Kumpulan Tools SEO Terbaik untuk Menganalisa Website Kompetitor

kumpulan-tools-seo-terbaik-untuk-menganalisa-website-kompetitor

Semua orang tahu untuk menjaga teman tetap dekat dan musuh lebih dekat lagi. Tidak peduli apa industri pekerjaan Anda, Anda harus mengamati kompetitor utama Anda.

Untuk mengalahkan kompetisi, awasi setiap aktivitas marketing mereka. -@irinaweber048.

Untuk mengalahkan kompetisi, awasi setiap aktivitas marketing mereka. Melacak search ranking kompetitor, konten, social mention, email, dan semua yang mereka lakukan untuk mendorong bisnis.

Yang berguna bagi mereka, bisa juga berguna untuk Anda. Inilah caranya:

Bagaimana Mengawasi Kompetitor

Ada banyak tools SEO yang mengawasi tidak hanya performa website Anda, tapi juga milik kompetitor. Berita baiknya? Mungkin Anda sudah menggunakan tools tersebut untuk pekerjaan lain.

Ingin mengawasi seluruh strategi marketing competitor Anda? Download ebook gratis kami untuk membangun full competitive monitoring plan.

Tools untuk analisis SEO kompetitor

Coba 15 tools berikut untuk mendapat riset kompetitif SEO yang baik:

1. Alexa – monitor traffic

Alexa mampu melacak traffic global web dari website Anda maupun competitor. “Informasi adalah kekuatan”, dan Alexa merupakan salah satu tools yang harus dimiliki yang Anda bisa gunakan untuk mengubah data menjadi value kompetitif untuk bisnis Anda.

Jika Anda punya toolbar Moz, akan muncul peringkat website milik Alexa. Toolbar tersebut membiarkan Anda mengawasi competitor seperti backlink, traffic, keyword, dll.

15 Tools Terbaik untuk Analisis SEO Kompetitor-Alexa

Cara terbaik menggunakan tool ini: menarik untuk membandingkan website yang serupa dengan niche Anda: mendapatkan data dari kompetitor internasional dan peringkat website secara keseluruhan.

2. SE Ranking – track rankings

SE Ranking membantu Anda mengamati peringkat competitor pada search engine dan target region apa pun, sampai lima projek per website.

Anda bisa mendapatkan laporan yang terperinci untuk kompetitor utama, termasuk data average positions mereka, perkiraan traffic, dan website visibility. Anda juga bisa mengumpulkan data untuk first page dari tracked query apa pun dan memerintahkan dengan visibility.

15 Tools Terbaik untuk Analisis SEO Kompetitor-SE Ranking

Cara terbaik menggunakan SE Ranking: tool ini memberikan informasi singkat untuk top 10 website dari setiap querie Anda. Jika Anda ingin melacak secara lebih detail, tambahkan ke tab ‘Main Competitors’ dan track untuk mendapatkan detail lebih banyak.

3. InfiniGraph – Mengawasi trend social media

InfiniGraph melacak trend di media sosial. Menggabungkan interaksi konsumen kepada brand secara real time dan menggunakan targeting untuk mencari tahu brand dan konten apa yang populer saat ini.

Dengan Social Intelligence, Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai influencer paling berdampak dan konten untuk kampanye yang sukses.

Cara terbaik menggunakan tool ini: InfiniGraph mengijinkan tracking trend media sosial milik kompetitor dalam niche Anda dan mendapat insight untuk target audience Anda. InfiniGraph tidak mendengarkan secara sosial (tool ini berdasarkan keyword Social Intelligence dan menyusun aktivitas sosial dengan faktor ‘relevansi’).

4. Monitor Backlinks – Mengamati baclink profiles

Monitor Backlinks termasuk tool baru, tetapi sudah mendapatkan reputasi yang baik. Anda bisa melacak beragam backlink kompetitor, membuka banyak backlink negatif, dan menemukan yang berkualitas.

Tool ini membantu Anda menganalisa backlink dari blogger dan webmaster dalam bidang Anda untuk membangun strategi link building Anda, membangun kualitas link dari kompetitor, dan menulis konten link bait.

Anda juga bisa memperkirakan peningkatan traffic berdasarkan keyword positioning dan usaha untuk mendorong backlink yang baik untuk website tertentu.

15 Tools Terbaik untuk Analisis SEO Kompetitor-Monitor backlinks

Cara terbaik menggunakan Monitor Backlinks: Anda bisa dengan mudah memeriksa link baru dari kompetitor, menganalisa backlink yang baik dan buruk, mendapatkan keseluruhan potret SEO, membandingkan hasilnya, dan membangun strategi marketing baru.

5. SpyFu – Mengintip keyword competitor

SpyFu merupakan tool yang membiarkan Anda melihat semua data pada keyword kompetitor pada organic search dan AdWords – dan mendapatkan lebih banyak keyword yang berhubungan. Anda hanya perlu menambahkan keyword kompetitor dan mendapat semua strategi mereka.

15 Tools Terbaik untuk Analisis SEO Kompetitor-Spyfu

Cara terbaik menggunakan SpyFu: Anda bisa mendapatkan daftar keyword yang ditarget oleh kompetitor dalam organic search dan AdWords. Ini tool yang bagus untuk meriset niche, keyword baru, dan uji plan.

Pro tip: lihat URL tujuan untuk setiap ads untuk melihat bagaimana kompetisi memanfaatkan landing page.

6. Open Site Explorer – Memonitor backlinks

Open Site Explorer merupakan tool yang populer dan mudah digunakan dari Moz yang membantu untuk mengamati backlink. Tidak hanya Anda bisa mengikuti semua backlink kompetitor, tapi juga meningkatkan strategi link building Anda. Yang hebat adalah banyaknya data yang Anda dapat – data di page dan domain authority, anchor text, linking domains, dan compare link hingga 5 website.

Tools SEO Gratis

Cara terbaik menggunakan tool ini: Anda bisa memeriksa link yang dimiliki kompetitor, membandingkan link profile mereka dengan milik Anda, dan mendorong strategi link building.

7. Moat – Melihat dimana Iklan Brand Berjalan 

Moat merupakan tool multifungsi untuk industri periklanan. Dengan tool ini, cari tahu iklan apa yang sedang berjalan untuk beragam website dan top brand. Anda bisa melihat tempat dan ukuran dari ads yang sedang dipasang dan Moat menyediakan panduan step-by-step cara bagaimana menempatkan iklan Anda.

moat-tools-seo-search-engine-optimization

Cara terbaik menggunakan Moat: Anda bisa memasukkan nama brand dari kompetitor yang ingin Anda awasi dan mendapat seluruh laporan dari display ads yang sedang mereka jalankan.

8. iSpionage – Melakukan tracking keywords

iSpionage merupakan salah satu alat mata-mata yang memudahkan Anda untuk melihat aktivitas kompetitor pada organic search. iSpionage memiliki serangkaian tool yang termasuk SEO competitive research, social monitoring, dan keyword tracking.

15 Tools Terbaik untuk Analisis SEO Kompetitor-iSpionage

Cara terbaik menggunakan iSpionage: tool ini membiarkan Anda mengamati kompetitor dengan mencari tahu keyword terbaik untuk organic dan PPC, berapa banyak yang dihabiskan untuk keduanya, dan melihat ad copy yang paling efektif. Lalu menyediakan grafik perbandingan untuk Anda – tidak perlu mengolah angka.

9. Followerwonk – Menganalisa Twitter followers

Followerwonk menganalisa profil apapun di Twitter secara gratis untuk mendorong strategi marketing Twitter Anda. Tool ini menyediakan berbagai detail, seperti recent tweets, bio, lokasi, dan wewenang followers, untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh dari Twitter milik kompetitor.

Cara terbaik menggunakan Followerwonk: Anda bisa mengoptimasi Twitter melalui analisis dari data kompetitor seperti follower, lokasi, tweet, dan konten. Fitur terbaik adalah menemukan user melalui keyword dan membadingkan mereka dengan metriks seperti umur, bahasa, dan seberapa aktif dan berkuasanya mereka. Anda juga bisa melihat kemajuan dari pertumbuhan Anda, follower yang berkuasa.

10. Simply Measured – Mengkurasi social data

Simply Measured merupakan salah satu alat pengumpul data terbaik dari data mentah untuk metriks sosial. Toll ini membantu Anda menemukan bagaimana kompetitor melakukan trends, branding, traffic, conversions, dan banyak lagi. Anda juga bisa mendapatkan akses untuk 35 laporan yang berbeda pada kompetitor.

Cara terbaik menggunakan Simply Measured: tool ini memberikan analisa kompetitif yang terperinci untuk setiap jaringan. Anda juga bisa mencari tahu strategi kompetitor mana yang berhasil, sehingga Anda bisa mengalahkan mereka.

Anda juga bisa melihat perbandingan yang terperinci dari semua data statistic yang paling penting seperti engagement, pergantian follower, dan tingkat average response.

11. Complete PRO – Mendapatkan informasi demografis

Complete PRO dipertimbangkan sebagai tool “kecerdasan digital”, digunakan untuk melacak perilaku konsumen online pasif, trend musiman antara kompetitor, dan informasi demografi (Anda harus mendaftar ke situs untuk mendapat info ini).

Cara terbaik menggunakan Complete: Complete sangat baik digunakan untuk visualisasi data – tool ini membandingkan dan menunjukkan data dengan mudah.

12. Quantcast – Melihat audience insights

Quantcast membantu Anda mengetahui klien yang berpotensi melalui laporan terperinci tentang: demografi, lifestyle dan interest affinities, website, audience insight, dan tingkat conversion.

Laporan tersebut memberi pemahaman yang jelas mengenai audience Anda, membantu meningkatkan marketing plan, dan membuat kampanye media Anda efektif.

15 Tools Terbaik untuk Analisis SEO Kompetitor-Quantcast

Cara terbaik menggunakan Quantcast: tool terbaik untuk menyediakan traffic berdasarkan data demografi untuk menargetkan audience lebih baik dalam kampanye Anda. Pastikan untuk membandingkan data Anda dengan milik kompetitor.

13. SpyOnWeb – Melihat ada apa di balik “Tirai”

SpyOnWeb merupakan tool populer yang mudah digunakan. Tool ini membiarkan Anda mencari tahu website mana saja yang dimiliki oleh pemilik yang sama. SpyOnWeb menyediakan semua informasi yang berhubungan dengan satu halaman, dikumpulkan dari sumber publik yang tersedia.

Cara terbaik mengunakan SpyOnWeb: Anda dapat mengumpulkan semua informasi tentang alamat IP, ID Google AdSense, ID Google Analytics, dan ID Yahoo Publisher Network. Tinggal masukan URL utama dan Anda mendapatkan hasil dari semua alamat IP dan sebuah daftar dari domain dengan alamat IP yang sama.

14. Ontolo – Mengintip content marketing

Ontolo merupakan tool yang bagus untuk memantau backlink dan content marketing. Tool ini membantu Anda menentukan topik konten yang bagus, menemukan penulis, dan meningkatkan strategi link building Anda.

15 Tools SEO Gratis Terbaik untuk Analisis Kompetitor-Ontolo

Cara terbaik menggunakan Ontolo: Saya sangat suka dengan ide menyaring link yang bisa membuang-buang waktu, dan menemukan penulis yang sesuai dengan link Anda. Terima kasih Ontolo, saya telah belajar bagaimana menemukan keyword yang tepat untuk sebuah halaman tertentu.

15. Mention – Melihat real-time links dan coverage media

Menggunakan media monitoring untuk analisis kompetitif membiarkan Anda melacak semua website membicarakan tentang keyword apapun. Dengan memasang tanda di Mention, Anda bisa mendapatkan tanda real-time ketika website lain link ke kompetitor Anda.

Tetapi Anda juga bisa mengawasi website yang membicarakan tentang kompetitor Anda atau produk mereka, meskipun tidak link ke mereka. Artinya mereka tertarik dalam niche Anda, jadi Anda mungkin bisa mengalahkan kompetitor dengan menggunakan backlink.

Cara terbaik menggunakan Mention: Arahkan ke dashboard influencer untuk menyaring dengan cepat website di daftar hasil influence dan peringkat Alexa untuk melihat backlink mana yang menyediakan value terbanyak.

Mulai dengan analisis SEO kompetitor

Masih ada banyak tool SEO lainnya yang bermanfaat untuk digunakan. Pastikan bahwa tool yang ingin Anda gunakan menyediakan free trial. Anda perlu memastikan bahwa tool yang digunakan berguna untuk mencapai tujuan tim Anda.

Jika Anda tidak menemukan free trial, hubungi perusahaan dan minta waktu untuk uji coba. Anda akan terkejut berapa banyak perusahaan yang bisa memberi free trial, dan bahkan menawarkan untuk perpanjang barangkali Anda butuh waktu lebih untuk mengevaluasi servisnya.

Baca Juga : Inilah 27 Tools SEO Free (Rekomendasi Para Expert

2 thoughts on “Kumpulan Tools SEO Terbaik untuk Menganalisa Website Kompetitor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *