Cara Menaikkan Budget Facebook Ads Supaya Biayanya Tidak Naik Tinggi

 

Artikel ini adalah jawaban dari postingan saya sebelumnya

https://buattokoonline.id/Mengapa-Budget-Per-Day-10000-Untuk-30-Hari-Lebih-Murah-Daripada-Budget-Per-Day-100000-Untuk-3-Hari

Cara dasar untuk menaikkan budget dari 10,000 ke 100,000 per hari adalah dengan memecah campaign Anda ke banyak ad set.

Misal awalnya

Campaign : Jual jilbab ~ Adset : Indonesia. Interest Saqina, Hijabenka, umur 25-35 – Budget 10,000

Jika Ingin menaikkan budget ke 100,000 bukan cuma menambah budget seperti ini

Campaign : Jual jilbab ~ Adset : Indonesia. Interest Saqina, Hijabenka, umur 25-35 – Budget 100,000

Tetapi begini :

Campaign : Jual jilbab

Adset 1 : Indonesia. Interest Saqina, Hijabenka, umur 25-35 – Budget 10,000

Adset 2 : Indonesia. Interest Saqina, Hijabenka, umur 25-35 – Budget 10,000

Adset 3 : Indonesia. Interest Saqina, Hijabenka, umur 25-35 – Budget 10,000

Nah, tetapi masalahnya kalau Anda melakukan seperti di atas, berarti ads Anda akan “saling battle” satu sama lain karena mentarget interest yang sama.

Mungkin saja tidak terlalu masalah jika audience size yang Anda target besar.

Tetapi akan lebih baik jika Anda memecah location targeting Anda.

Misal per kota. Ad set 1 : Jakarta | Ad set 2 : Bandung | Ad set 3 : Surabaya

Anda perlu melihat dulu breakdown ads Anda, kota atau daerah mana yang paling convert/paling banyak engagementnya.

belajar facebook ads

 

Dalam kasus saya, breakdown yang paling work adalah membaginya jadi “Jawa” dan “Luar Jawa”

strategi facebook ads

Bisa jadi dalam kasus Anda breakdown advert sets yang terbaik/termurah adalah dipecah by gender… atau umur.. atau mungkin umur dan gender.. i don’t know.

Kalau Anda lihat contoh di atas, alasan lain kenapa “not that easy untuk menaikkan budget“, selain FB ingin playing field yang sama antara advertiser dengan budget 10,000 Vs 1 Juta, alasan lainnya, kemungkinan Facebook mengingikan penetrasi ads yang lebih dalam ke suatu target market. Bisa per kota, region, atau per demografi.

Hal lainnya yang Anda perlu perhatikan untuk menaikkan budget adalah perbanyak Angle Iklan.

Disarankan Anda tidak menggunakan iklan dengan creative yang sama (message,copywriting, image/video) untuk semua ads Anda. Karena hasilnya akan membuat iklan Anda lebih mahal.

  • Gunakan message yang spesifik untuk target market spesifik (bahasa sunda, bahasa gaul anak muda dll)
  • Gunakan social object yang menarik
  • Kaitkan dengan topik-topik yang jadi interest target market
  • Goal yang berbeda, jangan jualan terus
  • Tipe promosi yang berbeda dll