Data Facebook Tentang Sharing Konten Ini Menunjukkan Pentingnya Video Untuk Bisnis Online Anda

Facebook baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan merubah algoritma news feednya bahwa konten yang dipublish friends akan mendapatkan reach lebih baik ketimbang publishers. Yang berarti traffic lebih sedikit untuk publishers, hal ini menjadi concern tersendiri bagi publisher dan content marketer.

Buzzsumo mengumpulkan data trend Facebook dari beberapa tahun terakhir, dengan mereview 25 juta Facebook post yang dipublish lebih dari 10,000 publisher setahun terakhir.

Temuan yang didapatkan cukup mengejutkan dan mengharuskan Anda berpikir ulang strategi Anda.

Average Total Shares – Rata Rata Keseluruhan Share

Setahun terakhir, hanya sedikit kenaikan di rata-rata share dari semua post yang dipublikasikan oleh top 10,000 publisher

1-belajar Facebook Marketing- Iklan di Facebook

 

Apa yang ada di data global/general di atas ? Ternyata ada variasi signifikan di antara tipe postingan yang berbeda seperti bisa Anda lihat di bawah.

 

Link dan Referral Traffic

Pentingnya referral traffic dari Facebook untuk publishers bisa dilihat dari research Parse.ly, analytic untuk digital publishing, yang menunjukkan bahwa 40% referral traffic ke situs berita berasal dari Facebook.

Facebook menyatakan bahwa perubahan algoritma ini pada 29 Juni akan mengakibatkan penurunan pada reach dan referal traffic untuk publisher.

Sedangkan dari data Buzzsumo, terlihat bahwa sudah ada penurunan rata-rata share di Facebook post yang mengandung link dalam setahun terakhir. Terlihat trend penurunan yang jelas dari share per post

 

2-belajar Facebook Marketing- Iklan di Facebook

 

Video Content

Satu satunya format yang menghasilkan sharing signifikan di Facebook adalah video. Chart berikut ini menunjukkan pertumbuhan signifikan dari rata-rata share per video post. Rata-rata share naik dua kali lipat sejak Agustus 2015. Kemungkinan karena fokus Facebook pada video, auto playing video misalnya, apapun alasannya, data yang ada sangat jelas.

3-belajar Facebook Marketing- Iklan di Facebook

Publisher sudah memahami sebarapa bagus video bekerja dengan baik di Facebook. Jika kita melihat jumlah video yang dipublish di Facebook oleh top 10,000 publisher setahun terakhir, kita lihat lebih dari 2x lipat output dari Facebook video.

belajar Facebook Marketing - Iklan di Facebook

 

Photo Posts

Setahun terakhir kita melihat pertumbuhan di sharing photo post, namun 5 bulan terakhir terlihat menurun. Kita juga tidak melihat banyak perubahan algoritma terkait photo post di Facebook. Penurunan ini perlu direview dengan berjalannya waktu.

Belajar iklan di Facebook Marketing

 

Kesimpulan : Video, Video dan Lebih Banyak Video

Jika Anda mencari peningkatan Facebook reach dan shar, atau setidaknya memantain angka share setelah perubahan algoritma ini, data ini mengindikasikan Anda melakukan effort di video content. Publisher besar telah meningkakan output Facebook video. Apa strategi video Anda ?

 

Baca Juga

Studi Kasus Jualan Batik Menggunakan Facebook Ads

Belajar Membuat Iklan Di Facebook : Mengenal Struktur Campaign Di Facebook

Sebab-sebab kenapa Iklan Facebook Anda Tidak Convert

 

 

Author: Rhein Mahatma

ya gitu deh

5 thoughts on “Data Facebook Tentang Sharing Konten Ini Menunjukkan Pentingnya Video Untuk Bisnis Online Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *