Setting URL Cannonicalization www dan non www di Google Search Console untuk Toko Online

Salah satu pekerjaan rutin saya dalam mengelola buattokoonline.id adalah “mengaudit” sekitar 30 website UKM per bulan untuk memberikan advice kepada UKM menaikkan traffic dan omzet. Karena begitu banyak UKM tidak tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menaikkan traffic, padahal di sisi lain mereka sudah melakukan apapun yang mereka bisa, misalnya mengupload banyak konten.

Pemilik UKM toko online tentu saja tidak punya resource untuk menghire ex digital marketer dari Rocket Internet Lazada, maka dalam banyak kasus mereka harus jadi “one man show”, harus ngerti sourcing barang dan tahu digital marketing, maka di sinilah program buattokoonline yang disupport oleh DOKU Payment Gateway berperan penting.

Salah satu case yang saya temui di Hikmahherbal.com, salah satu toko online yang menjual herbal, adalah kontribusi keyword untuk search traffic yang tidak enak dilihat seperti ini :

 

www dan non www seo toko online

 

Website ini memiliki hampir 1000 halaman yang terindeks di Google, cukup aneh jika hanya satu keyword mendominasi traffic.

Keanehan lainnya adalah Alexa ranknya yang amat sangat buruk untuk seukuran website yang sudah mengupload 1000 konten, saya kan punya beberapa website jadi paling tidak punya feeling bagaimana seharusnya website yang sudah mengupload banyak konten.

Setelah beberapa minggu berlalu, barulah saya ketemu perkiraan sebabnya (baru perkiraan saja, mungkin ada sebab lainnya). Ternyata dalam case toko online yang ini situasinya adalah sbb

Jika buka di browser www.domainanda.com yang terbuka adalah www.domainanda.com

Jika buka di browser domainanda.com yang terbuka adalah domainanda.com

Ini adalah setting yang salah, karena Google tidak tahu versi mana yang harus dibaca (www atau non www) sehingga kedua-duanya dibaca oleh Google dan terjadi duplicate content.

Ini disebut URL Cannonicalization, “cannoliz….” benar-benar istilah yang aneh untuk manusia biasa. Anda bisa membaca posting jadul Matt Cutts di https://www.mattcutts.com/blog/seo-advice-url-canonicalization/

 

Bagaimana cara memperbaikinya ?

Langkah Pertama, Anda bereskan dulu HTTPS dari website Anda, bisa baca di : https://buattokoonline.id/tutorial-dan-cara-setting-ssl-website-untuk-mengupgrade-website-anda-dari-http-jadi-https/

Langkah kedua, Anda harus melakukan “claim” dengan tombol “Add site” di Google Search Console

Jika domain Anda adalah tokobaju.com, berarti Anda harus meng-claim 4 property di Google search console :

  1. Https://www.tokobaju.com
  2. Https://tokobaju.com
  3. Http://www.tokobaju.com
  4. Http://tokobaju.com

Lalu masuk ke satu-satu setting site tersebut (keempat-empatnya di search console setelah Anda add site)

Pilih site setting (tombol gerigi di kanan atas)

google search console utk toko online

Pilih preferred domain. Pilih salah satu versi, mau WWW atau non WWW

search console ecommerce online shop

 

Baca Juga : 

Cara Memasang Google Webmaster Tool dan 5 Fitur Penting Yang Anda Perlu Tahu Dari Google Webmaster Tool

Lazada Saja Sudah Gunakan Strategi UKM untuk Meningkatkan Omzet, Masa Anda Yang UKM Tidak ?

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *