Cara Mengevaluasi Performa Iklan Facebook Ads

 

Baru-baru ini ada pertanyaan dari seorang teman

“Saya sudah menjalankan ads untuk property beberapa bulan, kebanyakan dihabiskan di IG, sudah habis 25 jutaan, banyak yang datang dan lihat-lihat, tetapi yang beli sedikit sekali.. cuma 1-2” apa yang salah ?

Berarti yang ditanyakan adalah bagaimana cara mengevaluasi iklan Facebook Ads ?

Cara kedua yang termudah adalah evaluasi cost per action / Biaya per aksi Anda.

Berarti perhitungan biaya yang Anda keluarkan per likes / comment / share / link click / konversi dll. Secara default ada di ads manager Anda.

analisa iklan facebook ads

Sebenarnya biaya yang Anda bayarkan ke FB/IG adalah per impression, jadi perhitungan cost per result ini adalah hasil perhitungan setelah Anda membayar views per hari.

Berapa cost per result yang bagus ? akan sangat bervariasi tergantung jualan/produk Anda, offer Anda (special offer), targeting Anda, campaign objective, copywriting dan materi iklan (video/gambar) Anda.

Kalau di luar negeri, dari hasil survey yang ada average CPC adalah sekitar 1 USD. tetapi di Indonesia, angka ini akan berbeda, bisa antara 200 s/d 1500 tergantung dari faktor yang saya sebut di atas.

Jadi untuk mengetahui apakah cost per result Anda cukup rendah atau tinggi, Anda harus menjalankan beberapa ads dulu untuk beberapa waktu dan membandingkan result yang ada dengan berbagai targeting/copywriting yang berbeda.

biaya facebook ads
data average cost per click yang tidak bisa digunakan untuk benchmark di Indonesia

 

Cara keduaย yang termudah adalah melihat Click Through Rate atau CTR iklan Anda.

CTR = Jumlah klik di iklan Anda dibagi dengan jumlah impression.

CTR berarti seberapa menarik iklan Anda di depan audience Anda.

Anda bisa menemukan CTR dengan meng-customize column Facebook di menu Ads manager (Facebook.com/ads/manage) di bawah ini.

CTR di Facebook

Jika Anda menggunakan objective campaign engagement/traffic/click atau beberapa jenis objective lainnya, Anda akan menemukan beberapa jenis CTR.

Ada CTR All –> Menghitung semua klik di iklan Anda (like/comment/share/link click)

CTR (link CTR) –> Hanya klik ke link saja

Kalau pusing, cukup lihat saja CTR All cukup.

CTR di Facebook

Berapa CTR yang bagus ?

Bisa lihat survey Wordstream di tahun 2017. Memang angka ini berasal dari survey luar negeri tetapi cukup relevan juga di Indonesia karena berupa persentase.

cara mengevaluasi iklan facebook ads

CTR juga bervariasi tergantung jenis objective campaign Anda, apakah itu video views, link click (traffic), page post engagement atau lainnya, jadi kalau membandingkan CTR, bandingkanlah dengan campaign objective sejenis dari beberapa campaign Anda yang sudah berjalan.

Di artikel lain saya akan bahas cara meningkatkan CTR.

Itulah 2 cara termudah untuk mengevaluasi performa campaign Anda.

Memang ada beberapa yang lain, misalnya adalah relevance score yang merupakan prediksi / predictor apakah iklan anda relevan dengan target audience. Tetapi jika Anda masih awam dengan FB ads, saya rasa 2 kriteria di atas (CTR dan cost per result) sudah cukup untuk menggambarkan apakah campaign Anda berjalan dengan baik, murah atau mahal.

Kembali ke pertanyaan awal tentang facebook ads untuk property, ternyata CTRnya adalah 0,09%. Dari situ saja sudah terlihat jumlah kliknya dibandingnya impression jauh lebih buruk dari rata-rata industry property sebesar 0,99%. Kenapa CTR bisa begitu kecil ?

Salah satu sebabnya, targetingnya “Pegawai negeri sipil”. Harga rumah di kisaran 1,3-1,6M. Dengan logika “kami nawarin PNS untuk beli rumah ini”, sedangkan angle copywritingnya tidak ada kaitan dengan “diskon khusus untuk PNS”, lalu yang melihat tidak lagi sedang mau beli rumah sehingga yang merespon sangat sedikit, ada sih ratusan dari IG tetapi cuma datang dan tidak beli.

Semoga pengetahuan ini bisa sedikit membantu Anda.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya ? kapan2 ya

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *