5 Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Product Review

5 Cara Meningkatkan Product Review

Review produk meningkatkan browsing experience bagi website apa pun. Jika hasilnya positif, maka review bisa meningkatkan website conversion rate juga.

Kesulitan dalam review sebenarnya adalah mendapatkan customer yang mau menuliskan review untuk Anda – berdasarkan pengalaman, saya bisa mengatakan bahwa kurang dari 5% customer  benar-benar menuliskan review. Dan ketika memikirkan hal ini, tidak terkejut – karena saya tidak ingat baru-baru ini saya menulis review untuk produk apa pun, atau jasa, yang sudah saya beli lewat online. Rasanya saya tidak ada waktu!

Ada dua tipe utama dalam review: product reviews dan yang lebih umum website/service reviews.

Telah terbukti bahwa produk dengan user review yang banyak terjual lebih baik daripada mereka yang tidak – dan kami menemukan bahwa general review sebuah website dapat meningkatkan conversion rate secara keseluruhan. Kebanyakan sistem content management memiliki fungsi review yang sengaja dimunculkan (jika tidak biasanya ada plugin atau add-on untuk memunculkan fungsi yang Anda butuhkan).

Untuk general review pada website, pemilik website biasanya menggunakan pihak ketiga seperti Trustpilot, Feefo atau Yotpo – semuanya platform yang telah diuji coba dan terpercaya. Service provider mungkin mengarahkan customer ke app store service-focused, seperti  yang ada di Shopify dan Bigcommerce, Getapp, atau Webretailer.

5 Cara Meningkatkan Product Review - Get App

Dengan mengumpulkan product reviews, halaman produk dapat ditingkatkan ketika muncul di Google, terima kasih pada rating review di atas META description Google yang muncul untuk page Anda. Dengan mengumpulkan general website reviews, Anda bisa meningkatkan PPC campaign di Bing dan AdWords karena rating review akan muncul di sana juga (dengan syarat mencapai skor minimal). Product review mungkin tidak berat dalam website Anda (belum), tetapi raksasa ecommerce Amazon menggunakan review sebagai fakor besar ketika memutar halaman hasil pencarian untuk produk Anda. Perusahaan-perusahaan dengan review positif yang lebih banyak dapat ditemukan lebih dekat dengan bagian atas hasil pencarian (jadi ada kemungkinan lebih Anda akan membeli dari list tersebut, dibandingkan yang lain).

Jadi, intinya adalah review sangat berarti (selama review-nya positif) – tetapi sulit dihasilkan. Dalam artikel ini, saya akan menjalankan lima cara yang dapat mendorong customer untuk menulis review untuk membantu menggerakkan website Anda terus maju tahun ini:

 

Adakan Kompetisi atau Undian

Cara paling populer yang digunakan oleh perusahaan untuk mendorong customer meninggalkan review adalah dengan mengadakan kompetisi atau undian.

5 Cara Meningkatkan Product Review - kompetisi atau undian

Sesuatu seperti: “tulis sebuah review dan dapatkan kesempatan memenangkan sebuah $100 gift card”. Cara ini super sederhana tapi sangat efektif.

 

Tawarkan Diskon5 Cara Meningkatkan Product Review - diskon

Saya membeli beberapa hadiah dari sebuah website pada Desember lalu, dan saya mendapat popup ketika saya mengunjungi situsnya lagi beberapa hari kemudian.

Pop up tersebut meminta saya untuk me-review pembelian sebelumnya agar mendapatkan tambahan diskon 10% untuk pembelian selanjutnya. Saya tidak membeli apa pun pada saat itu, tetapi jika saya ada rencana belanja, saya pasti akan meninggalkan review positif supaya mendapatkan tambahan diskon 10% tersebut. Siapa yang tidak mau?

 

Kirimkan Email yang Sopan

Kami menemukan bahwa email yang dikirimkan 10 hari setelah pembelian seseorang di tempat kami sangat efektif untuk mengumpulkan review. Kami melihat kurang dari 5% orang meninggalkan review, tapi itu masih berguna untuk kami.

Mengirimkan email sangat mudah ketika Anda menggunakan servis seperti Trustpilot, Feefo atau Yotpo. Seringkali Anda tidak perlu meminta, karena pembelian yang baru dilakukan masih segar di pikiran orang-orang, mereka senang dan akan menuliskan review jika mendapatkan servis yang baik.

Satu-satunya hal yang melelahkan, adalah kenyataan bahwa orang-orang yang pernah memiliki pengalaman buruk dan belum menghubungi Anda mungkin meluapkan kekecewaannya pada Anda atau website Anda. Hal terbaik untuk dilakukan dalam situasi seperti ini adalah untuk meminta maaf dan menyelesaikan masalah tanpa ditunda – setelah Anda melakukannya pada waktu yang tepat, reviewer akan senang untuk merevisi atau menghapus komentar negatif untuk Anda.

 

Berikan Mereka Kepentingan di Website Anda

Jika Anda meletakkan kolom review di tempat tak terlihat dalam website Anda – Anda tidak bisa mengharapkan orang-orang akan menuliskan review untuk Anda. Dengan begitu, pastikan fitur user reviews terlihat dengan jelas dalam halaman produk Anda – dan pastikan widget review lainnya juga terletak dengan jelas dalam website Anda.

5 Cara Meningkatkan Product Review - review yang terlihat

Semakin Anda memperlihatkan review, semakin mungkin orang akan meluangkan waktu mereka untuk menulis review untuk Anda!

Dengan membuat review terlihat dan mudah diakses dalam website Anda, Anda juga dapat mengharapkan customer lain untuk memperhatikan ketika sedang browsing website Anda.

 

Manfaatkan Koresponden Harian Anda

Jika Anda adalah perusahaan yang menawarkan sebuah jasa kepada customer, seharusnya Anda memberikan fitur perzonalised recommendation. Selalu tawarkan kesempatan untuk menanyakan custome apakah mereka keberatan untuk meninggalkan review singkat ketika menerima pesanan mereka. Tetapi, jangan menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan customer.

Review sangat penting untuk bisnis online dan bagus untuk visitor/calon customer dan membawa banyak keuntungan bagi website, jadi sulit untuk melihat kenapa webmaster tidak mau menghabiskan waktu dan resourcenya untuk mendorong user mereka menuliskan review.

 

Baca Juga

Melakukan split test iklan Facebook dengan biaya murah

4 Fitur Tersembunyi di Facebook yang Dapat Meningkatkan Penjualan Online Anda

4 Jurus Copywriting Dalam Meningkatkan Conversion Rate E-commerce Anda

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *