Lazada Saja Sudah Gunakan Strategi UKM Untuk Meningkatkan Omzet, Masa Anda Yang UKM Tidak ?

Dalam program buattokoonline.id yang disupport oleh DOKU payment gateway, setiap bulan saya memberikan coaching GRATIS (materi premium) sekitar 30-60 UKM untuk meningkatkan traffic dan revenue / omzet toko online, dan banyak sekali yang tidak tahu konsep yang benar untuk mendapatkan traffic sustain dari search engine, di mana salah satunya saya bahas di artikel ini. Banyak konsep-konsep lain yang kami edukasi kepada pemilik toko online untuk membantu meningkatkan omzet dan tidak tergantung dari paid ads, apabila Anda tertarik mengikuti coaching yang saya adakan, silahkan mendaftarkan email Anda di bagian kiri bawah dari website ini.

SEO atau search engine optimization dikenal sebagai strategi mendatangkan traffic dari search engine, SEO memiliki tingkat ROI (Return on Investment) paling tinggi dibandingkan channel lain. Namun sayang banyak UKM tidak mengoptimalkan strategi SEO dengan benar.

Baca : Berbagai Macam Survey Berikut Ini Menunjukkan Effort Apa Yang Terpenting Bagi Digital Marketing UKM

Terkait SEO, Ecommerce besar banyak dikenal mentarget “short tail”. Misalnya “baju muslim” , “sepatu”, “pakaian” karena mereka memiliki budget besar untuk mentarget keyword mahal ini. Sedangkan UKM tidak akan kuat menanggung biaya untuk mengejar keyword mahal seperti ini.

Namun lihat bagaimana Lazada melakukannya.

Slide berikut ini berasal dari laporan keuangan Lazada di tahun 2015, menunjukkan bagaimana Lazada mengoptimasi halaman websitenya dengan mentarget keyword yang spesifik.

Misalnya dari penggunaan keyword “sepatu” dirubah menjadi “sepatu sneaker merah NIKE”, yang menghasilkan impact :

  1. Menurunkan biaya Ads (Search Engine Marketin)
  2. Meningkatkan revenue
  3. Menurunkan Customer Acquisition Cost (CAC)

 

meningkatkan omzet toko online

 

Bagaimana penerapan nyatanya di website toko online ?

Bisa dilihat di gambar sebagai berikut.

 

meningkatkan omzet toko online

Penggunaan keyword hasil analisa dari Google Keyword Planner, digunakan di URL Kategori product, Title dari kategori product dan header dari URL Kategori Product.

Perhatikan bagaimana Lazada menggunakan keyword

  1. “Beli kesehatan kecantikan” di URL
  2. “Jual Produk Kesehatan Kecantikan” di title dari URL Product Category
  3. Dan “Kesehatan & Kecantikan” di Header

Penggunaan keyword yang longtail – dari pada short tail – berarti persaingan yang lebih mudah di search engine tetapi kemungkinan membeli  (buying intention) yang lebih besar, di mana sebenarnya konsep ini banyak diterapkan oleh UKM yang memang sering disarankan berjuang di longtail ketimbang short tail.

 

Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda sudah menggunakan long tail dengan buying intention yang kuat di website Anda ?

 

Baca Juga

Studi Kasus Jualan Batik Dengan Facebook Ads

Cara Menjadi Reseller Dropship Market Indonesia

 

Author: Rhein Mahatma

ya gitu deh

21 thoughts on “Lazada Saja Sudah Gunakan Strategi UKM Untuk Meningkatkan Omzet, Masa Anda Yang UKM Tidak ?”

  1. Tipsnya menarik sekali, dan sbnernya ini juga yg sy pikirkan dulu dan sudah implementasi hingga skrg.
    Memang efeknya terasa sekali 🙂

    I used long-tail 😀

  2. Kalau dilihat faktanya, Lazada banyak menguasai keyword shorttail. Saya sebenarnya sangat tertarik dengan “how they do this”, memata-matai backlink mereka tidak memberikan saya insight yg memuaskan. Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *