20 Tips untuk Mempercepat Penjualan Ecommerce / Toko Online Anda

Black Friday dan Cyber Monday akan segera datang dan retailer ecommerce akan segera melihat bagaimana persiapan mereka selama ini dibandingkan dengan penawaran yang dimiliki kompetitor.

Untuk memanfaatkan promosi selama masa liburan, pembeli biasanya mengerti bahwa mereka harus menambahkan produk ke shopping cart dan melakukan checkout saat itu juga agar tidak kehabisan produk atau tidak mendapatkan harga promosi. Sedangkan selama tidak promosi, pembeli menambahkan produk ke carts dengan harapan mendapat promosi untuk menarik mereka kembali dalam menyelesaikan transaksinya. Mereka juga tahu bahwa isi shopping cart tidak akan hilang, sehingga mereka bisa kembali kapan saja. Inilah beberapa praktek untuk mendorong pembeli agar melakukan proses transaksi lebih cepat.

1. Sediakan metode pembayaran

Orang yang berbelanja pada waktu terbatas, mungkin siap untuk melakukan transaksi tapi jika memilih pembayaran via kartu kredit, proses conversionnya bisa melambat – sampai waktu yang mereka inginkan – atau tidak menyelesaikan transaksinya karena lupa. Dengan menawarkan metode pembayaran seperti PayPal atau digital wallet, pembeli bisa checkout dengan cepat tanpa meninggalkan layar laptop atau ponsel mereka.

sediakan-pilihan-pembayaran-seperti-paypal

2. Sediakan pilihan pembayaran cicilan

Terkadang ketika seseorang menyelesaikan pembelian mereka atau tidak bukan karena retailer tapi situasi si pembeli tersebut. Contohnya, mungkin mereka ingin membeli headphone yang mahal untuk remaja tapi budgetnya tidak sesuai. Dengan menawarkan cicilan pembayaran, visitor akan lebih mungkin menyelesaikan transaksi mereka. SplitIt menawarkan fungsi ini untuk situs ecommerce.

sediakan-pilihan-pembayaran-cicilan

3. Tawarkan insentif

Mengapa Anda harus menunggu user buka email atau mengunjungi situs lain untuk melakukan retargeting existing visitor? Dengan memberikan insentif untuk melakukan pembelian sebelum mereka pergi, mereka bisa saja mempertimbangkan tawaran Anda (bonus poin jika kode promosinya diaplikasikan secara otomatis sehingga mereka tidak perlu mengcopy dari email atau manapun)

berikan-insentif-untuk-customer

4. Checkout sebagai guest

Jangan sampai pembeli meninggalkan situs Anda hanya karena Anda meminta mereka membuat akun. Dengan membiarkan mereka checkout sebagai guest, kemungkinan mereka convert akan lebih besar.

pilihan-checkout-as-a-guest

5. Masukkan timer

Kita semua termotivasi dengan waktu dan ketika pembeli melihat promosi akan berakhir dalam waktu tertentu, mereka akan terburu-buru dan melakukan pembelian lebih cepat. Banyak platform ecommerce yang menawarkin plugin timer ini seperti Shopify.

countdown-clock

6. Soroti produk yang jumlah itemnya terbatas (scarcity)

Tinggal lima gaun yang tersedia? Biarkan customer tahu ada stock terbatas untuk produk tersebut, yang seharusnya membuat mereka melakukan pembelian lebih cepat jika produk tersebut benar-benar mereka inginkan atau butuhkan. Fabletics melakukan hal ini di shopping cart, yang merupakan cara cerdas dalam membuat orang melakukan action lebih cepat. Dalam hal yang sama, jika sebuah produk habis dan muncul di hasil pencarian produk, retailer sebaiknya menambahkan pilihan untuk visitor agar diberi notifikasi ketika stoknya sudah tersedia.

low-inventory-persediaan-terbatas

7. Terapkan “beli ___ untuk mendapatkan saat ___”

Pembeli biasanya sedang dihadapkan dengan deadline selama bulan November dan Desember, jadi sebaiknya Anda menunjukkan promosi “harus beli saat” sehingga mereka tidak kelewatan event penting.

contoh-promosi

8. Berikan badge untuk produk Anda

Setiap retailer memiliki produk best seller, produk dengan stok terbatas, produk baru dan lainnya. Dengan mencantumkan “badge” untuk produk tersebut pada halaman pencarian dan halaman produk, merupakan cara yang baik untuk menyoroti keunikan produk dan bisa membuat orang membeli karena mereka menyadari bahwa orang lain menyukai produk ini. Provider solusi seperti Monetate memberikan cara untuk mempersonalisasi badge berdasarkan visitor.

monetasi-penjualan-dengan-badge-produk

9. Kirimkan promosi harian (deal of the day)

Amazon melakukan hal ini ketika menjelang masa liburan, atau disebut dengan penawaran”Deal of the Day”, di mana produk pilihan tersedia dalam harga promosi untuk waktu 24 jam saja.

promosi-ecommerce-deal-of-the-day

10. Tampilkan aktivitas real-time

Entah menampilkan social feed yang berisi orang-orang membicarakan produk Anda atau sesama pembeli yang sedang berbelanja saat itu, menampilkan aktivitas real-time akan menciptakan sense of urgency pada sebuah situs.

tampilkan-aktivitas-real-time-di-website-ecommerce

10+ Ide Lainnya

  • Gunakan copy yang tepat – termasuk kata-kata seperti: cepat, deadline, sekarang
  • Pertimbangkan flash sale – pilih periode waktu di mana produk tertentu akan diobral (dengan diskon yang sangat besar)
  • Retarget – jika seseorang meniggalkan situs tanpa melakukan pembelian, ingatkan mereka untuk menyelesaikan pembelian dengan iklan melalui berbagai channel atau platform yang mereka kunjungi
  • Persaingan harga – meskipun hal ini lebih sulit dilakukan online, retailer bisa mempertimbangkan cara untuk bersaing harga dengan kompetitor mereka.
  • Social share – berikan cara bagi konsumen untuk membagikan kepada temannya apa yang akan mereka beli sehingga produk tersebut sudah diingat dalam benak konsumen
  • Berikan points – adakan program loyalty yang memberi reward atas pembelian mereka dan pastikan untuk menyebutkan berapa banyak point yang didapat dari order yang baru dilakukan
  • Eksperimen dengan warna – gunakan warna yang berkaitan dengan urgency seperti merah untuk menyasar psikologi konsumen
  • Sesuaikan call-to-action – buatlah tombol CTA lebih besar dan jelas agar orang bisa mengklik dengan mudah
  • Situs mobile friendly – biarkan konsumen melakukan transaksi lebih mudah melalui device mereka
  • Produk bundle – buatlah produk Anda lebih menyenangkan dengan menyediakan paket produk yang serupa agar conversion lebih cepat terjadi
  • Kerjasama dengan influencer – berikan nama yang mudah dikenali dalam kode promosi Anda yang bisa dibagikan kepada audience influencer dalam waktu terbatas
  • Dapat berbelanja di social feeds – pertimbangkan social shopping agar orang bisa berbelanja melalui platform di mana mereka berada saat itu

Sumber: websitemagazine.com

Baca Juga

5 Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Product Review

Meningkatkan Omzet Bisnis Online : Cara Meningkatkan Conversion Rates Melalui Landing Pages yang Menarik

Panduan Cara Membuat Halaman Produk Toko Online yang Dapat Meningkatkan Conversion dan Penjualan Online Anda

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *