Perayaan Keagamaan manakah yang Paling Berpengaruh terhadap e-commerce di Asia Tenggara? [Infografis]

Perayaan keagamaan adalah momen penting dan berharga untuk masyarakat di Asia Tenggara. Hari-hari besar seperti tahun baru Imlek, Idul Fitri, Thaipusam, Songkran, Waisak dan Natal akan selalu menjadi momen untuk masyarakat menghabiskan waktu dengan keluarga.

Salah satu hal yang sering dilakukan dalam ketika menghabiskan waktu bersama keluarga adalah belanja. Tren belanja di masyarakat Asia Tenggara  sudah mulai berubah, jika sebelumnya semua aktivitas belanja dilakukan secara langsung, saat ini masyarakat sudah mulai melakukan transaksi online. Contohnya di Indonesia, hari lebaran atau hari raya identik dengan membeli baju baru. Atau natal yang tidak lengkap tanpa hadiah bagi sanak saudara, atau Chinese new year yang harus memakai baju merah atau baju baru.

Survey dari Bain & Company mengenai belanja online di Asia Tenggara, menyebutkan bahwa dari dari 150 juta konsumen digital di Asia Tenggara, 100 juta nya sudah melakukan pembelian barang secara online. Sisanya, 50 juta konsumen sudah melakukan riset, namun belum melakukan transaksi.

Di Indonesia sendiri sebanyak 76% pengguna internet sudah melakukan transaksi online dan rata-rata sudah menghabiskan uang sebesar 5.5 juta rupiah selama satu tahun. Survey yang dilakukan oleh Greenber Brand Strategy juga mengungkapkan bahwa 48% dari pembelanja online berada di usia 18-30 tahun.

Salah satu e-commerce Asia, iPrice, melakukan survey menarik mengenai hari-hari besar keagamaan dan juga pengaruhnya terhadap e-commerce di Asia Tenggara. Berikut pemaparan datanya:

survey-perayaan-keagamaan-terhadap-ecommerce-di-vietnam-filipina-indonesia-oleh-iprice

Baca Juga

Belanja Online Tanpa Kartu Kredit Bersama Bhinneka.Com dan Kredivo

Apa Saja Sebab Customer Mengabaikan Keranjang Belanja ? Pelajari Penelitian Tentang “Cart Abandonment eCommerce 2016” Berikut ini

Struktur Email Untuk Me-Recover Cart Abandonment dan Meningkatkan Penjualan Toko Online

1 thought on “Perayaan Keagamaan manakah yang Paling Berpengaruh terhadap e-commerce di Asia Tenggara? [Infografis]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *