Apakah Benar SEO Selalu Berubah ?

belajar SEO

 

SEO sudah terbukti menjadi faktor penting untuk kesuksesan online shop dan juga bisnis model lain yang membutuhkan traffic dari Google, berbagai survey membenarkan hal ini. (Baca : Survey digital marketing menunjukkan apa yang terpenting untuk pebisnis).

Namun kita sering dengar berbagai pendapat yang mengatakan “SEO itu susah karena selalu berubah” , “SEO expert itu sebenarnya tidak ada karena tidak ada yang tahu algoritma Google”.

Sebenarnya apakah iya Google selalu berubah algoritmanya ? Berdasarkan pengalaman saya menulis sendiri ratusan artikel selama 3 tahun, dan mendapatkan ribuan traffic per hari dari tulisan saya, opini saya adalah “tidak semua algoritma Google selalu berubah”.

Berikut ini adalah beberapa hal yang setahu saya tidak berubah, setidaknya sejak 3 tahun lalu dan mungkin saja, sejak 10 tahun lalu (tapi saya tidak tahu apa itu seo 10 tahun lalu).

  1. Semakin banyak konten website kita (bisa berupa artikel atau product detail), semakin besar kemungkinan website kita teranking baik di Google untuk banyak keyword, sehingga traffic kita semakin besar. Ini disebut long tail keyword.
  2. Google tidak akan menampilkan produk Anda untuk keyword “jual baju muslim” apabila di halaman Anda tidak memiliki keyword tersebut atau sinonimnya.
  3. Pemilihan keyword yang salah bisa mempengaruhi omzet Anda, misalnya Anda tidak memahami buying intention keyword seperti jual, beli, harga, murah.
  4. Semakin banyak konten berkualitas yang kita miliki (misalnya : artikel) dan memecahkan masalah target market kita, semakin besar kemungkinan mendapatkan link.
  5. Semakin banyak Anda mendapatkan link yang berkualitas dari website lain, semakin bagus untuk Anda dan posisi ranking website Anda di Google akan semakin baik.
  6. Jika Anda membuat event offline yang berkualitas, bisa mencari media partner selain untuk publikasi juga untuk link acquisition.
  7. SEO tidak berdiri sendiri – jangan bekerja cuma mencari link atau hanya memperhatikan ranking, tetapi Anda juga harus melakukan brand building, edukasi market, offline presence, online presence selain di Google (mis. Facebook, instagram), build awareness. Semakin banyak yang tahu tentang Anda, semakin brand Anda terbangun, maka click through rate di Google akan semakin baik, direct type in juga naik, hal hal seperti ini membantu ranking Anda di Google.
  8. Jika website Anda dibukanya lama (site speed low), akan berpengaruh pada experience users, time on sites tidak akan lama, yang nantinya bisa mempengaruhi ranking website Anda.

List ini tentu sebenarnya bisa jauuuh lebih panjang .. dan tentu saja debat-able, tentu saja pengalaman orang berbeda-beda.

 

Rekan saya Victor Iwan dari Doxadigital (beliau ikut jadi mentor di event Buattokoonline.id event pertama) mengatakan bahwa “tidak satupun dari kita yang tahu algoritma Google, tetapi kita bisa melihat best practice – atau tanda-tanda aktifitas apa yang memberikan hasil yang baik dan tidak baik – berdasarkan pengalaman kita dan orang lain”. Jadi yang bisa kita pelajari dan terapkan adalah “best practice”nya.

Bagaimana menurut Anda, apakah benar SEO selalu berubah ?

Author: Rhein Mahatma

ya gitu deh

2 thoughts on “Apakah Benar SEO Selalu Berubah ?”

  1. Sebagai praktisi jasa SEO, saya sangat setuju dengan pernyataan bahwa “SEO expert itu sebenarnya tidak ada karena tidak ada yang tahu algoritma Google” dan oleh sebab itu saya seringkali tertawa geli ketika membaca sesumbar pelaku jasa SEO yang mengklaim dirinya sebagai master SEO lah, pakar SEO lah apalah apalah.. he he he.. padahal seorang rekan saya yang pernah menjuarai kontes SEO tingkat dunia saja tidak pernah mengaku-ngaku sebagai master SEO. Ironis memang ya pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *