Mengenal Peluang Bisnis, Cara Jualan Online dan Strategi Marketing Di Amazon (Akan diupdate)

cara jualan online di marketplace amazon

(artikel ini belum selesai dan akan terus diupdate)

Munculnya fitur baru Amazon berupa Amazon sponsored ads / sponsored product mendorong saya untuk mengulas Amazon lebih dalam. Selain mengulas tentang peluang bisnis jualan di Amazon, baca juga berbagai ulasan saya tentang reseller dropshipping Aliexpress.

Memahami Peluang Bisnis Jualan Online di Amazon

Amazon di bulan Maret / April tahun 2017 ini meluncurkan “sponsored product” yang memungkinkan seller mempromosikan produknya dengan iklan cost-per-click.  Ini adalah peluang bisnis besar bagi pemilik brand dan pemilik bisnis karena pencarian produk adalah salah satu yang termudah untuk dimonetize.

Facebook dan Google memang telah mencoba mengupgrade supaya platform mereka menjadi shopping destinations, tetapi user masih pergi dari FB dan Google apabila ingin membeli barang online. Amazon tidak memiliki masalah ini. Amazon juga telah lama menyimpan data dalam jumlah massive bertahun-tahun dan menguasai market ecommerce.

Analis BMO Capital Markets Daniel Simon memprediksi bahwa Amazon bisa memakan market share dari Google seperti retail, consumer electronic, media, entertainment dan consumer packaged goods.

Sedangkan analis dari Morgan Stanley, Brian Nowak memprediksi ads business dari Amazon akan tumbuh dari 2% di tahun 2015 menjadi 4% di tahun 2020 dari seluruh pasar online advertising di US.

Perhatikan bahwa walaupun market Amazon Ads nampak kecil, tetapi orang yang masuk ke Amazon berbeda dengan Facebook dan Google, orang yang masuk ke Amazon sudah terbiasa belanja dan sudah siap belanja. Ditambah lagi dengan adanya fitur Amazon Prime.

pertumbuhan bisnis Amazon Ads

Riset yang Menunjukkan Superioritas Amazon Dalam Mendapatkan Online Buyer

Riset dari Bloomreach menunjukkan superioritas Amazon dalam produk search dibandingkan channel lainnya :

55% persen dari consumer (NAIK dari 44% di tahun sebelumnya) akan menuju ke Amazon di saat mereka akan melakukan pencarian produk dibandingkan 28% di search engine (TURUN dari 34% di tahun sebelumnya)

mencari produk di Amazon

50% responden memulai pencarian produk di mobilenya melalui Amazon mobile site atau app

jualan online di Amazon

Di tahun 2016 Amazon meluncurkan 7 brand fashion private label sendiri. Kenapa ? Alasan pertama adalah karena clothing, yang termasuk produk dengan margin tinggi, adalah produk dengan penetrasi online tertinggi di ecommerce Amerika.

produk online terlaris di Amerika Ecommerce

Kedua, Amazon sudah sangat kuat di kategori clothing online shopping dengan market share 45%.

produk online terlaris di ecommerce Amazon

Data-Data Pertumbuhan Amazon Prime Membership

Amazon prime membership, yang adalah bisnis subscription (berlangganan) Amazon sendiri tumbuh dengan cepat

apa itu amazon prime membership subcription growth chart
Data Amazon Prime (Click to Enlarge)

Menurut data dari berbagai sumber di atas :

  • Member berbayar Amazon Prime di USA adalah 64 Juta
  • Alasan utama bergabung ke membership Amazon adalah free 2 day shipping
  • 40% dari member Amazon Prime belanja minimal USD 1000 per tahun di Amazon dibandingkan hanya 8% yang tidak bergabung dengan membership Amazon Prime
  • Member Amazon Prime belanja 4,6 kali lebih banyak dari non prime member

Data-Data Pertumbuhan Amazon Credit Card

Bagaimana dengan credit card Amazon (kerjasama dengan Chase) yang baru dilaunching Januari 2017 dan memberikan diskon 5% untuk pengguna ? Lebih banyak orang dewasa di USA memiliki Amazon card ketimbang kartu dari retailer lain, dan ini membuat masalah dari berbagai department store offline semakin memburuk karena market sharenya dimakan oleh Amazon.

Data riset tentang Amazon Credit Card menyebutkan

  • 23% dari orang dewasa di US memiliki Amazon cards (angka 23% ini cukup meragukan)
  • 13% yang belum memiliki Amazon card mengatakan ingin melakukan sign up
  • 33% dari pemegang kartu Amazon ingin belanja lebih banyak lagi
  • 23% mengatakan mereka ingin belanja lebih sedikit di retailer lainnya

Data yang ada menunjukkan bahwa Amazon adalah pembunuh departement store di Amerika yang semakin sepi

Keuntungan Menjual di Amazon

Ada beberapa keuntungan dalam menjual di Amazon

  • Proven platform yang dipercaya user/consumer, sudah menjadi platform untuk membeli barang, refund protection yang dipercaya sehingga conversion ratenya bagus. Orang yang datang ke Amazon adalah shopper
  • Sumber buying traffic yang besar. Di USA, Amazon punya 95 juta unique visitor per bulan.
  • Marketing system yang powerful : Amazon Ads, Amazon Marketing Services, Giveaways, Lightening Deals.
  • FBA (Fulfilment by Amazon). Amazon bisa menyimpan, me manage dan mengirimkan inventori Anda tanpa Anda repot
  • Preffered shipping rate. Menghemat uang Anda dan juga customer Anda. Menggunakan sarana Gudang dan shipping Amazon menghemat uang daripada menyewa Gudang sendiri.
  • International presence. Mudah menjual secara global Ketika penjualan Anda secara local (di USA) sudah bagus
  • Tidak butuh skill coding

Bagaimana cara fulfilment by amazon

Mindset Membangun Bisnis di Amazon

  1. Komitmen waktu. Bisnis ini membutuhkan komitmen sungguh-sungguh dan bukan mindset get rich quick.
  2. Passion melayani customer, Anda harus mensupport customer Anda dengan baik, tetapi dalam hal ini Anda sebenarnya tidak perlu terlalu sibuk Karena 90% lebih pekerjaannya dihandle oleh Amazon.
  3. Start dari satu produk
    Banyak yang memulai dengan terlalu banyak produk dan kategori yang terlalu luas, dalam perkembangannya nanti dalam jualan online di Amazon, Anda akan terus menambah produk, tetapi mulailah dengan focus pada 1 produk.
  4. Membangun brand

Jangan cuma menjual produk, tetapi Anda juga harus membangun brand.
Long term legacy. Dengan membangun brand, Anda focus membangun hal yang lebih besar daripada “produk” saja. “Produk” akan datang dan pergi, tetapi brand bertahan lama.

Name recognition. JIka trend produk selesai, ya sudah selesai, tetapi jika customer mencintai brand Anda, bukan hanya mereka terus membeli dari Anda tetapi mereka akan membagikan pengalamannya kepada teman-temannya.

Brand mission dan statement memberikan koneksi emosional antara customer dengan brand Anda dan memberikan Anda competitive advantage dalam berkompetisi.

 

Membuka akun seller di Amazon

Mulailah melakukan registrasi di link bagian footer Amazon.com

jualan online di amazon

 

Mulai dari registrasi individual plan seller (39 USD) yang nantinya bisa diupgrade

registrasi jualan online di amazon

Jika ada batasan di mana informasi bank Anda ditolak oleh Amazon, bisa gunakan service world-first.com. Kalau di Indonesia, Amazon berpartner dengan Payoneer untuk seller menerima pembayaran dari Amazon.

Menerima pembayaran dari Amazon dengan Payoneer

 

Riset Produk di Amazon Untuk Dijual Online

 

Beberapa Mindset Dalam Melakukan Riset Produk di Amazon

Jangan terlalu banyak berpikir tentang produk yang perfect untuk dijual online di Amazon. Riset produk sebenarnya adalah tentang data collection dan “educated guess”

Di artikel ini saya membagikan contoh apabila Anda belum memiliki produk sendiri dan akan mengambil supplier dari sumber lain dari Alibaba, jadi Anda tidak (atau belum) melakukan ekspor dari Indonesia. Sebelum mengambil supply barang tentu anda harus tahu dulu kriteria produk yang proven untuk dijual.

Guideline Riset Produk Untuk Dijual Online di Amazon

Berikut ini adalah beberapa guideline riset produk di Amazon :

  • Harga barang di antara 15 to 60 usd. Lebih mahal dari itu biasanya butuh waktu lebih lama untuk dijual, kadang kala customer harus bertanya ke teman/suami/istrinya dulu.
  • Jika menemukan barang yang kira-kira cocok dijual, tulislah dulu di Excel sebanyak 15 sampai 20 barang yang menarik untuk Anda. Setiap barang yang Anda catat minimal sudah harus terjual sebelumnya.
  • Setidaknya 3 produk serupa (similar product) sudah terjual dengan baik dan memiliki Best Seller Rank (BSR) di top level category di angka 2000 atau 3000.
  • Untuk beginner, temukan produk yang mudah digunakan dan simple.

cari barang di amazon untuk dijual online

Contohnya produk ini memiliki BSR 775 di Top Level Category Clothing. Abaikan Best Seller Rank di subcategorynya.

  • Disarankan produk yang memiliki review tidak terlalu banyak, karena produk dengan review 5000 mungkin terlalu kompetitif. Cobalah cari produk dengan misalnya 20 review.
  • Terkait dengan berat dan dimensi item, untuk pemula, mulailah dengan berat kurang dari 1 pound (= 16 ounce) dan dimensi barang yang cukup di kotak sepatu, karena semakin berat dan besar, biaya pengiriman dari China ke gudang Amazon juga semakin besar, kemudian biaya pengiriman dari gudang Amazon ke customer juga besar (bila Anda menggunakan fulfilment by Amazon dan masuk kualifikasi Amazon Prime).
  • Coba lihat-lihat dulu daftar Amazon Best Seller Product (https://www.amazon.com/Best-Sellers/zgbs)
  • Jangan terlalu terikat dengan passion Anda, dalam kaitannya dengan riset produk untuk dijual online, “passion” adalah Anda percaya dengan data dan metode yang Anda miliki bahwa produk yang Anda pilih bisa terjual.
  • Jangan lupa untuk tulis barang yang Anda percaya bisa terjual di excel / spreadsheet

Mengenal Restricted Category

Ada beberapa kategori barang di Amazon yang sifatnya auto approval, ada juga yang restricted dan membutuhkan persyaratan tertentu, ada juga kategori yang mengharuskan menjual barang baru.

Jika baru memulai jualan online di Amazon, hindari dulu restricted category. Anda bisa melihat persyaratan untuk tiap kategori di sini : https://www.amazon.com/gp/help/customer/display.html?nodeId=14113001, introductionnya ada di https://services.amazon.com/services/soa-approval-category.htm

Beberapa kategori seperti services, health and personal care , Sexual and wellness, gourmet and food, grocery, beauty, DVD adalah contoh kategori yang tidak auto approval,

Disarankan hanya masuk ke kategori tersebut di Amazon jika Anda memang sudah berbisnis di kategori tersebut sebelumnya.

Jika Anda memasukkan kategori produk Anda di kategori yang tidak relevan, maka Amazon akan mengubah kategori produk Anda.

 

 

 

 

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *