Alasan Matematis Mengapa SEO Menjadi Strategi Marketing (Jangka Panjang) Terbaik

Alasan Matematis Mengapa SEO Menjadi Strategi Marketing (Jangka Panjang) Terbaik

Dua pertimbangan utama yang membedakan strategi marketing yang satu dengan yang lainnya.

Pertimbangan pertama adalah fokus pada hal yang benar-benar berarti. Ada banyak orang yang tertarik dengan brand Anda dan membicarakannya memang menyenangkan, tetapi mendengar seseorang menyebutkan nama Anda di Twitter (atau social media lainnya) tidak sama dengan menghasilkan penjualan.

Bagi kebanyakan penjual, mereka fokus pada hal yang sangat penting. Apa usaha yang bisa menghasilkan uang paling banyak untuk Anda?

Pertimbangan kedua adalah bahwa “cukup baik” tidak cukup baik; Anda menginginkan yang terbaik.

Ada banyak strategi marketing yang tersedia, masing-masing dengan return dan demand yang berbeda. Kebanyakan dari strategi menjanjikan return of investment. Tapi jika Anda akan membayarkan sejumlah uang untuk sebuah servis, Anda tidak hanya ingin return yang “positif” – Anda menginginkan return positif terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu strategi marketing yang terbaik untuk Anda gunakan.

Metrics / target kesuksesan tiap strategi tentu saja sulit dijelaskan. Setiap bisnis akan menemui hasil yang berbeda, dan selalu ada kemungkinan bahwa contoh bisnis ini tidak menggunakan strategi yang tepat. Tapi ada satu alasan matematis mengapa SEO, ketika dieksekusi secara benar, memenuhi keadaan di atas.

Compounding Interest (bunga ber-bunga)

Kebanyakan investor dan ahli personal finance akan menyatakan bahwa kekuatan dari compound interest sangat hebat. Inilah mengapa banyak artikel advice finance menyebutkan bahwa memulai lebih cepat merupakan salah satu kunci kesuksesan, dan dapat memacu financial growth dari para jutawan self-made.

Idenya begini, ketika Anda mulai mendapatkan interest rate yang konsisten melewati periode waktu yang diberikan, principle (“uang pokok”) Anda akan bertumbuh. Seiring dengan bertumbuhnya principle, earned interest Anda juga bertumbuh, akhirnya terus menjadi rate of return yang lebih besar dan lebih besar lagi.

Ketika dipraktikan dengan tepat, SEO merupakan strategi yang memanfaatkan prinsip dari compounding interest untuk menghasilkan return yang lebih besar dan lebih besar.

Contohnya, ketika Anda membuat blog post, secara instan Anda mendapatkan search engine real estate baru dan beberapa inbound link potensial. Mungkin Anda mendapat beberapa ratus visitor dalam satu minggu pertama – tapi artikel tersebut tidak pernah hilang. Post tersebut akan terus menarik link, terus mendapatkan visitor baru, dan terus menghasilkan visibility dan revenue untuk perusahaan Anda (terutama dengan call-to-action yang kuat). Ketika Anda menambahkan lebih banyak blog post yang relevan, Anda akan menemukan pattern of growth yang sama.

Bandingkan dengan strategi tradisional marketing dan advertising. Dengan ads pay-per-click, Anda menghabiskan sejumlah uang tertentu untuk mendapatkan sejumlah klik. Hanya itu, mungkin Anda mendapatkan value 2$ untuk setiap 1$ yang Anda keluarkan, tapi rate-nya akan selalu konsisten seperti itu. Mungkin Anda melihat sedikit peningkatan karena melakukan beberapa tweak pada ads Anda atau bertambahnya channel marketing baru, tapi pada akhirnya growth Anda terbatas.

Strategi Multifaceted

Anda bisa bilang bahwa strategi lain menunjukkan kualitas yang serupa dengan accrued compound interest. (Email marketing, contohnya, cenderung meningkatkan ROI dengan mengembangkan list subscriber Anda.) Tapi masih ada satu keuntungan yang dimiliki SEO yang mengalahkan hasil tersebut; SEO menghasilkan exponential growth di berbagai area.

  • Ranking. Jika konten Anda bernilai, maka akan terus menghasilkan link, secara perlahan meningkatkan page rank Anda, dan perlahan menuju ke peringkat atas dengan queries yang relevan. Hal yang sama juga terjadi, jika sebuah artikel baru yang Anda buat mengandung kalimat yang serupa, pada akhirnya akan meningkatkan growth Anda dalam total search rank.
  • Readership. Ketika Anda mem-publish konten secara lebih teratur dan menggabungkannya dalam profile channel yang lebih tinggi, pembaca Anda akan bertumbuh semakin besar dan besar. Jika Anda cukup berdedikasi, pada akhirnya Anda akan mendapat popularitas yang dapat dengan mudah mendapatkan pembaca baru karena Anda sudah punya pembaca yang banyak.
  • Referral traffic. Setiap inbound link yang dibuat mengarah ke situs Anda memberi domain authority, meningkatkan rank Anda, tapi post eksternal tersebut tidak pernah hilang. Artinya link tersebut bisa mengirimkan referral traffic baru tanpa batas. Jadi, semakin banyak link yang Anda bangun, akan semakin besar dampaknya.
  • Visibility. Semua visibility akan datang dari berbagai macam channel, termasuk publisher baru yang berhubungan dengan Anda, influencers terkait, dan follower media sosial. Setiap poin visibility baru memberikan arahan bagi Anda untuk bertumbuh, untuk terus berkembang tanpa batas.

Selain hasil tersebut, bergantung pada strategi yang Anda gunakan dalam kampanye SEO, mungkin ada keuntungan lainnya.

Selama Anda konsisten dengan usaha yang dilakukan dan menyesuaikan strategi (seperti Google updates dan user interest), strategi SEO bisa mendapat ROI yang jauh lebih tinggi daripada strategi lainnya dalam jangka panjang.

Satu-satunya peringatan untuk cara ini adalah fakta bahwa SEO sebenarnya terdiri dari strategi lain yang bisa dilakukan secara terpisah, seperti content marketing dan social media marketing. Jadi, mungkin perlu waktu yang lama untuk menjalankan SEO, tapi sekalinya Anda sudah membangun fondasi yang kuat, Anda akan merasakan compounding returns dalam investasi Anda.

Sumber: MarketingProfs

Baca juga

Lazada saja sudah gunakan strategi UKM untuk naik omzet, masa Anda yang UKM tidak ?

Berbagai macam survey ini menunjukkan strategi apa yang terpenting untuk digital marketing UKM Toko Online

2 thoughts on “Alasan Matematis Mengapa SEO Menjadi Strategi Marketing (Jangka Panjang) Terbaik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *