Sharing Fotograferid.com dalam Berbagi Ilmu di Event Buattokoonline.id

fotograferid.com di event buattokoonline.id

Sungguh luar biasa kesempatan yang diberikan dari startupbisnis.com buat kami fotograferid.com, antusias yang luar biasa pula dari peserta membuat kami lebih bergairah dalam membagikan ilmu fotografi, dalam hal ini khusus untuk UKM, yaitu fotografi sederhana. Dimana biasanya komunitas UKM membutuhkan teknik foto berbiaya murah namun dengan hasil yang maksimal.

Hal pertama yang kami sharing adalah tentang teori fotografi dasar, dimana ini suatu keharusan untuk mengetahui dasar-dasar fotografi sebelum mempraktekkannya.

Kemudian kami terapkan teori tentang window lighting, dikarenakan di dalam ruangan tidak ada jendela yang tertembus cahaya matahari maka kami berinisiatif menggunakan sumber cahaya lampu neon dan kertas roti sebagai diffuser. Kita bisa bandingkan antara foto 1, 2 dan 3. Foto pertama diambil dengan satu sumber cahaya, foto kedua ditambah dengan reflector sirver disamping kiri, dan foto 3 diisi bagian depannya dengan reflector sebelah kanan depan. Kita bisa lihat juga hasil akhirnya setelah diproses di photoshop.

contoh produk buattokoonline.id

belajar fotografi produk buattokoonline.id
Taaraa… dengan sedikit sentuhan edit di photoshop produk sepatu UKM ini sudah naik kelas, dengan teori sederhana, dengan teknik yang benar, murah namun gak murahan hasilnya. UKM Indonesia bisa….!!!!

Di sesi selanjutnya kami menggunakan dlb (diffused lighting box) disain kami walau masih bersifat prototype namun tidak kehilangan fungsinya, idenya adalah agar memudahkan para UKM ataupun Food Blogger untuk mendapatkan hasil foto professional dengan alat sederhana yang bisa mobile. Dengan alat ini kita cukup menggunaan satu sumber cahaya yaitu eksternal flash. (lihat foto)

praktek fotografi produk buattokoonline.id

 

Banyak hal yg bisa dilakukan dengan alat ini asal produknya muat di dalam box-nya saja, variasi angle juga beragam, baik dari top, medium maupun low. Dengan menggunakan alat ini kita juga bisa merekam cahaya ruangan jika perlu, serta mampu merekam ambien resto ataupun tempat dimana kita memakukan pemotretan sebagai identitas dibagian background, karena bagian belakang sengaja didesain terbuka. Kita bisa lihat perbandingan foto asli dan yang sudah diedit, serta perbandingan foto produk menggunakan window lighting dengan dlb. (Lihat foto)

helm contoh produk workshop buattokoonline.id

 

sampel produk buattokoonline.id
Foto ini menggunakan dlb dengan satu flash

 

belajar fotografi produk buattokoonline.id
Foto ini menggunakan window lighting / lampu neon sebagai sumber cahaya

Apakah berbeda hasilnya? Jawaban kami 11-12, artinya tipis banget, keduanya bisa digunakan untuk foto produk Anda.

1 thought on “Sharing Fotograferid.com dalam Berbagi Ilmu di Event Buattokoonline.id”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *