5 Tips Menggunakan Google+ Untuk Meningkatkan Marketing Anda

Pernahkah anda berpikir bagaimana memanfaatkan penggunaan Google+ untuk strategi bisnis media sosial anda?

Google+ dengan cepat menjadi bagian yang penting pada strategi bisnis media sosial.

Jumlah user di Google+ tumbuh dengan cepat menjadi 1 miliar registered user dan 350 juta active user menurut econsultancy, karena Google bisa membuat banyak orang berpikir bahwa Google+ adalah akun yang wajib dimiliki bagi semua pengguna gmail.

Bagi marketer, jumlah audience yang sebesar ini tentunya tidak bisa diabaikan.

google-plus-create-page

Google+ juga berperan besar di SEO dengan mempermudah marketer untuk muncul di hasil pencarian. Inilah kenapa Google+ diperlukan dalam strategi media sosial anda.

Berikut adalah lima cara mudah untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis anda dengan menggunakan Google+.

1. Masukkan keywords dan link yang relevan di “About Page” anda.

About page adalah peluang yang besar untuk memberikan gambaran yang singkat tentang bisnis anda.

Anda juga bisa membuat link ke halaman dan layanan yang spesifik dari about page, lalu link ini akan mengarahkan potensial customer ke halaman yang paling penting di website anda. Jadi pastikan untuk menampilkan informasi yang mempermudah searcher/pencari untuk memahami perusahaan/bisnis anda.

keywords relevant links

Google+ juga memungkinkan anda untuk menggunakan bullets di bagian deskripsi yang terlihat simple untuk membuat daftar yang mudah dibaca mengenai produk dan layanan anda.

Anda juga dapat memasukkan link pada halaman yang spesifik dan form contact.

Uji dan cari tahu variasi yang berbeda untuk menemukan yang mana yang memberikan efek terbaik bagi bisnis anda.

2. Menghubungkan seluruh audience anda menggunakan Google+ events

Google memiliki fitur event yang memungkinkan pengguna Google+ untuk mengirim undangan yang telah dicustom kepada siapapun, baik pengguna Google+ maupun tidak. Google+ dapat bersinkronisasi dengan baik dengan Google calendar dan muncul secara otomatis ketika user mengkonfirmasi sebuah event.

Sebagai tambahan untuk mengirimkan undangan ke webinar, work function, parties, dll. Google event juga dapat mengirimkan undangan ke Google+ hangouts.

Ini dapat digunakan sebagai katalis dengan mengintegrasikan bisnis anda ke dalam hangout atau untuk meningkatkan awareness dan jumlah peserta yang hadir pada event yang anda selenggarakan.

event tool

Fitur party mode di event memungkinkan semua orang yang hadir untuk mengupload gambar ke album yang sama menggunakan aplikasi mobile Google+, membuat real-time foto jurnal dari waktu dan tanggal yang spesifik. Lalu, anda bisa menampilkan foto-foto itu secara berurut dalam sebuah slideshow, semuanya ada di dalam Google+.

3. Posting sesering mungkin dan optimalkan hasil pencarian

Hasil dari Google’s social search akan lebih relevan ketika mereka berintegrasi dengan koneksi sosial anda. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan keyword dalam setiap postingan anda agar mereka muncul dalam hasil pencarian follower anda.

Algoritma pencarian Google juga memberikan hasil pencarian personal yang spesifik yang diambil dari aktivitas Google+. Semakin relevan postingan Google+ anda dengan konten, maka postingan anda di hasil pencarian akan sering muncul.

ketika pengguna log in ke akun google mereka, hasil pencarian akan meng-highlight konten yang relevan yang dibuat atau dishare oleh koneksi sosial anda

Untuk contoh, pencarian keyword “B2B marketing” menunjukkan aktivitas dari koneksi orang yang menggunakan Google+ tersebut. Dan hasil pencarian akan lebih relevan dengan apa yang orang cari.

4. Buatlah Google authorship untuk mengambil manfaat dari  SEO

Google sangat agresif menggunakan keunggulan Google+ dari aspek SEO untuk mengajak webmaster dan blogger engage dengan Google+. Google authorship adalah cara google untuk mengakui dan mulai untuk mempercayai anda sebagai sumber konten yang berkualitas. Membuat google authorship itu simple dan mudah.

Anda dapat melakukannya dengan mengidentifikasikan diri anda ke Google melalui profil Google+ anda dan buat link ke sana dari konten dan sebaliknya.

Google authorship adalah cara termudah untuk memanfaatkan penggunaan SEO dari Google+. Dengan melakukan ini,  gambar penulis akan muncul disebelah postingan blog mereka di hasil pencarian Google, dan ini akan mempengaruhi peningkatan ranking dan tingkat klik anda.

search results
hasil pencarian dengan gambar penulis disebelah postingan akan meningkatkan kepercayaan dan tingkat klik

Ini adalah beberapa keuntungan yang anda terima dengan membuat google authorship pada bisnis anda:

  • Meningkatkan awareness dari halaman profil google+ anda secara keseluruhan
  • Menambahkan sentuhan manusia pada konten anda dan ini akan meningkatkan kepercayaan
  • Meningkatkan kesempatan untuk muncul di hasil pencarian yang lebih personal
  • Membantu konten anda untuk bersaing di hasil pencarian
  • Melindungi posisi ranking postingan anda yang original
  • Suatu studi telah menunjukkan bahwa goole authorship akan meningkatkan tingkat klik di hasil pencarian

Step 1: menambahkan link ke profil google+ anda di setiap postingan blog anda.

Di setiap postingan blog, tambahkan link ke halaman profil google+ anda dengan “rel=author” melekat pada ujung link URL.

Ini contohnya: https://plus.google.com/11498947729292607681?rel=author. Tidak peduli di mana link ini berada di halaman anda atau apa anchor text-nya. Anda juga bisa membuat link gambar selain teks.

Hasil akhirnya akan terlihat seperti ini: Jason Miller

Jika anda ingin memasukkan link ini ke semua postingan blog anda secara otomatis, anda bisa menambahkannya ke template blog; untuk contoh, di footer atau header (asumsikan blog anda hanya memiliki satu penulis).

Step 2: membuat link dari profil Google+ anda ke blog.

Setelah anda menambahkan link ke profil Google+ di setiap postingan blog, langkah terakhir adalah membuat link dari arah yang berlawanan, dari profil Google+ ke blog anda. Anda bisa melakukan ini dengan menambahkan link ke blog anda di bagian “Contributor to” di profil Google+.

links to blog
tambahkan link ke blog dimana anda berkontribusi

5. Temukan user dan perbincangan (conversation) yang relevan untuk di-engage.

Aturan nomor 1 untuk sukses dalam komunitas atau platform social adalah meng-engage dalam conversation yang relevan dan menambahkan value. Kesuksesan dari bisnis anda dalam Google+ akan menjadi hasil langsung dari bagaimana anda meng-engage dari halaman bisnis dan personal anda.

Ini adalah dua tempat besar untuk menemukan user dan conversation untuk di-engage.

Google+ membagikan daftarnya circle-nya. Untuk halaman personal, cek database Google+ circle ini yang dibuat oleh Chris Porter. Ini adalah daftar Google+ berdasarkan industri.

shared circle database
database Google’s circle adalah cara yang paling tepat untuk menemukan komunitas untuk di-engage

Dengan satu klik anda bisa menambahkan circle ini ke circle personal dari Google+ anda dan selamat menikmati postingan dan conversation yang relevan untuk di-engage.

Karena halaman bisnis anda tidak bisa men-circle seseorang sampai mereka men-circle anda, ini penting untuk membangun hubungan dengan halaman personal anda dan memperkenalkan halaman konten bisnis anda.

Manfaatkan banyaknya fungsi pencarian di Google+. Cari siapa saja yang membicarakan brand anda dan keyword yang berhubungan dengan industri anda. Simpan pencarian anda dan mereka akan muncul di sidebar kiri untuk referensi singkat.

search your brand

Pantau siapa saja yang mencari brand anda dan berinteraksilah dengan mereka, berikan komentar di thread dan share kembali postingan orang-orang tentang brand anda.

Bahkan jika anda tidak punya sepatah kata untuk dikatakan, anda bisa memberikan +1 atau mengucapkan “thanks for the mention” atau “great post” agar mereka tahu bahwa anda memperhatikan apa yang mereka bicarakan tentang brand anda. Hal seperti ini akan berdampak pada perkembangan bisnis anda ke depannya.

Dengan mengikuti lima langkah di atas akan memberikan anda lompatan awal pada bisnis anda dan fondasi yang kokoh yang akan membangun strategi Google+ anda secara keseluruhan.

Menghabiskan beberapa menit sehari untuk berinteraksi dan memantau perkembangan bisnis anda di Google+ tidak hanya meningkatkan profil anda, tetapi juga meningkatkan tingkat eksistensi bisnis anda nantinya.

Sumber: socialmediaexaminer.com

 

1 thought on “5 Tips Menggunakan Google+ Untuk Meningkatkan Marketing Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *