Survey Faktor Ranking Website di Google untuk Bisnis Offline Tahun 2017

Setelah satu tahun tidak mengeluarkan hasil survey, kali ini dikeluarkan kembali hasil survey tahun 2017 dengan 40 local search experts.

cara teranking di google map

 

Baca Juga :  Ingin Bisnis Offline (Restoran, Jasa dll) Anda Dikenal Banyak Orang? Begini Cara Mendaftarkan Toko Anda di Google My Business

Dalam local search 2017 links dan reviews merupakan yang berperan besar, ini merupakan salah satu dari banyak kesimpulan yang dihasilkan oleh lebih dari 36 SEO lokal yang bergabung pada  2017 Local Search Ranking Factors survey.

Mesikipun Review dan Link dianggap menjadi lebih penting, Citations kemudian dianggap mulai kehilangan peran. Masihkah penting Citations? Ya, kegunaan Citations mengalami penurunan (dibandingkan links) dan dapat dilihat, ada peningkatan fokus pada quality dibandingkan quantity”

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi ranking Google untuk pencarian lokal (misalnya “mie goreng di Gading Serpong”)

ranking seo di google

 

Untuk Anda yang baru dengan istilah SEO, pasti pusing, di sini saya jabarkan sedikit saja ya:

Apa itu citations untuk ranking SEO lokal ?

Citation adalah referensi online ke bisnis offline Anda, bisa berupa nama bisnis Anda, alamat dan nomor telpon (biasa disingkat NAP : Name, Address, Phone), GOogle menggunakannya untuk mengevaluasi autorithy dari bisnis Anda. Namun tidak seperti link biasanya, citations tidak perlu link ke website Anda untuk Anda mendapatkan kredit. Jadi memiliki NAP di text biasa juga tidak masalah.

Contoh mudahnya, untuk memperkuat lokasi restoran mie ayam bapak Pudjo, berlokasi di jalan ABC, Gading Serpong Cluster XYZ, maka saya akan meminta restoran ayam bakar yang rukonya dekat dengan saya untuk mereview makanan saya dan menempatkan nama brand mie ayam dan alamatnya di websitenya.

NAP saya juga harus match dengan Google + local page. Saat membangun local citation, harus 100% konsisten : jangan disingkat-singkat, alamat harus konsisten penulisannya (nomor ruko ? lantai berapa) nomor telpon ? +62 ? penggunaan spasi di nomor hp atau “-”

Faktor Behavioral Untuk Ranking Google SEO Lokal

Sedangkan behavioral adalah : click-through rate, mobile clicks to call, check-ins, mobile click to direction. Mudahnya adalah dari 100 yang mencari keyword yang relevan dengan bisnis Anda, berapa banyak yang meng-click listing Anda, baik dalam bentuk mencari direction atau menelpon atau melakukan check in.

Panduan dari Google Untuk Website Teranking Baik di SEO Lokal

Google saat ini sudah menawarkan beberapa info penting terkait ranking factors pada Google My Business, memfokuskan pada relevance, distance dan prominence.

Relevance

Relevansi berarti seberapa baik local listing cocok dengan apa yang dicari orang. Menambahkan informasi bisnis yang lengkap dan detail bisa membantu Google lebih memahami bisnis Anda dan mencocokkan listing Anda dengan pencarian yang relevan.

Distance (Jarak)

Seberapa jauh si pencari dari lokasi yang dicarinya ? Jika search term yang digunakan tidak menyebutkan lokasi, maka Google menggunakan lokasi di mana si pencari berada.

Prominence (Seberapa Menonjol / Terkenal ?)

Prominence adalah seberapa terkenal suatu bisnis. Beberapa lokasi memang sangat terkenal seperti landmark : bunderan HI, Monas, hotel-hotel mewah dan berusia lama, mall besar, biasanya akan menonjol di hasil pencarian lokal.

Prominence juga berdasarkan informasi yang didapatkan Google dari banyak website (links, artikel, directory). Jumlah Google review dan score juga memiliki faktor : semakin banyak review dan semakin tinggi skorenya juga memiliki efek. Posisi website Anda di SERP (Search Engine Result Page) juga.

Google juga menyatakan bahwa tidak ada cara untuk meminta atau membayar supaya bisnis Anda memiliki local ranking yang lebih baik. Google juga membuat algoritma faktor ini confidential untuk membuat ranking sistem tetap fair untuk semua orang.

 

Baca Juga Informasi Lainnya Tentang Belajar SEO :

 

Gary Illyes Menyatakan Bahwa Google Masih Menggunakan Page Rank untuk Ranking SEO

Informasi Penting Untuk Praktisi SEO : Google Mempublish Update Search Quality Evaluator Guideline (14 Maret 2017)

 

Author: Nicholas Kharisma

hmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *