Kapan Broad Match Keyword Digunakan Oleh Toko Online Dalam Setting Google Adwords

Kapan Broad Match Keyword Digunakan

 

Refresh,

Ada beberapa keyword match type di Google Adwords yang biasa digunakan orang

Broad match. Contoh :  baju muslim. Artinya iklan Anda akan muncul jika ada orang mencari baju muslim termasuk salah eja, sinonim, ada kata tambahan di tengah, depan dan belakang. Bahkan ada yang mencari “pakaian bekas” juga muncul.

Phrase match. Contoh : “baju muslim” Artinya iklan Anda akan muncul jika ada orang mencari kata persis “baju muslim”, termasuk tambahan kata di depan dan belakang.

Exatch match. Contoh : [jual baju muslim] Artinya iklan Anda akan muncul jika ada orang yang mencari persis kata “jual baju muslim” tanpa tambahan kata di manapun.

Negative match. Misalnya Anda menjual baju muslim premium, maka Anda akan mengisi keyword ” -murah”. Artinya iklan Anda tidak akan muncul jika ada orang yang mencari kata “murah”.

 

Bila Anda mencari cara menggunakan Google Adwords terbaik, Anda akan menemukan ribuan metode yang berbeda dalam menggunakan match type yang berbeda ketika menambahkan keyword ke dalam kampanye Anda.

Tidak ada satupun yang salah – pada akhirnya, yang terpenting adalah hasilnya. Tapi ada sebuah metode yang bisa membuat penggunaan keyword broad match jadi efektif tanpa menghancurkan kesempatan Anda mendapatkan cost per conversion yang baik? Itulah topik yang akan dibahas saat ini, sementara juga mempelajari area riset keyword, jadi bersiaplah untuk bersenang-senang.

 

Broad match = Pencari Keyword

Kita sering menggunakan keyword broad match ketika memulai kampanye paid search, karena kita tidak mengetahui pencarian spesisifik yang digunakan orang lain.

Langkah selanjutnya dalam situasi ini adalah menyalin keyword tersebut menjadi exact dan phrase match, kemudian pantau menemukan keyword baru. Anda bisa saja mendukung proses ini dengan riset dari tool seperti SpyFu untuk mengumpulkan keyword yang digunakan kompetitor.

Kelemahan dari keyword broad match adalah keyword tersebut bisa dipengaruhi (di-trigger) langsung oleh apapun itu yang berkaitan dengan keyword; ketika Anda menambahkan keyword broad match “pakaian wanita” ke dalam kampanye terbaru Anda, mungkin Anda tidak mau keyword “baju murah” memunculkan iklan Anda (karena baju adalah sinonim pakaian). Inilah beberapa kemungkinan yang bisa berjadi ketika menjalankan kampanye PPC.

Saat ini, kebanyakan pengguna AdWords mengetahui bahwa Search Terms melaporkan kumpulan informasi pencarian dan bisa menambahkan keyword atau keyword negatif, dengan fitur ini. Tetapi menggunakan report Search Terms, kita bisa mengubah kelemahan keyword borad match menjadi tool riset keyword terbaik yang pernah ada: pencarian data aktual.

Search Terms report

 

Keyword broad match merupakan riset keyword baru

Kesulitan dengan proses riset keyword untuk kampanye baru? Baru saja membuat advertising untuk klien baru yang tidak pernah menggunakan AdWords, dan keyword planner jadi tidak berguna? Cobalah membuat kampanye AdWords yang berisi keyword broad match, dengan bid yang sangat minim (targetkan posisi ads 5 sampai 9, atau bahkan lebih rendah), dan gunakan Search Terms report untuk menambahkan keyword yang lebih spesifik yang diketikkan langsung oleh user.

Menggunakan Search Terms report dalam kasus ini akan mengubah keyword Anda menjadi sebuah tool riset, yang memberikan Anda real data untuk digunakan ketika menambahkan pencarian long-tail sebagai keyword exact match atau phrase match. Melakukan cara ini akan secara efektif membentuk kampanye yang sangat spesifik dan tertarget dengan biaya sangat kecil.

 

Strategi bidding?

Di samping menggunakan keyword broad match dengan bidding rendah, bagaimana kita bisa menjalankan strategi ini ke dalam kampanye sambil menggunakan keyword exact mach dan phrase match? Sangat sulit. Seringkali, kita sering melihat hasil yang sangat baik dan konsisten dari keyword broad match yang dipicu oleh pencarian yang sangat relevan, tapi kita harus menyadari kemungkinan

Ketika kampanye berjalan, kita tidak bisa menetapkan $0.10 untuk keyword broad match lagi dan mencari keyword yang bagus. Justru Anda harus mempertimbangkan hal berikut.

  • Broad match: bid untuk posisi 3 atau 4.
  • Phrase match: semi-agresif, bid untuk posisi 1 sampai 4, bergantung dengan biaya.
  • Exact match: agresif, bid untuk posisi pertama.

 

hasil keyword campaign

Pada contoh di atas, yang menunjukkan variasi dari keyword “hammock” (tempat tidur gantung), di mana terdapat salah satu variasi keyword “banana hammock” yang bentuknya begini :

 

banana hammock
banana hammock

 

Sedangkan “hammock” atau tempat tidur gantung yang kita mau seperti ini :

google adwords Indonesia
Hammock

 

kita juga harus memasukkan [banana hammock] sebagai keyword negatif. Kita harus menggunakan strategi negative keyword karena variasi keyword broad match sangat luas dan tidak terprediksi, tapi di saat yang sama kita masih harus berada di posisi untuk meng-convert pencarian dengan keyword broad match dan juga dengan harapan akan menemukan keyword-keyword lain yang bisa digunakan.

Secara bertahap Anda harus menambahkan isi keyword yang bersifat frase match dan exact match dari pool of keyword yang Anda dapatkan dari search term. Keyword yang sudah Anda masukkan ke exact match bisa Anda bid lebih tinggi karena biasanya keyword tersebut sudah memiliki tingkat konversi yang baik, maka dari itu Anda bersedia untuk membayar lebih agar mereka melakukan klik.

Setelah proses ini Anda harus menghilangkan proses trial-and-error yang dihadapi ketika menambahkan untested keyword kedalam kampanye dan menyesuaikan bids sesuai dengan performa tanpa strategi tertentu. Pertimbangkan ini sebagai sebuah dasar untuk mulai memperbaikin kampanye Anda; dari sini, gunakan data untuk menentukan langkah selanjutnya.

Sumber: Search Engine Land

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *