40 Strategi Checkout Page untuk Meningkatkan Conversion Rates

Untuk banyak pemilik situs, konsumen yang tidak jadi memesan dan meninggalkan toko online tanpa melakukan pemesanan, sepertinya telah menjadi fakta pahit di dunia e-commere. Tapi tidak selamanya fakta akan berjalan seperti itu. Karena Anda bisa meningkatkan conversion rate pada checkout page Anda dengan memberikan kemudahan yang konsumen butuhkan untuk membuat suatu pesanan, serta transaksi yang mantap. Catat tips yang bermanfaat ini dan gunakan untuk mengoptimalkan checkout page Anda agar mendapat conversion rates yang tinggi.

Desain dan Tata Letak

Di sinilah titik dimana para konsumen akan menjatuhkan keputusannya untuk membeli atau tidak membeli selamanya – sebuah kesan pertama. Eksekusi desain ikon keranjang belanjaan dalam situs Anda akan berperan besar di sini, seperti efektivitas perbelanjaan spasi, batas-batas yang jelas dalam tiap laman pemesanan, dan beberapa poin vital dalam checkout-boosting akan dibahas pada poin-poin berikut ini:

1. Berikan konsumen sebuah gambaran dari proses checkout – akan menjadi ideal jika Anda bisa menyesuaikan segala proses dalam satu halaman, memunculkan tampilan yang menginformasikan kunjungan yang kurang pada checkout yang ada, serta seberapa tinggi conversion rate yang akan Anda terima. Jika Anda butuh untuk menyebarluaskan hal-hal di beberapa halaman, berikan gambaran bagi konsumen Anda sudah sejauh mana mereka melangkah.

2. Letakkan tombol checkout pada atas dan bawah laman Anda – semakin sering konsumen melihat tombol checkout yang muncul di laman situs Anda, akan semakin cepat juga mereka mengklik tombol checkout tersebut.

3. Sertakan logo kartu kredit dan segel keamanan – biarkan konsumen Anda tahu situs Anda adalah aman dan terpercaya dalam melakukan transaksi bisnis. Segel keamanan yang populer dan disarankan adalah Verisign dan BizRate.

4. Berikan konsumen Anda pilihan untuk terus berbelanja dari checkout page Anda, termasuk ketika mereka menekan tombol ‘back’ – mereka bisa saja lupa akan suatu hal ketika sedang memilih-milih produk, dan tidak ada yang lebih buruk dibandingkan mengklik tombol kembali, dan menemukan semua detail perbelanjaan mereka sudah lenyap.

5. Bedakan warna untuk ikon checkout dan continue shopping – jika Anda mempunyai ikon ini bersisian, pertimbangkan untuk mengubah warna di keduanya, sehingga terlihat berbeda dan terpisah satu sama lain. Ini berguna untuk menghindari kesalahan konsumen dalam mengklik ikonnya. Berikan jarak yang cukup di antara keduanya agar tidak terjadi kesalahan ketika diklik.

6. Berikan pengunjung Anda pilihan untuk membuat akun SETELAH mereka checkout – tidak ada yang lebih mengesalkan dibanding menyuguhkan popup pertama berupa ‘Buat Akun Anda’ sebelum mereka bisa menyelesaikan pesanannya. Menghilangkannya akan membuat anda menjadi pelaku bisnis ritel online yang mampu meraup peningkatan sebesar $300 juta. Orang-orang akan dengan senang hati memberikan informasi kontak mereka setelah mleihat pesanan mereka dibanding mengisi informasi kontak mereka terlebih dahulu.

Sebagai contoh, situs yang menjadi favorit banyak orang, Amazon.com, memiliki contoh pre-checkout yang baik dan berseni. Pada ikon keranjangnya sudah melingkupi informasi mengenai rincian produk, penawarn khusus, pengiriman khusus, keamanan, dan detail aksesoris yang seluruhnya termuat pada satu halaman.7. Izinkan konsumen untuk mencetak atau mengirim konten pembelanjaan mereka – dalam beberapa kasus perbelanjaan, konsumen dapat membeli untuk orang lain. Maka itu, mereka memerlukan manajer atau atasan mereka untuk menanda-tangani pembelanjaan atau langkah lainnya yang membuat mereka menghentikan proses checkout sementara waktu. Pastikan jika ada kendala dan persoalan seperti itu, Anda dapat menyediakan layanan yang dibutuhkan mereka.

8. Izinkan para konsumen untuk menyimpan daftar belanjaan mereka atau menambah wishlist belanjaan mereka – banyak orang membuat daftar belanjaan yang akan dibeli nanti. Untuk itu, mengapa Anda tidak memberikan para konsumen kesempatan untuk melakukan itu dengan mengizinkan mereka menyimpan daftar belanjaan mereka, dan dapat menambah daftar itu kapanpun untuk dibeli nantinya?

9. Popup tidak selalu berguna – dalam banyak kasus, antivirus atau mesin pencari akan menghentikan popup yang muncul di pencarian mereka, untuk mencegah Anda menyurvei konsumen mengenai mengapa mereka meninggalkan perbelanjaan mereka. Maka itu, gunakalah surel untuk menindak-lanjutinya atau menambahkan kode-kode diskon jika mereka bisa menyelesaikan perbelanjaan mereka.

10. Jangan lupa untuk menyertakan; tautan yang mengarah pada kebijakan privasi Anda, rincian pengiriman, FAQ (frequently asked-question – daftar pertanyaan yang sering ditanyakan) dan kebijakan pengembalian produk yang tak jauh dari laman checkout. Anda juga disarankan untuk menambah aplikasi live-chat pada laman checkout, karena mungkin saja konsumen memiliki pertanyaan mengenai penjualan, sebelum memilih pesanan mereka.

11. Cek ulang sekali lagi sebelum memproses pemesanan final – Berikan konsumen Anda satu kesempatan untuk memastikan seluruh pesanan mereka sudah benar sebelum mereka memprosesnya lebih lanjut.

Toko BassPro memberikan kupon senilai $20 pada surelnya, juga pada ikon keranjang milik konsumen. Cara ini bisa mengundang konsumen untuk mengeklik, menggunakan kupon dan berbelanjaOptimalkan Rincian Produk

Jika desain dan tata letak yang Anda miliki sudah terasa menarik, aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk menangkap perhatian konsumen adalah memastikan secara langsung jika pesanan mereka telah memiliki ukuran dan warna yang benar, maupun kombinasi produk yang sesuai. Di bawah ini adalah beberapa cara dan faktor yang bisa ditambahkan untuk membuat pengalaman berbelanja online para konsumen Anda bisa terasa lebih nyaman:

12. Sertakan ringkasan produk – bagi Anda, mungkin informasi nomor kontak toko online untuk pemesanan produk saja sudah dirasa cukup, tapi bagi konsumen, penting untuk mengetahui apa ukuran, warna, dan pilihan desain yang tersedia. Rincian seperti itu akan membantu mereka untuk menjatuhkan pilihan yang tepat seusai kebutuhan mereka.

13. Cantumkan metode pengiriman pada checkout page Anda – jangan menunggu hingga konsumen memasukkan alamat mereka untuk tahu pilihan mana yang sudah Anda terima.

14. Izinkan konsumen untuk memperbarui jumlah pesanan mereka maupun membatalkannya dari daftar perbelanjaan – terutama ketika konsumen masih di checkout page. Sekali lagi, semakin cepat mereka bisa mengklik tombol kembali (atau melihat ikon belanja) agar bisa menuju tempat yang mereka mau, secepat itu juga mereka akan menyerah dan menghentikan proses itu secara bersamaan, lalu meneruskan pesanan yang mereka mau.

15. Rekomendasikan mereka produk yang terkait sebelum konsumen checkout – ini adalah salah satu praktik bagus yang masih jarang digunakan, khususnya di bidang elektronik, dimana para konsumen ingin memastikan benar-benar jika apa yang mereka butuhkan adalah produk yang telah mereka pesan, mempunyai hasil yang maksimal. Tidak ada yang ingin menemukan produk yang mereka pesan adalah produk yang sudah out-of-date atau tidak recommended.

Ketika ingin memberli headphone berkualitas, situs Bose.com menjadi situs yang direkomendasikan, karena menawarkan pilihan pembayaran, menunjukkan proses, dan kemampuan untuk memperbarui daftar pembelanjaan sebelum checkout.16.  Sertakan nomor dan informasi kontak bagi konsumen yang ingin bertanya – biarkan konsumen Anda tahu cara mereka bisa menghubungi Anda via telepon maupun surel. Tidak setiap orang ingin (atau tahu cara) memanfaatkan fungsi live chat, dan terlebih jika tak ada staff yang menanganinya, pilihan untuk menyediakan informasi lewat surel dan kontak telepon dalam satu laman yang sama adalah langkah terbaik, untuk mencegah konsumen tidak jadi membeli hanya karena pertanyaan yang tak terjawab/ tak ada layanan khusus sebagai saluran untuk bertanya.

17. Tampilkan harga akhir/final sebelum checkout – banyak sekali situs e-commerce yang setuju untuk menampilkan fitur harga final ini, guna untuk mencegah konsumen agar tidak terkejut dengan harga yang naik akibat biaya pengiriman/penanganan produk/ pajak.

18. Konfirmasikan produk Anda yang masih memiliki stok dan tersedia – tidak ada konsumen yang ingin bekrunjung ke laman yang memuat produk yang akan mereka pesan, dan menemukan jika produk tersebut sudah lama kosong. Untungnya, banyak situs perbelanjaan yang sudah memiliki mesin pelacakan terhadap persediaan barang dalam pemesanan. Jika ada produk yang akan distok kembali, pastikan konsumen mengetahuinya dengan mengirimkan surel pemberitahuan kepada mereka.

19. Tampilkan status kesediaan untuk pre-order – jika konsumen Anda ingin pre-order terhadap sebuah produk, izinkan mereka untuk tahu jika itu bisa dilakukan meskipun tanggal rilis sering kali berubah-ubah. Amazon mengambil langkah terhadap tak pastinya waktu pre-order dengan menawarkan konsumen kartu kredit yang akan memberitahu konsumen kapan harga produk bisa murah saat pre order dan hari dimana produk akan dirilis. Mungkin Anda bisa mencontohnya.

20. Sertakan peringkat produk dan testimoni – tak ada yang lebih membantu peningkatan pemesanan kecuali testimoni dan penilaian konsumen terhadap produk tertentu.  Konsumen ingin tahu jika mungkin kabelnya mudah rusak, lengan baju yang terlalu panjang atau produk lainnya yang tidak bekerja sesuai iklan. Jangan biarkan mereka mengetahui itu semua di akhir-akhir.

PetCareRX memberi ruang bagi konsumen untuk menulis ulasan maupun memberikan peringkat terhadap produknya, dan ulasan tersebut muncul di sebelah kanan produk yang diulas pada halaman pemesanan.21. Sertakan pilihan untuk bungkusan kado atau pesan yang akan ditulis – tips khusus ini sangat berharga jika waktu pemesanan mendekati waktu liburan atau musim belanja; tergantung apa yang Anda jual. Banyak ‘hal kecil’ yang bisa ditambahkan sebagai sentuhan personal dari Anda yang mampu membuat konsumen mengingat toko onlie Anda. Salah satunya adalah menyediakan layanan untuk membungkus produk pesanan mereka secantik mungkin atau sesuai permintaan mereka.

22. Sertakan video produk Anda – jika dimungkinkan, tunjukkan cara perbelanjaan produk atau petunjuk bagaimana menggunakan suatu produk agar mendapatkan hasil maksimal.

Pembayaran dan Pengiriman

Di sinilah bagian dimana perbelanjaan sering kali dibatalkan, dan ini biasanya terjadi karena kegagalan Anda untuk menyertakan biaya final atas pengiririman, penanganan dan pajak pada pemesanan mereka. Berikut adalah beberapa poin krusial yang mampu mengatasi hal tersebut.

23. Menawarkan pengiriman gratis – dari waktu ke waktu, konsumen menyatakan jika faktor ini yang mampu membuat mereka memesan produk ke sebuah toko online. Namun, tidak semua pemilik toko online secara nyata mampu melakukan ini, karena biaya pengirimiman bisa memotong bottom line mereka. Tapi, jika Anda merasa bisa melakukannya dengan melihat situasi toko online Anda saat ini, coba pertimbangkan saja.

24. Tawarkan pengiriman gratis ketika konsumen telah mencapai perbelanjaan dengan harga tertentu – Anda bisa mengatur pembelanjaan harga tertentu yang memungkinkan konsumen mendapatkan pelayanan pengiriman gratis dari Anda. Jika Anda bisa memberikan pelayanan ini dengan syarat yang tidak sulit, kemungkinan besar konsumen akan meningkatkan pesanan mereka atau bahkan akan kembali memesan pada Anda di lain waktu. Jika Anda akhirnya melakukan hal ini, sertakan diagram yang menunjukkan proses atau jumlah belanjaan konsumen yang sekiranya sudah hampir memenuhi syarat.

25. Sediakan berbagai cara pengirmiman dan metode pembayaran – biarkan konsumen memutuskan sendiri seberapa cepat mereka ingin menerima pemesanan mereka. Demikian juga, tidak banyak orang yang mempunyai dan ingin menggunakan kartu kredit dalam pembayaran. Maka, Anda harus mengubah cara pembayaran para konsumen dengan menggunakan pelayanan Paypal atau Google Checkout.

26. Letakkan kode promosi terbaru langsung di situs Anda – tidak ada yang lebih buruk selain menemukan kode promosi yang sudah kadaluarsa dan kembali ke situs awal dengan pertanyaan untuk memasukkan kode promosi yang sama – yang sudah kadaluarsa tersebut. Pastikan konsumen Anda bisa tetap lama berada di situs Anda dengan memasukkan kode promosi yang benar di laman checkout Anda, bersama dengan kolom untuk mengisinya.

American Eagle memungkinkan pelanggan memilih opsi pengiriman, menampilkan kode promo (dan daftar diskon) serta menyediakan jumlah pesanan konsumen, langsung di halaman checkout27. Kemarin lalu seharga $ X, Sekarang ini seharga $ X  – setiap orang suka dengan kesepakatan yang bagus. Jika Anda bisa menunjukkan harga sebelumnya dari harga terbaru yang Anda punya, Anda akan mendorong mereka untuk menyelesaikan pesanan mereka, terlebih ketika mereka tahu jika produk tersebut sudah didiskon.

28. Konsumen Hemat Seharga $, – seperti poin di atas, jika Anda bisa menunjukan seberapa besar konsumen Anda bisa menghemat pengeluaran mereka sebelum Anda menunjukan biaya final, mereka akan lebih nyaman untuk menekan tombol checkout.

29. Sertakan Tanggal Perkiraan Pengiriman – Dalam pertukaran kode pos serta pemilihan cara pengiriman yang telah mereka pilih, itu adalah saat yang tepat untuk mencantumkan tanggal perkiraan pengiriman (khususnya ketika barang tersebut meninggalkan gudang) atau tanggal penerimaan barang ketika mereka berharap untuk segera menerimanya.

30. Buatlah Petunjuk Pengunduhan Digital yang jelas – sebagian besar artikel ini ditujukan untuk praktik e-commerce yang terbaik dalam barang-barang yang nyata, tapi jika Anda menjual barang-barang digital/perangkat lunak, banyak cara-cara/faktor yang termuat di sini masih berlaku. Di laman checkout, pastikan jika petunjuk untuk mengunduh pesanan mereka bisa tertampil dengan jelas. Jika mereka butuh software untuk membukanya, tampilkan pada mereka bagaimana cara mengunduhnya. Dan di kemudian hari nanti, jika mereka butuh untuk mengunduhnya lagi, sertakan pada mereka bagaimana cara untuk melakukannya. Jangan berasumsi jika setiap orang tahu dimana dan bagaimana cara mendapatkan/mengoperasikan Adobe Reader!

31. Jika Anda memerlukan informasi yang lebih spesifik, jelaskan pada konsumen alasannya – Konsumen akan lebih mungkin membagi informasi mereka (seperti tanggal lahir atau nomor ponsel mereka) jika Anda jelaskan pada mereka mengapa Anda membutuhkannya. Pastikan jika Anda benar-benar membutuhkannya dan bukan hanya untuk koleksi database Anda.

Bonus dan Penawaran Spesial

Setiap orang senang untuk dihargai. Dan, mendapat konsumen melalui proses checkout hanyalah salah satu caranya. Anda juga harus menyesuaikan laman checkout Anda dengan kebutuhan masa depan – atau pemasaran kembali pada konsumen yang sudah membatalkan pesanan mereka. Ikuti poin-poin di bawah ini untuk meningkatkan conversions rate pada pesanan yang akan datang.

32. Mempromosikan produk dengan ulasan-ulasan yang diberi kompensasi dengan kupon atau diskon – Dorong konsumen untuk mengulas produk Anda dengan memberi imbalan untuk mereka berupa diskon atau kupon lewat email. Semakin banyak ulasan yang terpublikasi oleh konsumen, semakin sering juga berikan mereka setidaknya sampel gratis.

33. Tawarkan program yang loyal – Hadiahi konsumen dengan poin-poin ketika mereka menulis ulasan, melakukan transaksi perbelanjaan, memberi peringkat atau aksi lain yang bisa memberi kontribusi terhadap situs Anda. Poin-poin ini bisa dilakukan dengan memberikan sampel barang gratis, kupon untuk kujungan di kemudian hari dan hadiah-hadiah kecil lainnya.

34. Lengkapi setiap pesanan dengan sampel gratis – Tergantung dengan apa yang Anda jual, ini akan menjadi faktor yang serius bagi para konsumen untuk memesan lagi pada Anda di lain waktu. Ini adalah langkah yang baik ketika Anda mengeksekusinya dalam sebuah paket khusus, seperti memasukkan sampel parfum gratis jika memesan pakaian, atau dalam contoh kasus lain di situs Freeman Beauty, sampel gratis produk kecantikan bagi tiap produk yang dipesan konsumen.

Situs Freeman Beauty memberikan konsumen sampel gratis pada keranjang belanjaan konsumen, ketika konsumen memesan produk berkategori tertentu35. Sediakan Layanan Pelanggan 24 jam, dan Garansi Produk selama SetahunZappos adalah salah satu contoh poster anak yang melakukan pelayanan baik, karena mereka melakukan setiap faktor terbaik untuk bisnis mereka – termasuk kebijakan garansi barang kembali selama setahun. Banyak sekali studi yang menunjukkan, lamanya garansi barang kembali, maka akan semakin sedikit permintaan untuk pengembalian barang atau pemintaan kembali dana. Walaupun langkah ini tidak selamanya tepat untuk bisnis tertentu, tapi bisa dipastikan langkah ini dapat menghasilkan loyalitas konsumen terhadap toko online Anda.

36. Promosikan penawaran cara pembayaran untuk produk berharga tinggi – beberapa toko online menggunakan PayPal dengan konsep ‘Bill Me Later’ sementara yang lain menawarkan pembayaran angsuran atau pembayaran ketika akhir tahun dengan harga yang sama dengan pelayanan (versus pembayaran angusran bulan ke bulan). Pertimbangkan beberapa pilihan kreatif dalam pembayaran untuk membantu Anda menjual produk Anda yang mahal.

37. Instalasi dan Setup – tergantung dengan apa yang Anda jual, Anda bisa mendorong banyak konsumen Anda untuk membeli produk Anda, jika mereka membutuhkan beberapa bantuan dalam instalasi dan setup. Ini akan menguntungkan jika yang dijual adalah produk untuk komputer serta peralatan teknisnya, dan itu sangat berharga untuk langkah awal Anda dengan konsumen.

Zappos menawarkan praktek terbaik dalam berbelanja online untuk para konsumen, termasuk pembayaran Paypal, pengiriman gratis, jaminan berbelanja yang aman dan fasilitas live chat.38. Biarkan konsumen mengatur sendiri berita pemberitahuannya – Anda bisa meningkatkan kesempatan agar mereka kembali lagi ke toko online Anda dan melakukan perbelanjaan (atau perbelanjaan lainnya) jika Anda membiarkan mereka untuk membuat surel atau pesan singkat yang akan dikirim pemberitahuan terbaru dari situs Anda. Misalnya, mereka bisa minta untuk diberitahu ketika ada produk yang sudah hampir habis, atau notifikasi ketika produk yang mereka inginkan sudah tersedia. Biarkan mereka memilih bagaimana cara dan kapan mereka ingin menerima berita pemberitahun tersebut, dan Anda akan mendapat banyak konsumen.

39. Tingkatkan penjualan dengan gift card – strategi ini umum digunakan ketika musim libur Natal, tapi juga bisa berhasil di beberapa tipe penjualan dan musim-musim lainnya. Pilihan untuk menambahkan gift card pada tiap pemesanan mereka atau mendapat diskon harga sebesar $X jka merekamemesan dengan menambahkan gift card, bisa meningkatkan total penjualan di toko online Anda dengan pertimbangan gift card yang ditawarkan adalah bentuk digital.

40. Jika tak ada Upsell, maka Downsell – Jika konsumen menolak tawaran upsell, pemesanan konsumen tidak serta-merta hilang begitu saja/dibatalkan. Coba cara downsell versi ‘lite’, dimana menawarkan masa langganan terhadap upsell, agar konsumen bisa mencicipi apa itu upsell. Setidaknya ini membantu Anda untuk mendapatkan uang walau tidak sebanyak yang Anda harapkan.

Crutchfield menampilkan tawaran untuk gift card, aksesoris gratis, jumlah biaya yang dihemat, dan pengiriman gratis serta pemberitahuan stok barang di halaman pembelanjaannya

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *