Kekurangan Berjualan di Marketplace : Tidak Ada Data Customer

Marketplace memang sangat membantu banyak sekali orang Indonesia untuk memulai jualan online dengan sangat mudah dan gratis. Tetapi Anda sebagai seller perlu tahu kekurangan dari jualan di marketplace :

Marketplace selalu sebisa mungkin tidak memberikan Anda data kontak marketplace. Kontak yang paling penting : email.

Padahal suatu bisnis menjadi besar karena existing customer beli lagi dan lagi, bukan selalu mencari customer baru terus. Dan email adalah salah satu cara komunikasi yang scalable (effort dikit, impact besar), Anda bisa kirim ribuan email hanya dengan klik dan waktu yang singkat.

Lebih tidak enak lagi, ada marketplace lokal yang tidak memperbolehkan Anda meng-kontak buyer.

Ya bener sih, bagus untuk marketplacenya, karena kalau Anda punya kontak email customer, nanti transaksinya terjadi di luar platform marketplace. Marketplace harus terus menjaga loyalitas customer ada di mereka (marketplace) bukan di merchant.

Mungkin yang sedikit mendekati / membantu bagi merchant adalah ada marketplace yang memiliki fitur di mana merchant bisa mengelola voucher bagi customernya. Berarti merchant memiliki cara untuk mendorong customer datang lagi – walau harus dengan diskon – tetap saja sangat membantu bagi merchant.

Walau marketplace membatasi gerak merchantnya, tetap saja pilihan yang bagus untuk mulai jualan online, karena kalau mau buat website sendiri ? ribet.

 

Dapatkan info lain tentang jualan online di marketplace :

Cara Berjualan Online Di Shopee Menggunakan Fitur Iklanku (Paid Ads)

 

https://buattokoonline.id/Copywriting-Untuk-Jualan-Online-di-Marketplace

 

 

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

One thought on “Kekurangan Berjualan di Marketplace : Tidak Ada Data Customer”

  1. Agan ada kah training market place off line nya kalo ada bisa tolong di konfirms brp biaya nya dan posisi training ny??mohon infony.thks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *