5 Hal Penting yang Wajib eCommerce Persiapkan Menjelang HARBOLNAS 2015 (Infografik dari Flipit.com untuk eCommerce Indonesia)

Desember 2015: Situs kupon online, Flipit.com menerbitkan sebuah infografis yang berisi tentang 5 hal penting yang wajib Ecommerce persiapkan untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal pada saat Hari Belanja Online Nasional pada tanggal 12 Desember mendatang. Tips yang diberikan oleh Flipit bukan hanya berguna bagi Ecommerce besar Indonesia namun juga para eCommerce pemula yang ingin berpartisipasi di ajang Hari Belanja Online Nasional 2015.

Data yang ditampilkan di Infografis tersebut merupakan data yang dikumpulkan oleh Flipit dari berbagai sumber dan data statistik dari Flipit Indonesia sendiri. Flipit menggunakan data statistik yang tersedia dari tahun 2014 sampai akhir tahun 2015 dan mengolah data tersebut menjadi informasi yang berguna bagi Ecommerce di tanah air untuk mempersiapkan HARBOLNAS 2015 mendatang.

 

Apa itu Harbolnas/12.12?

Terinspirasi dari Cyber Monday dan Black Friday di Amerika, sejumlah eCommerce besar Indonesia menetapkan tanggal 12 Desember sebagai Hari Belanja Online Nasional atau yang sering kali di singkat HARBOLNAS. Acara belanja online nasional ini, digagas oleh sejumlah eCommerce besar Indonesia untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kemudahan berbelanja online. Selama 24 jam, para Ecommerce Indonesia yang berpartisipasi dalam acara ini memberikan diskon sampai 90% off.

HARBOLNAS sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2012 dan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap konsumen dan eCommerce Indonesia. Hal ini terbukti dari lonjakan total penjualan eCommerce yang sangat tinggi setiap HARBOLNAS berlangsung. Diprediksikan total belanja online selama HARBOLNAS mencapai lebih dari 33 triliun di tahun 2015.

5 top tips dari Flipit untuk para eCommerce saat Hari Belanja Online Nasional berlangsung (Lihat infografik di bawah untuk keterangan lebih jelas):

  1. Jangan sampai website tidak bisa diakses oleh konsumen karena kelebihan pengujung – Tingkatkan kuota server website anda!

  2. Pastikan website anda mobile friendly

  3. Gunakan kode kupon spesial HARBOLNAS (12.12)

  4. Berikan konsumen anda kemudahan dalam bertransaksi

  5. Gunakan sosial media untuk menjangkau konsumen

 

Harbolnas Infografik Flipit Indonesia

 

Point penting yang bisa diambil dari Infografik ini adalah:

  • Total belanja online di Indonesia meningkat menjadi dua kali lipat sejak tahun 2014 (dari 21 triliun diperkirakan menjadi 50 triliun sampai akhir tahun 2015) (source: APJII, 2014)

  • Tahun 2014, banyak dari eCommerce di Indonesia yang mengalami kenaikan traffic sampai 1500% selama HARBOLNAS (12.12.2014) (source: TechinAsia, 2014)

  • 85% Masyarakat Indonesia mengakses internet lewat smartphone dan 56% pengguna internet belanja online dengan smartphone.(source: APJII, 2014)

  • Traffic dari situs kupon online, Flipit Indonesia meningkat drastis setiap bulannya semenjak kehadirannya di pasar Indonesia bulan Oktober 2014 (3297% kenaikan traffic (10/2014 – 02/2015) dan 293% kenaikan traffic selama 4 bulan (02/2015 – 06/2015). Popularitas kupon online yang sangat drastis dari tahun ke tahun patut eCommerce perhitungan sebagai alat promosi baru untuk memperoleh konsumen.(source: Flipit Indonesia, 2015)

  • Tahun 2014, 27% pendapatan eCommerce berasal dari sosial media.(source: TechinAsia, 2014)

  • Kebanyakan dari masyarakat Indonesia tidak menyukai belanja online karena metode transaksi yang tidak nyaman. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, eCommerce wajib menyediakan metode pembayaran yang dipercayai oleh konsumen Indonesia seperti: bank transfer dan COD (Cash on Delivery).(source: eMarketer, 2014)

 

Cyrielle Grosgurin, International Account Manager at Flipit.com: “Kami melihat bahwa 12/12 telah resmi menjadi hari belanja online nasional bagi masyarakat Indonesia. Saya memprediksikan HARBOLNAS tahun ini akan lebih meriah lagi dari tahun sebelumnya – Jadi sangatlah penting bagi eCommerce untuk mempersiapkan diri sebaik – baiknya untuk menyambut acara belanja online tersebar tahun 2015 ini.”

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *