3 Fitur Iklan Facebook yang Seharusnya Anda Gunakan

cara menggunakan facebook ads

Secara mengejutkan 84% dari pengguna internet saat ini, tidak hanya memiliki satu akun Facebook (Facebook, Instagram, Messenger, WhatsApp), dengan kata lain, Facebook sudah mengambil alih dunia.

Sementara sebenarnya sebagian besar pertumbuhan Facebook saat ini berasal dari “fast-growth markets” di mana populasi internet berkembang dengan cepat, penemuan terbaru menunjukkan bahwa sekitar 72% dari orang dewasa yang online di Amerika Serikat adalah pengguna Facebook dan 31% adalah pengguna Instagram. Ditambah lagi, hampir 3/4 dari pengguna Facebook dan 2/3 dari pengguna Instagram aktif di platform ini setiap harinya!

Artinya hal tersebut memberi dampak pada bisnis demikian: terlepas dari demografi Anda, para pelanggan menggunakan Facebook secara teratur. Hal ini membuat iklan berbayar di platform Facebook menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan potensial dengan pesan marketing yang tepat, pada waktu yang tepat, yang akhirnya akan meningkatkan penjualan online.

Baca Juga : 4 Fitur Tersembunyi di Facebook yang Dapat Meningkatkan Penjualan Online Anda

Facebook telah membuat kemudahan dalam melakukan targeting pelanggan yang relevan dengan platform berkelas yang menargetkan pengguna berdasarkan informasi demografis, psikografis, dan perilaku dimana Facebook telah mengumpulkan informasi tersebut (dan membeli) untuk tujuan penjualan.

Sementara hal ini bukan lagi rahasia untuk sebagian marketer, hal yang menjadi tantangan adalah terus mengikuti inovasi dan perubahan dalam platform iklan Facebook, karena Facebook terus menambahkan fitur baru (dan memperbaiki fitur lama) yang dilakukan hampir setiap minggu dalam satu tahun terakhir.

Jadi, dalam membagikan fitur iklan Facebook “terbaru dan terbaik”, berikut adalah tiga update terbaru dan paling relevan dengan platform iklan Facebook yang mungkin belum banyak digunakan atau malah belum diketahui oleh pengiklan:

1. Sekarang Anda dapat membuat iklan Instagram melalui platform iklan Facebook Ads

Belum lama ini, iklan Instagram sudah tersedia di seluruh dunia untuk digunakan oleh pengiklan yang dapat diakses melalui Facebook Ads Manager dan Facebook Power Editor.

Karena pilihan targeting dalam iklan Facebook sama persis dengan Facebook, maka melakukan targeting di Instagram tidak akan sulit. Atau Anda dapat membuat target audience baru dengan menggunakan pilihan Custom Audiences atau fitur baru “Detailed Targeting” (lihat di bawah).

fitur-iklan-facebook-baru-detailed-targeting

Namun demikian, terdapat beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan:

  • Iklan Instagram saat ini hanya memiliki empat dari 14 pilihan tipe objective untuk level campaign di Facebook: Website Clicks, Website Conversion, App Installs, dan Video Views. Dengan demikian, pengiklan mungkin harus menambahkan campaign Instagram secara terpisah ke dalam akun mereka daripada menambahkan placement di Instagram dalam Ad Sets (segmentasikan ke dalam campaign yang terpisah, atau setidaknya memisahkan Ad Sets, mungkin disarankan untuk mentracking informasi dan melaporkan tujuan iklan)
  • Ukuran iklan yang dianjurkan berbeda dari yang di Facebook. Instagram merekomendasikan menggunakan gambar iklan persegi dengan ukuran 1080 x 1080 pixel untuk format iklan gambar dan carousel.
  • Jika pilihan targeting dalam Instagram tidak tersedia di Power Editor, mungkin diperlukan “manual reset” dalam Power Editor untuk mengatasi masalah ini (Anda bisa masuk ke “Help” -> “Reset Power Editor”, yang berada di bagian kanan atas interface).

2. Sekarang Anda Dapat Membuat Iklan Lead yang Bisa Membuat Pengguna Mengisi Form Kontak Tanpa Harus Meninggalkan Facebook

Pada tanggal 7 Oktober, Facebook mengumumkan bahwa format iklan Lead Generation yang mereka uji sejak Juli saat ini sudah tersedia untuk semua pengiklan.

Format ini mengintegrasikan form pendaftaran langsung ke Iklan di newsfeed Facebook (hanya versi mobile). Ketika iklan di klik, sebuah form lead gen yang dikustom akan terbuka dengan informasi kontak pengguna Facebook (tapi bisa diedit oleh pengguna) membuat pengguna bisa sign up untuk email/konsultasi gratis/dll. Dengan sebuah klik, dan TANPA harus mengunjungi landing page pengiklan.
iklan-facebook-lead-gen-untuk-mendapatkan-data-pelanggan

Setelah semuanya berfungsi dan terintegrasi memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang mulus, dan beberapa pengiklan lead gen melaporkan adanya penurunan CPL sebanyak 4x dibandingkan dengan aktivitas social advertising sebelumnya.

Kelemahan terbesar dari format iklan ini (untuk saat ini) adalah sulitnya pengambilan lead, karena Facebook TIDAK mengirimkan iklan ini via email atau mengarahkan mereka untuk CRM via API (hanya beberapa yang bisa). Seiring berjalannya waktu, pengiklan harus mendownload leads dalam format spreadsheet dari option “Publishing Tools” dalam Facebook Page para pengiklan.

Dengan adanya fitur targeting Instagram yang baru, jika pilihan untuk menjalankan Lead Gen Ad Campaign tidak tersedia dalam Power Editor, maka Anda harus melakukan “manual reset” untuk Power Editor.

3. Sekarang Anda Bisa Menggunakan Detailed Targeting Untuk Memperluas atau Memperluas atau Membatasi Targeting Audience

Pada akhir Oktober, secara diam-diam iklan Facebook meluncurkan perubahan yang sudah lama ditunggu untuk sistem Ads Targeting yang secara dramatis meningkatkan kemampuan pengiklan untuk membatasi targeting menjadi audience yang sangat detail dan spesifik.

Perubahannya disebut “Detailed Targeting” yang menambahkan filter bagi tampilan iklan Facebook, memberi kemampuan bagi pengiklan untuk menggunakan filter sebanyak mungkin, baik untuk MENAMBAH atau MENGECUALIKAN Interest/Demografi/Behavior untuk setiap audience yang ditargetkan.

Saat ini, dengan penambahan filter untuk field, pengiklan bisa memilih apakah pilihan masing-masing bidang penyaringan tambahan yang dimasukkan, advertiser dapat memilih entah “Expand Audience” (fungsi logis “ATAU”, yang hingga saat ini menjadi satu-satunya pilihan untuk targeting Interest) atau pilihan “Narrow Audience” (fungsi logis “DAN”) untuk menargetkan audience secara lebih spesifik dan relevan.

fitur-iklan-facebook-detailed-targeting-untuk-mendapatkan-audience-yang-lebih-targeted-dan-spesifik

Perbaikan yang paling penting adalah bagaimana logika baru Facebook membuat pengiklan mampu menargetkan pengguna berdasarkan overlap “Interest” lebih dari satu untuk pertama kalinya. Hal ini meningkatkan targeting menjadi iklan yang lebih relevan yang ditampilkan di hadapan audience yang spesifik, dan dengan demikian meningkatkan performa iklan untuk setiap pengiklan yang menggunakan fitur ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika pilihan “Detailed Targeting” tidak muncul dalam Power Editor, Anda perlu melakukan “manual reset” untuk mengatasi masalah ini.

Kesimpulan

Fitur-fitur ini merupakan yang terbaru (dan beberapa sangat menarik), dalam serangkaian pembaruan yang dilakukan untuk iklan Facebook, menunjukkan bagaimana dedikasi Facebook dalam meningkatkan ads experience (pengalaman dalam beriklan) bagi pengguna dan pengiklan.

Bagaimana fitur ini akan mengubah cara Anda menggunakan iklan Facebook di tahun ini?

Baca Juga

Automated Rules: Fitur Baru Iklan Facebook untuk Toko Online Anda

5 Alasan Mengapa Iklan Facebook Anda Tidak Berhasil

8 Fitur Ad Targeting yang Penting di Digital Marketing Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *