Pricing atau penentuan harga di toko online seharusnya tidak menjadi sebuah misteri. Memasang harga yang jelas dan masuk akal untuk produk yang dijual pada toko online Anda seharusnya menjadi bagian yang penting pada desain user experience website.
Faktanya, beberapa pembeli sebenarnya melakukan pembelian online tanpa mengetahui berapa biaya sebenarnya dari pembelian mereka. Dan hampir hampir semua penjual online lupa untuk memasukan harga di suatu bagian dalam halaman detail produk.
Harga perlu disampaikan dengan sederhana dan jelas. Point dalam artikel ini adalah beberapa hal yang sudah diterima secara luas mengenai praktik terbaik dalam user interface sebagai acuan untuk membangun harga pada desain detail produk Anda.
Beberapa hal yang Anda perlukan terkait harga di toko online Anda :
- Display yang jelas dan harga yang terupdate untuk membuat visitor Anda lebih mudah berbelanja.
- Tempatkan harga dan elemen yang mendukung pada area yang mudah terlihat apapun device yang digunakan pembeli Anda (PC ataupun lewat mobile device).
- Memastikan text yang digunakan untuk harga dapat terbaca dan dapat di akses, bisa juga menggunakan warna yang high contrast.
Berikut adalah 5 tips untuk mendesain harga produk anda. Dalam hal tertentu, tips ini berurusan dengan dimana kita memasang harga produk dan bagaimana harga produk berhubungan dengan elemen yang lain.
Setiap tips ini datang dari kebanyakan para toko online yang mendisplay harga mereka. Tapi kami menguji layout Anda untuk menemukan konversi terbaik untuk bisnis Anda.
Pasang Harga Produk dengan Jelas
Banyak toko online retail yang memasang harga produk dekat dengan judul produk atau dekat dengan tombol add-to-cart atau tombol serupa dengan call to action.
Memasang harga dekat dengan nama produk mungkin akan membuat harga menjadi tampilan prioritas, memperlihatkan ini pada pembeli adalah momen yang paling cepat yang memungkinkan dalam layout, sehingga pada pembeli akan melihat gambar primer produk, nama produk, dan harga produk.
Toko online lainnya menempatkan harga produk dekat dengan call to action (CTA) dalam hal ini add-to-cart-button.
Tujuannya adalaha untuk menciptakan bagian dari komponen call-to-action yang berisi semua informasi yang diperlukan pembeli untuk maju ke step berikutnya menuju pembelian.
Beberapa situs bahkan akan menunjukan harga beberapa kali dan menempatkannya di dekat 2 elemen tersebut (nama produk dan tombol call-to-action).
Memberikan Highlight pada Diskon Produk
Jika toko online Anda memberikan potongan harga pada item-item, harga potongan dan diskon harus jelas. Contoh bagus dari memajang diskon produk bisa ditemukan pada Joybird, retailer furnitur online. Tombol call to actionnya juga merupakan tombol cuztomized kursi.
Menyadari bahwa customer bisa melihat harga yang mereka akan bayar, harga yang biasa untuk sebuah kursi, dan bahkan persentase diskon yang ditawarkan padanya. Joybir juga menunjukan kapan harga bisa expired dan menawarkan pilihan pembiayaan.
Memperlihatkan Range Harga
Seringkali Anda tidak akan mengetahui harga produk sampai pembeli telah memilih.
Mungkin Anda menjual blazer dan trousers secara bersamaan. Harga dari kombinasi produk ini bisa dari macam ukuran, material, atau bahkan warna. Solusi desain yang biasanya adalah menunjukan range dari harga yang memungkinkan dari harga terendah sampai tertinggi.
Sekali pembeli membuat pilihannya, harga akan berubah secara dinamik merefleksikan apa yang dibayar pembeli. Sediakan tanda yang jelas yang menyatakan harga telah di update.
Tawarkan Estimasi Biaya Kirim, Atau Menempatkan Harga Dekat Info Free Ongkir
Untuk banyak customer, biaya pengiriman adalah bagian yang menjadi satu dengan harga produk. Jadi ketika Anda mendesain atau mendesain ulang halaman detail produk, pertimbangkanlah untuk menawarkan estimasi biaya kirim pada halaman tersebut.
Anda bisa menemukan contoh dari bagian biaya kirim dan estimasi kecepatannya pada Overstock.com. Pembeli bisa memasukan kode pos dan website menampilkan sepasang opsi pengiriman bersamaan dengan estimasi biaya dan estimasi tanggal terkirim.
User interface ini masuk akal jika produk memiliki biaya kirim gratis karena ini tetap menyediakan kemungkinan untuk mengkonfirmasi bahwa customer mengetahui harga keseluruhan.
Mengijinkan Pilihan Mata Uang
Jika toko online anda menjual melintasi perbatasan ataupun mengambil pembayaran dalam beberapa mata uang, buatlah pilihan mata uang yang tersedia untuk pembeli saat mereka mengunjungi halaman detail produk atau bahkan setiap halaman dari website.
Faktanya, ini adalah hal yang umum termasuk pilihan mata uang dalam navigasi global website. Saat pembeli menukar pilihan mata uang, detail halaman detail produk yang terbuka seharusnya terupdate untuk merefleksikan perubahan.
Sumber : practical ecommerce
Baca Juga