6 Cara Efektif untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online E-Commerce

 

cara meningkatkan penjualan ecommerce

 

Semua pebisnis online pasti ingin omzetnya meningkat.

Beberapa bisnis UKM telah mencoba beberapa ide conversion rate optimization terbaik yang bisa membantu dalam peningkatan sales.

Berikut ini beberapa ide yang bisa memberikan dampak besar bagi bisnis ecommerce Anda. Jadi, mari kita mulai.

Meningkatkan Insentif untuk Newsletter Anda

Anda pasti pernah berpikir, siapa saja yang akan melakukan sign-up pada newsletter di suatu website ecommerce? Ada beberapa orang yang membutuhkan suatu alasan yang bagus untuk melakukan subscribe pada newsletter.

Sayangnya, ada banyak website yang tidak menyadari pentingnya penggunaan email untuk melakukan follow-up marketing. Akan sangat disarankan untuk mengumpulkan email yang lebih banyak dari pengunjung Anda dan juga mengoptimalisasikan pendaftaran newsletter dengan menawarkan hadiah atau insentive gratis yang menarik.

Dalam banyak kasus telah terbukti akan lebih baik hasilnya dengan menampilkan pop-up daripada newsletter box di bagian footer (bawah).

Tambahkan advantage produk / advantage membeli dari Anda di sidebar pada checkout page

Ada beberapa type bentuk eCommerce checkouts. Seperti misalnya longer single page checkout, traditional multi-page checkout, dan yang terbaru, accordion-style single page checkout.

Akan lebih baik untuk menambahkan side bar di bagian kanan untuk meningkatkan sales dan conversions. Hal itu juga akan menegaskan benefit dan menurunkan risiko dari penggunaan eStore.

Highlight Point-point yang mengurangi risiko pembelian dekat pada Tombol Add-To-Cart

Tempat lain dimana Anda bisa menempatkan kata “risk reducer” (diskon, cashback, free delivery, dll) adalah di product page. Akan sangat meyakinkan juga untuk menempatkan kata “risk reducer” terbesar Anda di samping tombol “add to cart”.

Dengan ini, garansi produk atau jaminan harga rendah bisa bekerja dengan lebih efektif sebagai icon seperti “guarantee seal.” Dan yang terpenting, Anda bisa menunjukan fasilitas “free shipping” di sini.

Berikut ini contoh dari Zalora Indonesia.

checkout page conversion toko online ecommerce indonesia 2

Tambahkan ‘Story’ di About Page

Ada banyak website eCommerce yang mengalami permasalahan di page ‘about us’ yang kebanyakan pengunjung menganggapnya sangat membosankan.

Gunakan page ini sebagai jalan lain untuk membantu Anda melakukan convert pada pengunjung. Terlebih lagi, Anda bisa menambahkan beberapa kepribadian dan storytelling yang menarik mengenai bisnis Anda.

Mengapa ini penting? karena sebagian besar orang – orang akan memiliki mentalitas untuk membeli dari bisnis yang memiliki kepribadian dan cerita yang menarik.

Nastygal melakukan ini dengan baik, dengan cara mempublish kisah dari Sophia Amaruso dan menginspirasi banyak perempuan di seluruh dunia dengan story telling.

conversion toko online ecommerce indonesia 2

toko online ecommerce indonesia 2 girlboss

Buat Landing Page Spesifik untuk Paid Search

Anda seharusnya mencoba pendekatan baru untuk memperkuat conversion rates dan sales daripada selalu menggunakan paid search untuk mengarahkan pengunjung Anda ke homepage atau satu product pages yang biasa Anda gunakan . Akan lebih baik untuk membuat landing pages khusus yang kaya akan informasi produk dengan keyword yang relevant.

Menurut survey, bisnis dengan 31-40 landing page memiliki omzet 7x lipat lebih banyak daripada bisnis dengan 1-5 landing page.

Anda harus mempertegas headline yang terfokus pada benefit yang kuat, kata “risk reducer”, value proposition yang unik dari produk Anda, dan lain – lain.

ecommerce indonesia meningkatkan omzet bisnis online

Cara – cara yang telah disebutkan di atas adalah beberapa cara meningkatkan omzet bisnis online. Semoga post ini bisa membantu Anda.

 

Baca Juga

Cara Mencari Produk Yang Tepat Untuk Dijual Toko Online Anda Dalam 3 Langkah Praktis

Daftar 30 Lebih Tools SEO Gratis Untuk Memaksimalkan Website Anda

Bagaimana Menulis Title Tags Untuk Search Engine Optimization

 

 

1 thought on “6 Cara Efektif untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online E-Commerce”

  1. Pingback: 4 Cara Meningkatkan Strategi Customer Retention Ecommerce Anda | Buat Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *