Pasang Iklan di Facebook Secara Mudah dengan Cheat Sheet Ini

Ketika Anda menjelajahi Facebook dan Google, biasanya Anda tertarik untuk mengklik iklan (biasanya iklan pakaian). Artinya, iklan tersebut berhasil membuat Anda mengklik dan convert. Jika memposisikan diri sebagai pengiklan atau perusahaan yang menjalankan iklan, Anda harus bisa menentukan tipe iklan mana yang sesuai untuk bisnis dan audience Anda.

Jika Anda baru mulai menggunakan iklan Facebook, mungkin Anda kesulitan untuk memahami berbagai fiturnya, seperti apa bedanya iklan carousel dan canvas? Bagaimana caranya agar iklan Anda bisa dinamis?

Baca Juga: Belajar Membuat Iklan di Facebook dengan Mengenal Struktur Campaign di Facebook

Dalam post ini, Anda akan mendapat pemahaman untuk setiap detail mengenai iklan Facebook beserta contoh untuk setiap tipe iklan Facebook tersebut. Mari kita mulai!

Tipe Iklan Facebook: Traffic dan Conversion

Jenis iklan ini dirancang untuk mengajak orang mengunjungi website atau Facebook Page Anda serta untuk meningkatkan konversi, yang dapat dilacak menggunakan pixel.

Jenis Iklan Facebook Click to Website dan Website Conversions

Jika Anda ingin mengarahkan pengunjung dari Facebook untuk mengklik ke situs Anda dan convert, tipe iklan Facebook ini cocok untuk Anda. Iklan ini akan meminta pengunjung untuk menyukai Facebook page Anda, dan kemudian mengklik ke website. Anda juga dapat menambahkan tombol CTA (Call to Action) di kanan bawah.

meningkatkan penjualan online dengan Facebook Marketing

contoh-iklan-facebook-tipe-traffic-conversion-click-to-website-website-conversion

Jenis Iklan Facebook Carousel

Iklan tipe Carousel akan menampilkan 3-5 gambar dan / atau video, headlines dan link atau tombol CTA dalam satu iklan. Penonton dapat menelusuri iklan secara horizontal di desktop atau vertikal di ponsel. Jenis iklan ini dapat digunakan untuk menampilkan produk atau aplikasi tertentu, untuk menjabarkan sebuah cerita melalui gambar atau satu buah gambar yang panjang dan high-quality.

cara-membuat-iklan-facebook-carousel-tipe-traffic-conversion-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions

contoh-iklan-facebook-carousel-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-click-to-website-website-conversion

Mobile News Feed Ads

Jenis iklan ini merupakan langkah pertama menuju iklan Canvas (lihat di bawah untuk keterangan lebih lanjut). Iklan ini juga akan memberikan pengalaman untuk pengguna yang mengakses Facebook melalui mobile. Audience Anda akan diberikan pilihan untuk mengklik iklan, yang Akan mengarahkan mereka ke iklan Canvas.  akan mendapat pilihan untuk mengklik iklan, dan kemudian akan mengarahkan mereka menuju sebuah iklan canvas.

cara-membuat-iklan-facebook-mobile-news-feed-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions

contoh-iklan-facebook-mobile-news-feed-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions

Canvas Ads

Facebook menyebut iklan Canvas sebagai “pengalaman mendalam dan ekspresif di Facebook untuk setiap bisnis. Iklan jenis ini akan membantu mereka untuk menceritakan kisah dan menampilkan produk-produk mereka.” Setelah audience diarahkan ke sebuah iklan canvas, Anda memiliki banyak pilihan untuk mendeskripsikan bisnis dengan beberapa tombol CTA, teks, gambar, dan video. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai iklan ini, simak penjelasan dari Facebook berikut ini!

iklan-facebook-canvas-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions

contoh-iklan-facebook-canvas-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions-1 contoh-iklan-facebook-canvas-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions-2 contoh-iklan-facebook-canvas-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions-3


Jenis Iklan Facebook Product Set

Tipe iklan Facebook ini menunjukkan produk dari katalog yang paling diminati oleh calon pelanggan yang telah ditargetkan. Katalog tersebut dibuat oleh Facebook untuk  menyesuaikan pengalaman pelanggan bagi setiap produk katalog, yang bisa diupload ke Facebook. Biasanya sebuah katalog berisi deskripsi masing-masing produk, ID, nama, kategori, ketersediaan, URL produk, URL gambar dan atribut produk lainnya.

Anda juga dapat menempatkan Facebook pixel di website untuk melacak berapa banyak calon pelanggan yang melihat produk tersebut, menambahkan produk tersebut ke keranjang belanja mereka, atau membeli produk tersebut. Berikut beberapa langkah untuk menampilkan iklan ini dengan data yang relevan:

  • Pengiklan harus meng-upload katalog produk.
  • Pixel perlu diatur dengan benar sehingga iklan canvas dapat menampilkan gambar produk terbaik dengan dinamis. Saat ini, pengiklan tidak dapat memilih urutan produk yang muncul, Facebook menentukan urutan tampilan produk secara acak.
  • Iklan ini bisa menampilkan sampai dengan 40 produk.
  • Untuk mengetahui lebih jelas mengenai iklan ini, silahkan baca disini.

iklan-facebook-product-set-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-clicks-to-website-website-conversions

Page Post Engagement

Jenis iklan ini mendorong seseorang untuk berinteraksi dengan iklan melalui kolom komentar, tombol share, dan reaksi terhadap iklan tersebut. Dengan mendorong engagement para pengunjung, Facebook page Anda dapat menjangkau lebih banyak orang – baik itu audience, teman mereka, teman dari teman, dan lainnya. Iklan Facebook tipe ini menjadi lebih penting karena adanya perubahan pada News Feed Facebook.

iklan-facebook-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-page-post-engagement

contoh-iklan-facebook-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-page-post-engagement

Page Likes

Mirip dengan page post engagement, tipe iklan ini dirancang agar audience mengklik tombol like pada Facebook page yang Anda miliki, sehingga ke depannya mereka akan terlibat lebih banyak dengan postingan dalam page Anda. Jika Anda mencari jenis iklan yang menguntungkan, inilah tipe iklan untuk Anda.

cara-membuat-iklan-facebook-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-page-likes
contoh-membuat-iklan-facebook-untuk-objective-page-likes

Application Ads

Tujuan dari tipe iklan ini adalah untuk melibatkan audience agar menginstal aplikasi bisnis yang Anda miliki, baik itu di ponsel atau desktop. Jika aplikasi bisnis Anda hanya ditujukan untuk perangkat mobile, Anda dapat memilih untuk menampilkan jenis iklan ini hanya di ponsel, sehingga audience akan diarahkan menuju ke App Store atau Google Play Store dan mendorong mereka untuk menggunakan aplikasi Anda tersebut. Rating aplikasi Anda pada App Store atau Google Play akan ditampilkan dalam iklan Anda.

membuat-iklan-facebook-tipe-traffic-conversions-untuk-objective-instal-aplikasi-app-install-engagement

contoh-membuat-iklan-facebook-untuk-objective-instal-aplikasi-app-installs-engagement

Tipe Iklan Facebook: Leads

Facebook Lead Ads ditujukuan untuk kampanye Facebook yang menghasilkan lead – orang-orang yang tertarik dengan brand Anda akan mengisi form dengan informasi kontak mereka dan mengijinkan Anda untuk menghubungi mereka. Dengan menggunakan tipe iklan ini, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan leads untuk bisnis melalui iklan Facebook.

cara-membuat-iklan-facebook-untuk-menghasilkan-leads

Offline Actions

Iklan ini akan mempromosikan diskon atau penawaran bagi audience Anda dengan cara mengklaim di took offline, atau mempromosikan event yang diadakan oleh bisnis Anda untuk mengumpulkan respon audience.

cara-membuat-iklan-facebook-untuk-objective-offline-actions

Event Responses

Iklan ini khusus dibuat untuk ditampilkan ke audience yang lebih banyak dan merespon undangan acara yang Anda kirimkan.

contoh-membuat-iklan-facebook-untuk-menarik-respon-audience-akan-sebuah-eventOffer Claims

Tipe iklan Facebook ini ditujukan untuk menarik audience agar mereka mengklaim tawaran yang ditampilkan melalui iklan CTA Anda.

contoh-membuat-iklan-facebook-untuk-mengklaim-penawaran

Tipe Iklan Facebook: Branding

Iklan branding di Facebook akan memperlihatkan bisnis Anda kepada audience yang kemungkinan paling tertarik dengan penawaran Anda. Anda bisa menggunakan iklan ini untuk menampilkan video, menjangkau orang-orang di daerah sekitar Anda, atau hanya membangun awareness melalui konten yang tidak menarik conversion.

Brand Awareness

Iklan ini dirancang untuk menjadi langkah pertama Anda dalam memperkenalkan merek di Facebook. Anda dapat menjangkau orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan iklan Anda dan mempelajari bisnis

membuat-iklan-facebook-tipe-branding-untuk-objective-brand-awareness

contoh-membuat-iklan-facebook-tipe-branding-untuk-objective-brand-awareness

Local Awareness

Fitur ini hanya tersedia di negara tertentu. Fitur ini bisa membantu Anda untuk membuat iklan agar bisa menjangkau orang yang tinggal di lokasi terdekat dengan bisnis Anda, dengan pilihan CTA (call to action).

membuat-iklan-facebook-tipe-branding-untuk-objective-local-awareness

contoh-membuat-iklan-facebook-tipe-branding-untuk-objective-local-awareness

Video Views

Iklan video views memungkinkan Anda untuk menceritakan kisah tentang bisnis Anda melalui iklan Facebook! Anda bisa menentukan kreatif untuk iklan ini, dan videonya juga bisa berupa slideshow dari beberapa gambar.

membuat-iklan-facebook-tipe-branding-untuk-objective-video-views

contoh-membuat-iklan-facebook-tipe-branding-untuk-objective-video-views

Informasi mengenai tipe iklan Facebook beserta contoh di atas dapat membantu Anda dalam menentukan iklan mana yang cocok untuk penawaran yang dibuat bisnis Anda. Jadi apa yang Anda tunggu? Jalankan iklan Facebok dengan menargetkan audience yang tepat, waktu yang tepat, serta pemilihan tipe iklan yang benar, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya murah.

Baca Juga

Menggunakan Facebook Ads Targeting Cheatsheet untuk Melakukan Targeting yang Baik di Sosial Media

Template Untuk Membuat Iklan Facebook Secara Mudah

Cara Beriklan di Facebook dengan Menggunakan Sistem Pembayaran Bank Lokal (Tanpa Kartu Kredit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *