20 Tool Gratis Yang Membantu Anda Membuat Infographic Yang Indah

Sebuah gambar memiliki arti ribuan kata – menurut istilah ini, infografis dapat mencakup ribuan kata, tapi jika Anda meminta pembaca untuk memilih antara artikel 1000 kata dan infografis yang hanya perlu di scroll ke bawah, mungkin mereka akan memilih infografis. Mengapa begitu? Karena otak lebih cepat memproses gambar daripada kata-kata, di mana dalam infografis terdapat grafik berwarna dan ilustrasi, sehingga membuat pembaca juga berada di website Anda lebih lama.

Baca Juga: Kumpulan 18 Icon Ecommerce Toko Online Gratis untuk Navigation dan Design

Masalahnya adalah, meskipun terlihat sederhana dan mudah dibuat, nyatanya tidak semua orang dapat membuat infografis. Untuk menggunakan photoshop Anda memerlukan orang yang ahli untuk mengoperasikannya. Namun untuk saat ini sudah ada tools yang tersedia di website untuk membuat infografis Anda sendiri. Inilah 20 tools infografis yang dapat membantu Anda menyampaikan pesan kepada pembaca, secara lebih efektif dan menarik.

1. Canva

Tools ini powerful dan mudah digunakan untuk semua jenis pekerjaan desain, mulai dari brosur hingga presentasi, dengan kumpulan gambar yang lengkap, icon, font dan fitur yang tersedia untuk Anda.

Anda dapat membuat infografis dengan berbagai elemen desain dan font yang gratis, dan ada juga elemen premium yang dapat dibeli dengan maksimal harga $1. Anda dapat mengakses Canva di browser atau download aplikasi Canva untuk bekerja secara mobile.

canva-tools-membuat-infografis

2. Visualize.me

Dengan tools ini Anda bisa membuat format resume online yang sangat indah, relevan dan menarik, hanya dengan satu klik. Anda bisa menggambarkan prestasi dan pencapaian Anda dengan visual yang menarik tapi sederhana untuk membantu mengoptimasi profil LinkedIn Anda.

visualize-me-tools-membuat-infografis

3. Piktochart

Piktochart dapat membuat infografis dengan menggunakan kombinasi dari visual yang berbeda: tema, icon, vector, gambar dan grafik. Dengan drag-and-drop dan klik Anda bisa membuat infografis berupa static atau html untuk di embed dalam website Anda.

piktochart-tools-membuat-infografis

4. Easel.ly

Easly,ly adalah tools yang seru untuk membuat infografis dengan fitur drag-and-drop dan interface yang sederhana. Anda bisa buat lalu share ide secara online, yang didukung dnegan ‘vhemesv atau visual themes yang membantu Anda menentukan style infografis.

easelly-tools-membuat-infografis

5. Visual.ly

Visual.ly bisa mengkustom infografis dalam waktu singkat meskipun Anda bukan analyst atau desainer. Anda bisa menemukan infografis dari user lainnya untuk dijadikan referensi.

visually-tools-membuat-infografis

6. Infogr.am

Jika ingin membuat infografis yang mudah tapi menyenangkan, Infogr.am adalah jawabannya. Anda tinggal mengimport data mentah ke Infogr.am, dan tool ini akan membantu Anda mengubah data tersebut menjadi grafik atau infografis yang sangat luar biasa dan profesional dalam hitungan menit.

infogram-tools-membuat-infografis

7. Venngage

Venngage merupakan tool infografis online yang membantu Anda membuat dan mempublish custom infografis, dan di saat yang sama, meng-engage viewer dan melacak hasilnya. Venngage bisa membuat infografis yang bagus untuk blog dan website dan Anda juga bisa mendapatkan audience yang terus bertambah dengan menyediakan konten yang indah dan menarik ini.

venngage-tools-membuat-infografis

8. Google Developers

Tool Google ini powerful, mudah digunakan, dan gratis. Anda bisa memilih dari beragam grafik dan menyesuaikan dengan tampilan website Anda. dengan menghubungkan data real-time, Google Developers merupakan tools infografis yang tepat untuk website Anda.
google-developers-tools-membuat-infografis

9. iCharts

Dengan iCharts, Anda bisa membuat grafik seperti desainer dengan data interaktif dan mudah dikonsumsi. iCharts membuat data Anda menjadi visual dan membagikan berbagai jenis data.

icharts-tools-membuat-infografis

10. Timeline JS

Timeline JS akan menyediakan timeline yang mudah digunakan. Anda bisa menarik media dari beragam sumber dengan support built-in untuk Twitter, Flickr, Google Maps, YouTube, Vimeo, Dailymotion, Wikipedia, SoundCloud dan banyak lagi.

timeline-js-tools-membuat-infografis

11. StatSilk

StatSilk menawarkan software web-based dan desktop untuk memudahkan data analisis, efisien dan menarik, untuk menyediakan berbagai data visual.

statsilk-tools-membuat-infografis

12. InFoto Free

InFoto Free merupakan aplikasi Android untuk membuat infografis dari kebiasaan Anda mengambil foto, dengan kemampuan menganalisa foto. Anda bisa membuat infografis dengan resolusi tinggi dari galeri foto Anda. InFoto akan memberi rekomendasi kapan waktu yang tepat mengambil foto, apakah fotonya horizontal atau vertical dan juga tempat favorit untuk mengambil foto.

ifoto-free-tools-membuat-infografis

13. Get About

Aplikasi gratis dari Window ini bisa memberi Anda akses untuk memonitor aktivitas media sosial dan menghasilkan infografis yang dapat membantu Anda menggambarkan engagement bisnis Anda dengan network.

get-about-tools-membuat-infografis

14. ChartsBin

Online tool yang dapat membuat interactive map dalam waktu singkat tanpa instalasi atau cooding, dan Anda bisa meng-embed map tersebut ke website atau blog Anda.

15. Tableau Public

Aplikasi gratis untuk Windows yang membuat dan membagikan grafik interaktif, maps, live dashboard dan aplikasi menarik hanya dalam hitungan menit. Siapa pun dapat menggunakannya karena sangat mudah.

16. Creately

Creately dapat menghasilkan diagram, baik untuk keperluan pribadi, perusahaan, developer, software, pelajar dan guru.

17. Gliffy

Dengan Gliffy Anda bisa membuat flowchart profesional, diagram, dan banyak lagi. Anda hanya perlu drag dan drop dengan menggunakan elemen desain yang sudah tersedia di galeri.

18. SIMILE Widgets

SIMILE merupakan data visualisasi open-source web widget dan gratis.

19. Tagxedo

Tagxedo mengubah kata-kata – pidato terkenal, artikel berita, slogan, tema, bahkan surat cinta Anda – menjadi word cloud yang mengagumkan. Setiap kata ditonjolkan dengan desain yang berbeda.

20. Wordle

Wordle merupakan aplikasi web sederhana untuk menghasilkan “word clouds” dari teks yang Anda miliki. Anda juga bisa mengubah font, layout, dan warnanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *