4 Cara Membuat Lookalike Audiences di Facebook untuk Menjangkau Audience Lebih Banyak

Apakah Anda ingin menjangkau lebih banyak pelanggan lewat Facebook ads?

Anda mencari cara yang kreatif untuk menjangkau orang-orang seperti customer ideal Anda?

Lookalike audiences dapat membuat audience baru dengan menggunakan data audience yang sudah ada seperti orang yang melihat video Anda atau orang yang pernah melakukan pembelian.

Dalam artikel ini, Anda akan memahami bagaimana lookalike audiences Facebook dapat menscale targeting ads Anda.

4 Cara Membuat Lookalike Audiences di Facebook untuk Menjangkau Audience Lebih BanyakApa itu Lookalike Audiences Facebook?

Lookalike audiences Facebook merupakan pilihan targeting yang melebihi fungsi targeting berdasarkan interest dan demografis. Saat ini, lookalike audiences merupakan tool targeting yang paling efektif untuk menemukan customer ideal Anda.

Inti dari lookalike audiences adalah sumber audience yang akan dijadikan sebagai lookalike audience. Facebook mengambil semua data dari sumber audience dan menemukan orang baru yang serupa dengan menggunakan sampel dari populasi di negara yang Anda pilih.

cl-facebook-create-lookalike-audience-options

Tidak seperti targeting berdasarkan interest, dengan lookalike audiences Anda bisa membuat sumber audience, yang memberikan Anda kendali. Hasilnya Anda bisa mendapatkan audience dengan kualitas lebih baik karena Anda bisa menemukan audience baru yang hampir sama dengan audience Anda yang sudah ada.

Lookalike audience sangat tepat digunakan untuk menargetkan cold audiences yang berada di bagian atas sales funnel. Contohnya, Anda bisa menjalankan campaign konten funnel paling atas untuk semua lookalike audiences yang Anda buat. Cara ini akan membuat mereka menjadi warm audiences karena Anda membawa mereka ke funnel bawah.

Inilah cara membuat empat tipe lookalike audiences.

#1: Membuat Video Lookalike Audience

User Facebook menonton 100 juta jam video di platform setiap harinya, jadi bukan kejutan lagi kalau video menjadi konten terbaik di Facebook.

Dengan video Anda bisa membangun brand recognition dan brand trust dengan target audience Anda secara cepat. Jika Anda menjalankan strategi konten menggunakan video dan ingin scale campaign agar menjangkau orang lebih banyak, dengan lookalike audiences Anda bisa menemukan orang baru berdasarkan audience yang sudah menonton video Anda.

cl-facebook-tasty-video

Sebelum membuat video lookalike audience, Anda harus membuat custom audience untuk video, yang akan menjadi sumber audience untuk lookalike.

Membuat Custom Audience untuk Video

Custom audience video dibuat untuk mensegmentasi viewer berdasarkan video apa yang mereka tonton dan level engagement mereka.

Untuk membuat custom audience, buka Facebook Ads Manager dan masuk ke dashboard Audiences. Anda bisa mengakses lewat menu dan klik ‘All tools’.

cl-facebook-create-custom-video-audience-1

Di bawah ‘Assets’, klik ‘Audiences’.

cl-facebook-create-custom-video-audience-2Selanjutnya klik ‘Create Audience’ dan pilih ‘Custom Audience’ dari menu drop-down.

cl-facebook-create-custom-video-audience-3

Anda akan melihat pilihan custom audience di pop-up box. Pilih ‘Engagement on Facebook’.

cl-facebook-create-custom-video-audience-4

Selanjutnya pilih Video.

Anda akan melihat box untuk membuat custom audience. Pilih kriteria engagement yang diinginkan dari drop-down list Engagement dan pilih video yang ingin dibuat audience-nya.

cl-facebook-create-custom-video-audience-5

Tentukan periode waktunya, beri nama untuk audience, lalu klik ‘Create Audience’.

cl-facebook-create-custom-video-audience-6

cl-facebook-create-custom-video-audience-7

Anda bisa membuat audience untuk semua video views pada setiap level engagement: 3 detik, 10 detik, 25%, 50%, 75%, dan 95%. Untuk membuat masing-masing audience, Anda tinggal ulangi proses di atas untuk setiap pilihan engagement.

Membuat Lookalike Audience dari Video

Sekarang Anda sudah siap membuat lookalike audience. Masuk kembali ke ‘Ads Manager’ lalu ke dashboard ‘Audience’ dan pilih ‘Creatu Audience’. Dari menu drop-down pilih ‘Lookalike Audience’.

Pada pop-up ‘Create a Lookalike Audience’ Anda akan melihat tiga kolom: Source, Country, dan Audience Size. Untuk source, pilih custom audience video yang sudah Anda buat sebelumnya.

cl-facebook-create-video-lookalike-audience-1

Lalu pilih country. Biasanya ini negara di mana mayoritas audience Anda berada.

cl-facebook-create-video-lookalike-audience-2

Terakhir pilih ukuran audience Anda. Ukuran audience mulai dari 1%-10% dari total populasi di negara yang Anda piilh. Jika memilih 1% artinya Anda memilih audience yang paling mirip dengan sumber audience Anda. Pertama-tama Anda bisa mulai dari 1% dan menambah ukuran audience ketika ingin scale campaign untuk menjangkau orang lebih banyak.

Kalau sudah selesai, klik ‘Create Audience’. Anda akan menerima notifikasi ketika lookalike audience yang dibuat sudah siap digunakan, biasanya dalam waktu 30 menit.

#2: Membuat Lookalike Audiences dari Email List

Lookalike audiences berdasarkan email seringkali memberikan hasil terbaik. Kenapa? Karena Anda bisa mengambil customer list yang sudah ada dan menggunakannya sebagai sumber untuk membuat lookalike audience, atau dengan kata lain mengkloning customer Anda.

Sama seperti lookalike audiences untuk video, pertama Anda perlu custom email audience dari subscriber/customer sebelum Anda membuat lookalike audience berdasarkan email.

Membuat Custom Audience Berdasarkan Email List

Sama seperti sebelumnya, masuk ke dashboard ‘Audiences’, klik ‘Create Audience’ dan pilih ‘Custom Audience’ dari menu drop-down. Pada box pop-up pertama, pilih ‘Customer File’.

cl-facebook-tasty-video

Anda punya dua pilihan untuk menambahkan data email: upload file/copy paste dari email list, atau import dari MailChimp. Jika memilih upload file, pilih ‘Choose a File or Copy and Paste the Data’.

Selanjutnya upload email list (di contoh ini dalam format CSV)

cl-facebook-create-custom-email-audience-3

Lalu petakan identifier Anda. semakin banyak identifier yang digunakan akan semakin baik tingkat kecocokannya. Pada contoh ini, kita menggunakan First Name, Last Name, dan tentu saja, Email Address.

cl-facebook-create-custom-email-audience-4

Setelah mengklik ‘Upload & Create’, Anda akan melihat bar proses dan berapa banyak baris data yang sukses diupload.

Sekarang klik ‘Create a Lookalike Audience’ di bawah ‘Next Steps’.

cl-facebook-create-custom-email-audience-5

Membuat Lookalike Audience dari Email

Dalam box ‘Create a Lookalike Audience’, Anda akan melihat custom audience yang sudah dibuat dalam kolo ‘Source’.

Pilih negara yang ditargetkan (dari mayoritas audience dalam email list) dan pilih ukuran audience. Cobalah mulai dari 1% lookalike audience dan baru scale up perlahan. Lalu klik ‘Create Audience’.

cl-facebook-create-email-lookalike-audience

#3: Membuat Lookalike Audiences dari Conversion

Lookalike audiences dari Conversion bisa menemukan target audience baru dengan menggunakan website custom audience dari orang-orang yang sudah melakukan conversion tertentu.

Contohnya, jika bisnis ecommerce Anda sedang mengadakan promo lead magnet, buatlah website custom audience dari orang-orang yang sudah opt-in untuk mendapatkan kode diskon. Lalu gunakan audience ini sebagai sumber lookalike audience Anda.

cl-ecommerce-lead-magnetSebelum membuat sumber audience untuk lookalike audience Anda, pastikan Anda sudah memasang dan menginstall conversion tracking.

Sama seperti lookalike audience dari video dan email, Anda perlu membuat sumber audience terlebih dulu. Sumbernya bisa berupa orang-orang dari website custom audience yang sudah melakukan action tertentu.

Membuat Website Custom Audience untuk Conversions

Pada dashboard Audience di Facebook Ads Manager, klik ‘Create Audience’ dan pilih ‘Custom Audience’ dari menu drop-down. Dalam box pop-up pilih ‘Website Traffic’.

cl-facebook-create-website-custom-audience-1

Dari menu drop-down ‘Website traffic’, pilih ‘Custom Combination’.

cl-facebook-create-website-custom-audience-2

Klik menu drop-down URL dan pilih ‘Event’.

cl-facebook-create-website-custom-audience-3

Pilih event sebagai sumber audience yang diinginkan (misalnya, Lead). Anda akan melihat daftar action event yang saat ini dilacak menggunakan pixel Facebook.

cl-facebook-create-website-custom-audience-4

Dalam kolom ‘In the Last’, masukkan parameter waktu berapa lama setelah audience melakukan action tertentu. Misalnya, Anda bisa memilih 120-180 hari untuk mendapat jumlah audience maksimum.

Terakhir, pastikan box ‘Include Past Website Traffic’ sudah dipilih, beri nama audience, dan klik ‘Create Audience’.

Membuat Lookalike Audience dari Conversion

Sekarang masuk ke dashboard Audiences, klik ‘Create Audience’ dan pilih ‘Lookalike Audience’ dari menu drop-down.

Pada box ‘Create a Lookalike Audience’, pilih website custom audience yang sudah dibuat dari kolom ‘Source’.

cl-facebook-conversion-lookalike-audience

Lalu pilih negara dan ukuran audience.

Dan terakhir, klik ‘Create Audience’ dan tunggu sampai Facebook membuat lookalike audience, biasanya sekitar 30 menit. Saat lookalike audiences sudah siap digunakan, Anda akan menerima notifikasi dan muncul di dashboard Audiences.

 

#4: Membuat Lookalike Audiences dari Page

Lookalike audiences untuk page likes paling mudah dibuat karena Anda tinggal membuat audience dari fans Facebook page Anda. Jika Anda punya banyak fans yang engage dalam post organic secara aktif, lookalike audience untuk page like sangat tepat Anda gunakan untuk menemukan target audience baru.

Berbeda dari tiga lookalike audiences sebelumnya, Anda tidak perlu membuat sumber audience.

Dalam dashboard Audience di ‘Facebook Ads Manager’, klik ‘Create Audience’ dan pilih ‘Lookalike Audience’. Pada box ‘Create a Lookalike Audience’, pilih nama page dari drop-down list.

cl-facebook-page-likes-lookalike-audience

Lalu pilih negara dan ukuran audience yang ditargetkan.

Tips: Dengan lookalike audiences, semakin besar sumber audience, semakin baik kualitas dari lookalike audience yang dibuat (karena ada lebih banyak data yang bisa digunakan). Setidaknya harus ada 1,000 orang dalam sumber audience untuk membuat lookalike audience yang baik.

Kesimpulan

Salah satu keuntungan menggunakan lookalike audiences adalah Anda dapat scale up campaign dengan cepat dan mudah. Karena Anda membuat lookalike audiences berdasarkan sampel dari orang-orang dalam negara yang ditargetkan (dari 1% sampai 10%), Anda bisa mulai dari 1%, dan saat reach Anda semakin besar, tambahkan menjadi 2% audience, dan selanjutnya.

Sumber: socialmediaexaminer.com

 

Baca Juga

8 Fitur Ad Targeting yang Penting di Digital Marketing Saat Ini

Cara Menggunakan Facebook Ads Conversion Pixel untuk Melakukan Tracking Transaksi E-commerce oleh @WishpondID

Retargeting Iklan PPE (Page Post Engagement) Facebook tanpa Tools

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *