Stop Bangun Asset Digital Anda di Platform Orang Lain!

Brian Arfi Faridhi, apps developer dan penggelut SEO founder Firzil.co.id, menjabarkan alasannya mengapa kita harus membangun platform sendiri untuk bisnis Anda.

Dari 2011 sudah sering saya bilang, bangun digital asset diatas platform orang lain, terutama grup facebook, itu NGERI ABIS! track recordnya memang gini. Seringkali ada perubahan yang kemudian berimpact negatif dahsyat ke asset kita disana.

Instagram baru merubah algoritma untuk menampilkan post. Kemarin Line juga gini, kasih batasan post kan?

Terus solusinya gimana? Bangun digital asset di atas platform kita sendiri. Memang biaya setup dan bangunnya lebih mahal, tapi lebih stabil dan semua kita kontrol sendiri.

  1. Contoh, daripada promote untuk ikut grup di wa atau join channel di telegram, kenapa nggak bikin aplikasi sendiri untuk bangun asset kita? Memang lebiih mahal bikinnya, dan sedikit lebih repot untuk ngajak orang install, tapi begitu install efeknya:
    Branding lebih bagus, karena app pake logo kita sendiri dan nama yang kita inginkan
  2. Konten di app sepenuhnya kita yang kontrol, kita gak bersaing dengan konten orang lain seperti di wagroup ato di tg channel.
  3. Kita bisa kirimkan notifikasi juga dengan bebas pada user kita
  4. Kita bisa dapatkan data user dan tahu behaviour penggunaan mereka.
    dan yang paling penting,
  5. Bebas dari risiko perubahan kebijakan yang menyebabkan kita kehilangan kemampuan untuk monetisasi atau manage asset kita.

Para motivator, coach, trainer atau Brand, atau UKM, yang punya channel di youtube, telegram, line, whatsapp, atau anda organisasi dakwah, DKM, atau non profit, atau punya TV dakwah, radio dakwah, dll yang mau bikin app sendiri untuk mulai bangun digital asset yang solid, yuk ngobrol! Siapa tahu kami dari Firzil.co.id bisa bantu dan kita sinergi insya Allah

1 thought on “Stop Bangun Asset Digital Anda di Platform Orang Lain!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *