5 Tips Dalam Menghasilkan Lead untuk Ecommerce / Toko Online

5-tips-dalam-menghasilkan-lead-untuk-ecommerce-toko-online

Ada puluhan bahkan ratusan cara menghasilkan lead untuk bisnis e-commerce Anda. Selama Anda menjunjung tinggi reputasi dan etika perusahaan, Anda tidak perlu khawatir tentang cara yang “benar” dan “salah” dalam menghasilkan leads. Tapi tentu saja ada beberapa metode yang memiliki dampak jangka panjang dibandingkan yang lain.

Baca Juga: Cara Beriklan Lead Generation di Facebook (Business Manager – Power Editor)

Beberapa metode akan memberikan hasil yang sangat baik; yang lain hanya akan menggerakkan sedikit angka persenan.

Namun, seperti yang sering dikatakan dalam manajemen prioritas, urus dulu “batu besar”nya, baru Anda akan bisa memasukkan “batu kecil” nantinya. Oleh karena itu, inilah lima gambaran besar dalam strategi mendapatkan leads untuk membantu mengembangkan bisnis ecommerce Anda.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah salah satu strategi paling popular dan efektif untuk menghasilkan lead bagi bisnis online. Meskipun ada beragam aspek dalam SEO – dari skema markup hingga backlink – pencarian tetap harus menjadi fokus utama Anda. Itu artinya Anda perlu melakukan investasi besar-besaran dalam content marketing.

Konten yang bagus akan meningkatkan visibilitas dalam pencarian. Hal ini, pada akhirnya, akan menghasilkan lebih banyak traffic ke website Anda. Ketika Anda memiliki pengunjung di situs, Anda bisa mendorong mereka untuk menghubungi Anda melalui nomor 1-800, atau mengajak mereka untuk bergabung ke daftar email agar mereka bisa menerima berita terbaru secara rutin.

Content marketing adalah alat yang ampuh untuk menarik leads berkualitas, dan itu penting, karena lead generation tidak hanya berupa angka. Anda juga mau membangun kepercayaan dengan pelanggan yang memberikan lifetime value tertinggi.

Jika website Anda belum mobile-friendly, maka segera atasi hal tersebut. Pilihlah desain responsif agar situs Anda mudah untuk dikunjungi.

2. Buat Daftar Email

Bisnis ecommerce harus proaktif dalam mengumpulkan alamat email dari pengunjung situs. Ini bukan berarti hanya dengan memasang formulir berlangganan di sidebar dan menunggu orang untuk mendaftar. Namun juga perlu meyakinkan  pengunjung dan memberi mereka alasan mengapa mereka perlu bergabung.

Jika target pelanggan Anda mencari informasi yang berhubungan dengan produk yang Anda jual, Anda dapat menarik pengguna melalui ebook atau webinar yang akan menjelaskan manfaat dan merekomendasikan penggunaan produk Anda. Anda dapat menawarkan diskon atau biaya pengiriman gratis pada pemesanan pertama mereka.

Memberikan sesuatu yang bernilai memberikan alasan bagi pengunjung untuk bergabung, sedangkan diskon dan gratis biaya pengiriman akan memberi mereka alasan untuk memesan produk. Jika beberapa pelanggan tidak mengambil keuntungan tersebut, Anda dapat mengirimkan mereka email pengingat dan beritahu mereka bahwa mereka belum mengkonfirmasi pesanan. Termasuk juga menyusun email untuk mengembalikan / merecover keranjang belanja Anda yang ditinggalkan.

Anda juga bisa bereksperimen dengan metode yang lebih agresif, seperti pop-up, untuk mengumpulkan email. Jika digunakan secara bertanggung jawab, cara ini cukup efektif.

3. Optimalkan Home Page

Homepage adalah salah satu halaman yang paling sering dikunjungi, dan halaman yang paling penting, di website Anda. Jika Anda ingin membuat kesan pertama yang kuat, maka homepage Anda perlu dioptimalkan. Anda akan meninggalkan banyak urusan jika Anda tidak mau meluangkan waktu untuk mengatur, membersihkan kekacauan dan menempatkan elemen penting di tempat yang tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Navigasi: Buatlah navigasi yang customer-friendly sehingga pengunjung web akan dengan mudah menemukan apa yang mereka cari di website Anda.
  • Form Pendaftaran: Menciptakan peluang bagi pengunjung untuk mendaftar sebagai pelanggan newsletter email.
  • Konten: Perjelaslah di mana pengunjung bisa menemukan panduan dan tutorial, dan mengetahui lebih lanjut mengenai penawaran Anda.
  • Call to Action: Sertakan beberapa pilihan Call to Action. Misalnya, mudahkan mereka untuk menghubungimu, berlangganan email Anda, download lead magnet (misalnya ebook) atau beli produk sekarang.

Produk: Aturlah produk Anda semenarik mungkin dan buat produknya mudah terlihat. Optimalkan juga proses checkout, karena tingkat pengabaian keranjang belanja akan bertambah jika Anda tidak memudahkan proses checkout – entah di desktop komputer, smartphone atau perangkat lainnya.

4. Manfaatkan word-of-mouth

Sering dikatakan bahwa marketing word-of-mouth adalah bentuk marketing yang paling efektif. Jika ada salah satu pelanggan yang merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain, maka perlahan kata demi kata akan mulai tersebar bahwa Anda menawarkan produk atau pengalaman yang hebat.

Ada beberapa hal dasar yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan pengalaman berkesan bagi pelanggan. Anda dapat mengirimkan produk dengan cepat, Anda dapat mengirimkan pelanggan email yang menyangjung setelah pembelian, Anda juga dapat mem-follow up pembelian mereka melalui telepon untuk mengkonfirmasi pengiriman barang dan sebagainya.

Tapi itu baru awalnya, karena pelanggan saat ini mengharapkan tingkat layanan yang baik. Untuk benar-benar memanfaatkan kekuatan word-of-mouth, Anda harus melakukan sesuatu yang lebih. Misalnya, Anda bisa menawarkan diskon untuk pelanggan yang bisa mengajak teman-temannya mengunjungi website Anda. Referral adalah cara yang bagus untuk menyebarkan berita mengenai bisnis Anda.

5. Maksimalkan Hasil dengan Iklan Pay Per Click dan Media Sosial

Dengan homepage yang kuat, rencana content marketing, landing page yang convert dan daftar email sudah dilakukan semua, Anda siap untuk mulai memperkuat hasil bisnis Anda dengan iklan pay-per-click dan media sosial.

Dalam dunia Search Engine Optimization yang sangat kompetitif ini, peringkat untuk kata kunci adalah strategi jangka panjang. Iklan PPC dapat memberikan Anda kemampuan untuk muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian tanpa harus mendorong website ke tempat nomor satu atau nomor dua. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk menghasilkan traffic homepage Anda. Iklan media sosial juga menawarkan kesempatan untuk meningkatkan posting dan membantu promosi untuk mendapatkan visibilitas. Iklan PPC memudahkan Anda untuk menargetkan audience yang tepat; dan dengan data yang cukup, Anda dapat membuat look-alike audiences untuk menarik lebih banyak target pelanggan Anda.

Media sosial itu sendiri juga merupakan alat yang ampuh untuk menghasilkan banyak lead, khususnya lewat Facebook dan Twitter. Media sosial bukan hanya tempat yang bagus untuk menawarkan diskon dan promosi, tapi juga menjadi alat distribusi yang tepat untuk konten yang Anda miliki. Content marketing Anda akan lebih efektif ketika digabungkan dengan strategi media social yang kuat.

Kesimpulan

Singkatnya, strategi yang dijabarkan di sini akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak leads. Tetapi penting untuk diingat bahwa strategi “batu besar” ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda tidak selalu melihat hasilnya dengan cepat, dan Anda harus konsisten dan gigih dalam usaha Anda untuk meningkatkan hasilnya.

Kerja keras yang Anda lakukan pasti akan sepadan dengan apa yang didapatkan. Dengan data yang cukup relevan, menghasilkan lead tentunya akan lebih efektif. Artinya Anda bisa membuat hasil berulang secara berkelanjutan.

Baca Juga

Tingkatkan Penjualan Ecommerce Anda dengan 4 Strategi Marketing Ini

Perbandingan dari 7 Cara Mendatangkan Traffic untuk Ecommerce Toko Online Anda

Panduan Cara Membuat Halaman Produk Toko Online yang Dapat Meningkatkan Conversion dan Penjualan Online Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *