5 Cara Menguasai Tripwire Marketing Untuk menaikkan Omzet

Baru-baru ini ada istilah populer yang digunakan oleh marketer secara online yang disebut “tripwire marketing”. Tripwire marketing sebenarnya sebuah konsep yang sudah ada sejak lama (bahkan sebelum ada internet). Aktivitas marketing tersebut meliputi segmentasi leads Anda menjadi grup berdasarkan interest, menawarkan mereka dengan produk berharga rendah dan kemudian melakukan up-selling kepada mereka yang membeli produk atau servis utama Anda.

5-cara-menguasai-tripwire-marketing

Baca Juga : Lazada Saja Sudah Gunakan Strategi UKM Untuk Meningkatkan Omzet, Masa Anda Yang UKM Tidak ?

Apa itu Tripwire Marketing?

Mungkin istilahnya terdengar jahat, tapi maksud sebenarnya adalah membuat lead menjadi customer dengan membuat penawaran yang low-cost, kemudian mendapat kesempatan untuk melakukan upsell ketika mereka sudah berada dalam sales funnel Anda.

Artinya daripada Anda meminta seseorang menginvestasikan lebih banyak uang untuk produk atau servis Anda, Anda bisa mengemas ulang bagian dari produk eksklusif Anda berdasarkan detail solusi tertentu dengan cara memberikan value dan juga menawarkan apa yang ada di toko Anda jika seseorang membeli produk dari Anda.

Idenya adalah sekalinya orang telah membeli bahkan produk yang tidak mahal dari Anda, mereka cenderung akan membeli produk lainnnya. Mengapa? Online marketer Frank Kern menjelaskan bahwa dengan penawaran gratis, orang seringkali curiga dan ingin tahu ada apa, sebaliknya dengan memberikan penawaran low-cost akan lebih mungkin terjadi conversion karena mengurangi kecurigaan dari penawaran gratis tersebut.

Ditambah lagi, ketika lead menjadi pembeli mereka akan lebih terhubung secara emosional dengna penawaran Anda selanjutnya. Hal ini juga bisa membuat Anda menjual produk yang tidak mahal dalam berbagai topik untuk mengetes apa yang diinginkan oleh market Anda dan mengcustom komunikasi follow up (seperti email) yang lebih targeted.

Apapun istilah yang Anda gunakan…tripwire, splinter product, loss leader, front-end offer, atau introductory offer… ide ini sudah ada selama bertahun-tahun dan masih menjadi teknik marketing yang efektif.

apa-itu-tripwire-untuk-bisnis-online

Inilah 5 Cara Menguasai Tripwire Marketing:

1. Dimulai dengan lead magnet

Sebelum Anda bisa menawarkan tripwire pertama Anda harus membuat orang sign up ke list email Anda terlebih dulu. Untuk mendapatkan subscriber Anda perlu menawarkan sesuatu yang gratis yang membuat mereka ingin mengambil action selanjutnya. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan eBook gratis.

Yang terpenting adalah penawaran Anda harus memberikan value bagi audience. Inilah tripwire yang akan membantu Anda mensegmentasi list menggunakan berbagai topik dan solusi dari produk atau servis yang Anda miliki.

2. Buat tripwire

Ini adalah cara yang cukup efektif untuk menyelesaikan masalah yang dialami pembeli. Artinya agar dapat membuat tripwire yang berhasil, Anda perlu mendapatkan detail mengenai masalah apa yang dialami oleh customer ideal Anda.

Bisa berupa webinar, sesuatu yang berbentuk seperti buku, atau bahkan konsultasi personal. Perusahaan yang memberikan penawaran bagus untuk menarik Anda mendaftar program langganan mereka merupakan salah satu contoh tripwire yang bagus. Namun selalu ingat bahwa tujuan Anda bukan untuk mendapatkan profit, tapi mengumpulkan customer.

Lakukan dengan berbagai topik yang akan menarik perhatian audience dan buatlah tripwire untuk masing-masing topik.

Untuk portal pembelajaran digital marketing seperti buattokoonline.id bisa menawarkan bantuan untuk business automation, online marketing, strategi media sosial atau tips traffic website. Mengapa? Karena artikel ini paling populer di antara pembaca. Tujuan utamanya untuk membangun funnel dan content marketing, tapi secara keseluruhan untuk membantu orang mengatasi masalah website atau traffic media sosial mereka.

Ambil saja contoh personal trainer. Jika mereka fokus untuk menurunkan berat badan maka mereka kehilangan 2/3 pangsa pasar dari audience yang ingin menghilangkan lemak atau menambahkan otot.

strategi-marketing-tripwire

Lead magnet yang bagus adalah latihan otot perut selama 5 menit yang akan menghancurkan lemak. Cara ini akan menarik perhatian ketiga jenis audience tersebut. Ketika Anda mendapatkan perhatian mereka, makan tripwire yang bisa digunakan adalah resep smoothie untuk menurunkan berat badan, 10 gerakan cardio untuk menghilangkan lemak dan 3-langkah formula untuk meningkatkan massa otot dalam 3 bulan. Kemudian ketiga tripwire tersebut bisa Anda follow up dengan upsell program trainer selama 6 bulan. Dengan cara ini para trainer akan tahu bagaimana cara menjual program mereka dengan memberikan benefit yang bermanfaat untuk sekelompok orang tertentu. Jadi daripada hanya memiliki satu halaman penjualan mereka akan memiliki 3 halaman, dan pembelian setiap tripwire akan mengarahkan pembeli ke halaman penjualan yang paling sesuai dengan mereka.

3. Perkenalkan tripwire Anda ke pelanggan prospect

Salah satu cara melakukannya adalah dengan mengirimkan 2-3 email yang menawarkan produk Anda dalam waktu terbatas. Anda bisa menerapkannya dalam beberapa cara: kirimkan list ke halaman penjualan untuk mendapatkan tripwire Anda atau kirimkan konten gratis untuk mereka lalu jual tripwire di akhir email.

Yang perlu diingat adalah tidak semua orang dalam list akan mengklik. Ini yang perlu Anda lakukan. Anda mensegmentasi list menjadi grup berdasarkan interest. Artinya Anda harus menulis email yang menjabarkan masalah dan keuntungan dari tripwire atau konten yang dikirimkan dan bagaimana bisa membantu pelanggan Anda. Anda harus menjabarkan secara detail.

Nantinya Anda bisa membuat beragam segmentasi berdasarkan pilihan yang ditunjukkan oleh list Anda sehingga Anda bis amulai mengirimkan email yang disesuaikan untuk segmentasi tertentu.

Banyak sistem email yang bisa mensegmentasi list Anda. beberapa sistem memerlukan landing pages agar orang melakukan opt-in untuk list baru dan beberapa sistem bisa membuat aturan berdasarkan link yang di klik dalam email Anda untuk memisahkan orang ke dalam grup berdasarkan referensi mereka. Apapun program email marketing yang Anda gunakan, Anda bisa memanfaatkan tripwire.

4. Perkenalkan produk utama Anda kepada pembeli

Tujuan dari setiap tripwire adalah untuk memperkenalkan customer kepada penawaran yang lebih besar dan menarik mereka untuk mencari tahu lebih lanjut. Dengan begitu, mereka harus diarahkan menuju produk utama Anda yang ingin di upsell. Banyak marketer melakukan penawaran di upsell sementara pelanggan melakukan pembelian untuk tripwire – sebuah teknik “melihat kesempatan selagi dompetnya terbuka”. Atau, tentu saja Anda bisa mengirimkan email penawaran produk utama secara terpisah, atau menggabungkan keduanya.

Periode trial produk merupakan salah satu contoh tripwire yang juga merupakan produk utama. Contohnya, banyak software atau program member yang bisa memberikan akses untuk trial 30 hari. Biasanya mereka akan dikenakan biaya full membership setelah periode trial sudah habis kecuali Anda menghubungi mereka dan membatalkan programnya. Car aini memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mengecek bahwa produknya benar-benar untuk mereka dan menghilangkan keraguan bahwa customer akan opt-in untuk full subscription karena mereka harus opt-out daripada opt-in.

 

5. Rinse and Repeat

Akan ada banyak kemungkinan di mana ide tripwire Anda mengarah untuk marketing produk utama Anda. anda bisa menjalankan beragam tripwire secara bersamaan atau bergantian.

Ketika Anda terus membuat tripwire, sebenarnya Anda sedang membuat funnel multi-faceted atau “web” dari info targeted untuk menyelesaikan masalah tertentu yang pada akhirnya berujung pada apa yang sebenarnya Anda jual.

Pastikan Anda mengetes ide tripwire, termasuk tweaking headline dan copywriting sehingga Anda mendapatkan ide usaha mana yang berhasil dan yang diinginkan oleh pelanggan Anda. Nantinya Anda akan menemukan tripwire yang lebih populer dibandingkan yang lain dan ini tidak masalah. Semua usaha akan membuat Anda lebih mengetahui apa yang diinginkan leads dan masalah apa yang perlu diselesaikan daripada hanya memikirkan apa yang diinginkan pelanggan Anda.

Baca Juga : 3 Cara Memilh Nama Domain Website Untuk Bisnis dan Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *