik itu Google atau FB Ads punya kemungkinan meningkatkan backlink, mention, coverage, share yang bisa meningkatkan organic ranking.
  • Klik ke website Anda yang datang dari paid ads (Google Adwords, FB Ads) mendatangkan action (time on site, views, click, download dll) di halaman Anda yang membantu meningkatkan SEO organic.
  • Orang yang meng-klik iklan Anda dan membaca konten Anda / membuka website Anda, jika merasa suka dengan isi konten Anda dan membutuhkannya, bisa saja membukanya lagi, bisa juga berkali-kali membukanya dalam sehari. Tentu saja website dengan banyak traffic bisa meningkatkan ranking SEO.

Semoga insight ini berguna untuk Anda !

 

Baca topik lainnya tentang  Search Engine Optimization

 

Daftar 30 Lebih Tools SEO Gratis untuk Memaksimalkan Website Anda

 

Riset Terbaru Terhadap 4000 Praktisi Ecommerce Menunjukkan Pentingnya SEO untuk Toko Online

 

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *