Google Meluncurkan Website Gratis Untuk UKM Lewat Google Bisnisku

Google baru-baru ini secara ofisial meluncurkan website single-page (satu halaman) gratis yang didesain untuk UKM. Tool baru ini disebut dengan “website” gratis dan membantu pemilik bisnis untuk membuat dan mengedit website dalam hitungan menit, baik di desktop atau mobile.

Untuk mendapatkan website gratis dari Google Anda bisa klik di sini

Menurut Google, 60% dari UKM seluruh dunia tidak memiliki website sendiri. Google jelas-jelas mencoba meningkatkan angka tersebut dengan meluncurkan website builder.

“Website” adalah salah satu fitur dari Google My Business (GMB) atau Google Bisnisku (Indonesia), berarti Anda harus melistingkan bisnis Anda di Google My Business untuk bisa menggunakan tool website gratis ini. Google akan secara otomatis menarik informasi dari listing GMB Anda untuk membuat website yang bisa Anda customize dengan tema, foto dan text.

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Bisnis Anda di Google Bisnisku

Jika ini adalah pertama kali Anda meng-klaim listing di GMB, Google akan secara otomatis mengundang Anda untuk membuat website gratis yang melengkapi listing Anda.

Jika Anda sudah punya listing di GMB, Anda hanya perlu sign in, click “manage location” dan pilih “website” di bagian menu.

buat toko online website gratis google bisnisku

Lalu ikutilah instruksi di layar.

Secara default, website akan dibuat dengan domain “namaperusahaanAnda.business.site”.

Custom domain juga bisa dibeli dari menu setting, masih belum jelas apakah custom domain sudah bisa digunakan di Indonesia – kami sedang mencari informasinya.

website gratis di google my business

Setelah mempublish website gratis Google Anda, melakukan update juga cukup mudah, hanya dengan mengupdate listing Google My Business Anda sudah bisa otomatis diaplikasikan di website Anda.

Secara fitur, website gratis dari Google memang terbatas, memiliki kekurangan di beberapa fitur yang biasa kita temukan dibandingkan Content Management System yang lain, tentu saja, karena ini gratis. Free website untuk UKM ini bukan solusi sempurna, tetapi masih lebih baik daripada tidak memiliki website sama sekali.

Baca Juga Informasi SEO Untuk Toko Offline di sini 

 

 

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “Google Meluncurkan Website Gratis Untuk UKM Lewat Google Bisnisku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *