Buattokoonline.id Workshop : Content Marketing for Commerce by Anthony Reza (Co-Founder GetCraft.Asia)

 

Editor’s Note: Berawal dari aspirasi bersama untuk memajukan komunitas pebisnis online dan UKM di tanah air, DOKU, penyedia pembayaran elektronik terdepan di Indonesia bersama dengan Microsoft, Perusahaan pemimpin di dunia piranti lunak yang memiliki beragam produk untuk UKM dan Startupbisnis, sebuah portal media online mengadakan program edukasi bersama. Program pembekalan bersama yang bersifat cuma-cuma ini diharapkan dapat menjadi hub untuk berbagi ilmu bagi pebisnis online yang sudah memiliki produk dan modal namun ingin menggali lebih dalam lagi mengenai strategi pemasaran (digital marketing) yang lebih tepat guna, sehingga diharapkan operasional dan pertumbuhan bisnis menjadi lebih efektif dan maksimal. Detail program edukasi yang bertajuk Buat Toko Online ini dapat dilihat lebih lanjut di www.buattokoonline.id .

Anthony Reza adalah co-founder GetCraft.Asia. Pada tanggal 28 November 2015 kemarin, Reza sharing tentang hal-hal yang berkaitan tentang content marketing. Pembahasannya sangat mendetail tentang konten marketing mulai dari definisi content marketing, fungsi content marketing, strategi dan tahapan dalam melakukan content marketing dan kenapa bisnis anda harus mulai melakukan strategi content marketing dari sekarang juga.

Berikut ini beberapa poin penting yang perlu kita ketahui bersama:

1. Apa itu content marketing? Apa fungsinya?

Content marketing adalah salah satu strategi marketing yang umurnya sudah cukup tua (sudah ada sejak 100 tahun lalu). Content marketing adaah salah satu marketing taktik tentang bagaimana membuat dan mendistribusikan konten yang relevan dan valuable. Konten yang dibuat ini berguna untuk meng-attract, acquire dan engage target audience yang sesuai dengan produk/jasa yang kita tawarkan yang akhirnya diarahkan untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan profit untuk bisnis anda.

Menurut Reza, melakukan sebuah strategi content marketing ada banyak sekali manfaatnya mulai dari men-generate sales, men-generate traffic, dan juga meningkatkan brand suatu perusahaan. Saat ini adalah sebuah era dimana setiap orang bisa membuat mem-publish konten apapun di dunia online, bahkan tak jarang juga yang spam konten. Oleh karena itu, sangat penting anda harus mulai membangun brand bisnis anda sekarang juga untuk membangun konten-konten yang berkualitas dan valuable untuk target market anda.

2. Kenapa Bisnis Anda memerlukan Content Marketing Strategy?

Kenapa kita perlu untuk melakukan content marketing strategy? Ada beberapa alasan yang perlu kita catat:

a. Content Marketing itu lebih Cost-Efficient

Perusahaan yang memiliki blog yang aktif memiliki 97% lebih banyak inbound sales dibanding dengan perusahaan yang tidak memilikinya. Selain itu, content marketing memiliki ROI 3x lebih banyak dibandingkan dengan paid ads.

b. Teknik Marketing yang cost investment trend-nya cenderung menurun

seo vs ppc

Seiring berjalannya waktu, website dengan content yang baik dan SEO yang teroptimasi dengan sempurna bisa menurunkan biaya CPC anda (tidak ada biaya tambahan untuk setiap visit ke website anda).

c. Memiliki Higher Brand Recall & Engagement

Content yang baik bisa membuat brand recall 3x lebih tinggi. Selain itu 78% customer berpikir bahwa company yang memiliki content yang ter-custom memiliki interest untuk membangun relationship antara perusahaan-customer lebih tinggai. Ditambah juga, organic search memiliki 14.6% close rate, lebih tinggi dibanding outbound leads (sebanyak 1.7%).

d. Content Marketing Fuels the Social Effort

Content yang menarik itu menjadi top 3 reasons kenapa orang ingin mem-follow suatu brand di social media mereka. Untuk website-website yang besar (sebagai contoh Kompas.com, detik.com, dll) memiliki sumber traffic 70% yang berasal dari social links, biasanya reader akan skip halaman homepagenya. Content yang disharing (via social media) memiliki power seo lebih tinggi.

e. Content Marketing Fuels the Search Effort

Company yang melakukan posting 15 atau lebih dalam sebulan memiliki traffic 5x lebih banyak dibandingkan yang tidak. Selain itu, company tersebut juga akan memiliki halaman yang terindex lebih banyak di google, hal ini bagus untuk meningkatkan domain authority suatu website.

Menurut Reza, Itulah 5 alasan mengapa anda perlu memanfaatkan content marketing sebagai strategi marketing utama dari bisnis anda.

 

Tahapan content marketing Indonesia

3. Proses dalam Melakukan Content Marketing Strategy

Pengertian content marketing sudah paham, the reason why anda perlu melakukan content marketing juga sudah. Sekarang pertanyaannya adalah apa saja sih proses dalma melakukan content marketing? Di bawah ini ada beberapa step-step yang biasa dilakukan Reza di GetCraft.Asia untuk strategi content marketing klien mereka:

Research – Plan – Audience – Story – Process – Measure

Stage research: pada tahap ini anda perlu mengetahui kondisi dari industry perusahaan anda seperti apa. apa ada company lain yang telah memiliki blog dan memanfaatkan content marketing sebagai strategi mereka? Setelah itu, anda juga harus melakukan content audit untuk mengecek kembali efektivitas teknik content marketing anda seperti bagaimana, apakah sudah efektif atau belum? Lihat kembai seberapa banyak share yang anda dapat, seberapa viral dan traffic perbulan website anda.

Stage Plan: pada tahap kedua ini, anda perlu memikirkan opportunitynya ke depan seperti apa, lalu planning untuk eksekusi strategi content marketing anda seperti apa. apa saja bisnis objective dari bisnis anda. Apa yang ingin anda capai mungkin selama 6-12 bulan ke depan.  Di part mana company anda memiliki keunikan yang tidak bisa ditiru orang lain, apa ada?

Stage Audience: seperti apa persona (profile) target audience anda? Apakah mereka lelaki? Perempuan? Umur mereka? Gaji mereka? Behavior mereka dan psychographic mereka juga. Pada buying stage apa dari target audience anda, bagaimana caranya anda  bisa membuat target audience anda lanjut ke stage sales funnel selanjutnya?

Stage Story: keyword apa yang perlu kita utamakan untuk di rankingkan (SEO-kan)? Apakah kita ingin membuat konten kita terlihat mirip satu sama lainnya?

Stage Process: jenis konten seperti apa yang akan kita siapkan yang sesuai dengan persona yang telah kita definisikan sebelumnya. Bagaimana rencana kita untuk mendistribusikan konten terebut? Diiklankan? Via social media channel? Atau cukup di seo kan saja?

Stage Measure: apa KPI yang anda set untuk bisnis anda? Apakah itu pengunjung setiap bulan? Unique visitors? Page views? Leads yang ter-generate? Cost per view? Cost per lead? Atau mungkin ROI? Tentukan KPI yang anda setting di sini sangat penting untuk mengetahui progress dari bisnis anda dan efektivitas teknik marketing anda.

sebagai penutup, Reza juga menjelaskan tentang berubahnya customer journey customer pada era dunia digital. Dahulu, konsep yang dipakai adalah AIDA (Attention – Intereset – Desire – Action) namun seiring adanya dunia digital, konsepnya berubah menjadi  AISAS (Awareness – Interest – Search – Action – Shares).

Itulah beberapa hal penting yang disharing oleh Anthony Reza selama workshop content marketing.

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “Buattokoonline.id Workshop : Content Marketing for Commerce by Anthony Reza (Co-Founder GetCraft.Asia)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *