3 Blog Ecommerce dan Toko Online Terbaik yang Harus Dibaca oleh Content Marketer

buat toko online - content marketing untuk ecommerce

Keberhasilan dari blog toko online Anda dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jurnalisme dan product promotion, di samping itu juga selalu memberikan konten yang berguna kepada reader-customer secara rutin. Para content marketer dari bisnis ecommerce skala kecil hingga menengah mungkin bisa mendapat ide dan inspirasi dari beberapa blog berikut.

Ada lusinan, bahkan ratusan, retailer yang berhasil dalam membuat content marketing – Mr. Porter, REI, GORUCK, dan lainnya.

Untuk list berikut, pertimbangkan untuk membaca blog dari ketiga retailer ini: Free People, Home Depot, dan ModCloth. Masing-masing menunjukkan contoh content marketing yang menunjukkan aspek penting untuk content marketing bisnis retail.

 

Free People, BLDG 25 Blog

Retailer fashion wanita, Free People, biasanya mempublikasi artikel lifestyle yang membahas mulai dari fashion dan music hingga projek DIY dan yoga pada long-running blognya, yaitu BLDG25.

Untuk content marketers, BLDG 25 merupakan contoh yang baik dari cara menggabungkan konten yang menarik dengan product promotion. Salah satunya postingan pada 16 Januari 2016 ini, “Three Reasons You Need to Surf This Year”, dari Joanna Rentz.

Blog post singkat memiliki kurang dari 400 kata tetapi dilengkapi dengan fitur foto, yang kebanyakan terhubung langsung ke page detail produk Free People.

Konten postingan sederhana, mudah dibaca, dan menghibur. Gambar juga berkaitan dengan konteksnya.

Rentz, sebagai contohnya, menulis, “Surfing memiliki beberapa manfaat – fisik, emosional dan mental – di mana semuanya … saya rasa semuanya sama di sini – surfer. Me

Gambar yang dipilih menampilkan surfer wanita berbadan fit sambil menunjukkan produk Free People.

buattokoonline-content marketing untuk ecommerce

Contoh kedua bisa ditemukan di postingan New Year’s yoga pada BLDG 25, artikel yang dipublikasikan pada 15 Januari 2016. Post tersebut menampilkan teks singkat, sebuah video dari instruktur CorePower Yoga bernama Ashley Rufo, dan beberapa foto latihan yoga.

Yang mengejutkan, postingan tersebut mirip dengan artikel workout yang bisa Anda temukan di situs kesehatan wanita. Keduanya sama-sama berguna bagi customer dan merupakan cara yang tepat untuk mempromosikan yoga product line dari Free People.

free-people-blog-screen-capture-570x466-buatokoonlineid-content marketing untuk ecommerce

Konten pada BLDG 25 dapat dijadikan referensi oleh semua content marketers dalam bisnis ecommerce apa pun. Perusahaan Anda bisa menjaga keseimbangan antara product promotion dan konten blog yang baik juga.

free-people-images-left-blog-right-product-570x413-buattokoonlineid-content marketing untuk ecommerce

 

Blog Home Depot

Salah satu cara terbaik untuk menjangkau potential customer bisnis retail dengan content marketing adalah dengan memberikan sesuatu yang berguna. Pada nyatanya, peralatan, mungkin, salah satu bentuk content marketing terbaik.

Blog Home Depot merupakan contoh yang baik dari bagaimana content marketing bisa melayani customer dengan baik. Banyak postingan yang ingin membantu visitor blog menyelesaikan beberapa masalah atau menyelesaikan pekerjaan.

Sebagai contoh, postingan baru-baru ini menjelaskan bagaimana cara menginstall slab door interior, yang menjabarkan proses instalasi ke dalam 15 langkah, masing-masing dengan foto yang berkaitan. Penjelasan pada setiap langkahnya sangat simple dan jelas, tertulis, bertujuan untuk mendorong orang mencoba projek tersebut atau membantu mereka melalui postingan jika mereka sudah mencobanya.

home-depot-diy-example-570x299-buattokoonlineid-content marketing utk ecommerce

Postingan DIY pada blog Home Depot merupakan contoh yang baik untuk content marketers, tetapi masih ada banyak kategori yang dipublikasikan di sana. Ada juga banyak postingan “ide” yang mungkin, ditujukan untuk menginspirasi potential customer.

Contoh terbaru, blog post “Bathroom Vanitites in 3 Unexpected Places”, menyarankan Anda untuk menempatkan wastafel dan perlengkapan kamar mandi di mudroom, yang sepertinya merupakan ide bagus.

home-depot-vanitys-570x381-buattokoonlineid-content marketing untuk ecommerce

 

Story by ModCloth

ModCloth, sebuah retailer fashion, memiliki sebuah blog bernama Story, yang mementingkan sebuah konsistensi dalam membuat content yang menarik.

ModCloth sering membagikan content yang bermanfaat. Contohnya, antara 1 dan 17 Januari 2016, 13 postingan telah dipublikasi di Story. Mereka menulis berbagai topik, mulai dari pengumuman kontes hingga interview dengan dokter hewan bernama Fish.

bird-doctor-570x381-buattokoonlineid-belajar content marketing untuk ecommerce

Pada Desember 2015, sebanyak 27 postingan telah dipublikasikan ke dalam blog. Ada sebanya 24 post pada November 2015 dan 21 post pada Oktober 2015. Artinya ModCloth mempublikasikan 72 blog post hanya dalam 3 bulan tahun lalu.

mod-cloth-blog-570x285-buattokoonlineid-content marketing untuk ecommerce

Tidak setiap retailer mampu mempost sebanyak yang ModCloth lakukan, tetapi konsistensi adalah hal yang penting dalam content marketing. Coba pikirkan begini, maukah Anda berlangganan sebuah majalah yang memberitakan hal random? Mungkin tidak. Jadi janganlah menjadi seperti itu. Justru Anda bisa mencontoh ModCloth dan memposting secara rutin dan konsisten.

 

sumber : practicalecommerce

 

Baca juga : Buattokoonline.Id Workshop : Intro Content Marketing Untuk Toko Online

3 thoughts on “3 Blog Ecommerce dan Toko Online Terbaik yang Harus Dibaca oleh Content Marketer”

  1. Blog E-commerce memang lagi trend bgt sepertinya di Indonesia..
    Hampir semua startup e-commerce pasti punya blog untuk marketing mereka..
    Mungkin lebih bagus kalau dicantumin juga contoh dari Indonesia 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *