8 Tool Gratis untuk Riset Keyword / Kata Kunci di Search Engine

Tak peduli itu adalah SEO atau iklan PPC, bisnis Anda apakah toko online atau online media, bidang marketing yang terkait search engine harus dimulai dengan pelacakan/penelitian kata kunci/keyword. Riset keyword seperti ini adalah bagian yang paling penting dan dasar dari semua upaya pemasaran dalam mesin pencari atau Search Engine Marketing (SEM). Ini tidak hanya memberikan para pemasar cara baru untuk memahami pemikiran pelanggan, tapi juga melacak konsumen potensial dan produk/layanan apa yang sedang mereka cari.

Meskipun pelacakan kata kunci sangat berperan dalam dunia SEO dan PPC, tetap saja ada perbedaan di antara keduanya. Dengan PPC, Anda seperti menawarkan sejumla kata kunci dan membayarnya setiap kali seseorang mengklik iklan Anda. Posisi iklan Anda di hasil pencarian ditentukan oleh biaya per-klik dikalikan dengan skor kualitas (quality score), yang sebagian terdiri atas kualitas iklan yang Anda pasang, kata kunci, dan arahan ke laman situs Anda. Jika kata kunci Anda cukup relevan dengan situs Anda dan apa yang Anda iklankan, maka, semakin sedikit juga biaya yang harus Anda keluarkan untuk membayar per-klik.

Tidak seperti SEO, yang terkadang mengurutkan peringkat untuk kata kunci tertentu tiap bulannya, lewat PPC, para pengiklan dapat meningkatkan posisi iklan berbayar mereka dengan meningkatkan bids-nya dan skor kualitasnya (quality score). Jika Anda tidak ingin membuang-buang uang Anda bagi kata kunci umum yang tidak berdampak pada bisnis Anda, maka Anda harus memilih kata kunci yang TEPAT untuk promosi/pemasaran bisnis yang menguntungkan.

Banyak orang yang menghubungkan riset keyword/kata kunci, dengan ilmu SEO, tapi sesungguhnya, riset keyword dalam PPC juga tidak boleh terlupakan. Google menunjukkan bahwa grup iklan PPC memiliki 10-20 kata kunci yang relevan dan saling terkait, sehingga, fokus pada kata kunci adalah hal yang penting. Untungnya, ada banyak aplikasi untuk membantu Anda dalam upaya perencanaan kata kunci yang tepat bagi bisnis Anda, dan Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun.

Berikut adalah beberapa aplikasi gratis untuk perencanaan kata kunci yang tersedia, dan sangat berguna.

1. Google Keyword Planner

Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk perencanaan kata kunci PPC adalah Google Keyword Planner. Aplikasi ini memungkinkan pengiklan untuk mencari kata kunci baru dan kata kunci untuk iklan. Aplikasi Google ini juga menyediakan statistik untuk setiap kata kunci, termasuk besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya rata-rata perklik). Keyword Planner atau Perencanaan Kata Kunci hanyalah tahap awal yang dapat membantu Anda untuk menentukan kata kunci yang tepat, jadi ini bukan satu-satunya aplikasi yang bisa Anda gunakan. Seperti yang dinyatakan Google, Anda bisa menggunakan perencanaan ini sebagai ‘peletakkan dasar menuju pemasaran yang sukses’. Hal ini dapat memberikan arahan dasar dalam organisasi periklanan dan pemilihan kata kunci yang lebih luas, tapi Anda mungkin akan melewatkan beberapa keyterms yang bernilai jika Anda hanya mengandalkan aplikasi ini.

2. Google Autocomplete

18-300x5821-300x86

Mulailah dengan mengetik sebuah kata atau frasa di kotak pencarian Google, dan sejumlah prediksi yang mungkin mirip dengan kata kunci yang Anda cari, akan muncul. Konsep autocomplete milik Google ini didasarkan pada beberapa faktor, termasuk seberapa sering pengguna telah mencari kata kunci tersebut sebelumnya. Ini akan membantu ketika Anda sedang mencari kata kunci yang cukup panjang, dimulai dari kata-kata awal. Ketik kata/frasa awal Anda ke dalam kotak pencarian, dan cobalah untuk mengetik tiap huruf agar bisa melihat seberapa jauh kata kunci tersebut dicari. Juga, coba untuk mengetik kata kunci dan menempatkan spasi sebelum kata kunci tersebut, agar bisa melihat variasi-variasi yang kerap muncul.

3. Ubersuggest

Seperti yang bisa Anda tebak, Ubersuggest adalah aplikasi penyaran kata kunci (suggestion tool). Aplikasi ini menunjukkan data dari Google dan mesin pencari lainnya dengan kata kunci pertama/awal, menambahkan huruf atau angka di kata kunci yang ada, dan menawarkan saran untuk kata kunci. Hal ini juga berguna untuk menguji kata kunci yang panjang dan membantu Anda menemukan kata kunci yang cocok.

Ini juga memperluas daftar kata kunci Anda dan membantu Anda menghasilkan ide baru untuk kata kunci yang ingin Anda gunakan. Mungkin Anda tidak pernah menghabiskan waktu lebih dari satu menit hanya untuk mencari beberapa ratus saran kata kunci, tapi terkadang, dari situlah Anda dapat menemukan kata kunci yang mungkin tak Anda pikirkan sebelumnya.

4. Keyword Tool

Aplikasi Keyword Tool hampir mirip dengan Ubersuggest, karena menggunakan konsep Google Autocomplete, tapi, Keyword Tool lebih unggul selangkah, karena mampu menghasilkan hingga 750 saran kata kunci bagi Anda. Keyword Tool bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sangat user-friendly. Tak hanya itu, ia juga mampu menyarakan sejumlah kata untuk frasa/kata-kata sebelum dan sesudah kata kunci yang Anda inginkan. Tidak ada CAPTCHA atau iklan yang menggangu para pengiklan ketika tengah meneliti kata kunci secara mendalam. Dan, bagian terbaik dari aplikasi ini adalah memudahkan Anda dalam menavigasi. Jika Anda ingin aplikasi sederhana yang membantu Anda mencari kata kunci panjang, aplikasi ini sangat direkomendasikan.

5. WordStream Free Keyword Tool

Meskipun memiliki fitur yang terbatas, aplikasi WordSream’s Free Keyword Suggestion lebih andal dalam memberikan kata kunci yang relevan dan bernilai untuk tema bisnis Anda. Aplikasi ini menyediakan kata kunci lebih beragam untuk kata kunci yang panjang, dibanding Keyword Planner-nya Google. Dan, semua saran kata kunci yang ditampilkan aplikasi ini lebih relevan dibanding saran kata kunci dari aplikasi-aplikasi yang disebutkan tadi. Aplikasi ini mampu mewakili lebih dari satu triliun permintaan pencarian, dan pengguna bisa menggunakannya hingga 30 kali sehari tanpa membayar.

Sayangnya, ada beberapa metrik seperti Google Search Volume and Competition yang hasilnya kurang tepat/relevan, kecuali jika Anda menggunakan Wordstream versi berbayar. Wordstream yang tak berbayar juga memiliki aplikasi perencanaan kata kunci termasuk pencari KeyWord Niche, Keyword Grouper dan Negative Keyword Tool, dan lainnya lagi yang dapat membantu menyempurnakan kata kunci yang ingin Anda gunakan.

6. Keyword Eye (Basic)

Keyword Eye adalah aplikasi kata kunci visual yang menawarkan ‘gumpalan kata kunci’, dimana ukuran dan warna yang ditampilkan Keyword Eye, masing-maisng mewakili besarnya pencarian dan kompetisi. Anda juga bisa melihat saran kata kuncinya dalam tampilan grid dan mengurutkannya dengan metrik tertentu. Dengan Keyword Eye versi tak berbayar, pengguna bisa mendapatkan 20 kata kunci yang dicari dalam sehari, hingga laporan mengenai 100 kata kunci, dan 25 database kata kunci dari Google. Berbeda dengan WordStream, di sini Anda dapat melihat Search Volume, PPC Competition, dan PPC Competitive Score. Keyword Eye menyediakan data yang cukup luas dan panjang, namun mudah dicerna, dan merupakan salah satu alternative untuk menemukan kata kunci yang sesuai.

7. Keyword Revealer’s Keyword Tool

KeyWord Revealer adalah aplikasi tak berbayar yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai saran kata kunci yang relevan serta metrik yang sesuai, seperti Search Volume, CPC, dan Estimated Profit. Mirip dengan Keyword Eye, aplikasi ini menunjukkan seberapa sulit kompetisi yang tengah berjalan dan memprediksi kata kunci yang munngkin menguntungkan. . Saran kata kunci yang ditawarkan aplikasi ini sangatlah relevan dan layak untuk dicoba.

Tapi, versi gratisnya hanya memperbolehkan 3 pencarian perhari, jadi gunakanlah dengan bijaksana.

8. Adwords Search Terms

Jangan lupa bahwa kata kunci yang paling bernilai, bisa datang dari kata kunci pencarian yang digunakan pengunjung sebelum mereka mengklik iklan Anda. Cara terbaik untuk menelusup isi kepala mereka adalah berpikir seperti mereka, ketika mereka hendak mencari layanan jasa/produk. Bila menggunakan Google Adwords, perhatikan untuk memilih kata kunci yang paling relevan ke grup iklan Anda. Jika kata kunci yang digunakan tidak relevan dengan apa yang Anda iklankan, Google bisa menilainya negatif.

Untuk mengakses Search Query Report di Adwords, buka tab ‘Keywords’, klik ‘Detail’ dan pilih ‘All’.

21-300x86-1

Ingatlah bahwa perencanaan kata kunci adalah suatu hal yang bersifat kontinu atau terus-menerus berkembang, serta memiliki proses yang berkelanjutan. Jika bisa mendapatkan kata kunci yang ‘tepat’,  hal tersebut dapat membawa keuntungan dan kesuksesan dalam pemasaran Anda. Masih ada banyak aplikasi perecanaan kata kunci gratis yang ada, tapi yang telah disebutkan di atas tadi adalah beberapa dari sekian banyak yang sangat berguna untuk PPC.

Baca Juga 

Cara membuat toko online : memahami dropshipping

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “8 Tool Gratis untuk Riset Keyword / Kata Kunci di Search Engine”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *