Hasil Riset Criteo : Di Indonesia, Digital Buyer Memulai Proses Belanja Online Lewat Desktop (Bukan Mobile)

Namun mobile device tetap memegang peran penting dalam penjualan online

 

Walaupun Indonesia berstatus sebagai pasar Mobile-First, mayoritas pembeli digital di ecommerce Indonesia memulainya lewat Desktop terlebih dahulu dalam melakukan belanja online.

Menurut analisis Criteo pada Q4 2016, 2/3 dari pembeli melakukan browsing lewat desktop terlebih dahulu sebelum device lainnya, sementara 1/3 beralih ke smartphone dalam melakukan belanja online.

Pada awalnya, melihat preferensi konsumen yang menggunakan dekstop terlebih dahulu mungkin membingungkan di mana mayoritas pengguna internet diprediksi akan online lewat smartphone mereka. eMarketer mengestimasi akan ada 67.1 juta pengguna smartphone di Indonesia pada akhir tahun.

Namun, PC tetep menghadirkan advantage lebih pada pembeli digital terutama saat fase pertama membeli produk di mana dilakukan riset-riset produk tersebut terlebih dahulu.

Penggunaan desktop juga sinkron dengan perilaku pekerja kantor yang memanfaatkan internet yang cepat dari tempat kerjanya. Para calon pembeli ini cenderung sering menggunakan komputernya untuk browsing produk online.

Hasil riset ini didukung oleh Criterio yang menemukan bahwa belanja online lebih banyak terjadi pada jam 9 pagi hingga 5 sore, seesuai dengan jam kerja tradisional Indonesia. Pada waktu yang sama penjualan online via smartphone dan tablet meningkat pada weekend dimana pekerja kantor tidak menggunakan komputernya.

Meski begitu, banyak perusahaan yang tidak mempedulikan mobile shopping experience.

Criteo menemukan bahwa 37% transaksi pada smartphone awalnya dimulai dari penggunaan PC terlebih dahulu. Dan hanya 21% dari penjualan tersebut yang dimulai dari smartphone berkahir pada dekstop, mengindikasikan bahwa pembeli lebih sering melakukan perjalanan membeli (riset dsb) lewat desktop namun menyelesaikannya dengan smartphone mereka.

Perjalanan dalam melakukan pembelian online sudah tak lagi sebuah garis lurus linear, banyak retailer di Indonesia yang kini menghadirkan berbagai touchpoint untuk pelangganya dalam melakukan proses pembelian online.

Tonton Juga replay webinar tentang Omnichannel Marketing  :

Omnichannel Marketing Trends & How To – Buattokoonline Ecommerce Webinar Rabu, 1 Maret 2017 jam 21.00

Data Statistik Ecommerce Indonesia Lainnya :

Data Statistik Mengenai Pertumbuhan Pangsa Pasar E-Commerce di Indonesia Saat Ini

 

Data Konsumen dan Potensi Perkembangan Ecommerce Indonesia 2016

 

 

 

Author: Nicholas Kharisma

hmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *