10 Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Tool Instagram Marketing

jualan di instagram

Apakah Anda menghabiskan waktu dan sumber daya yang tepat untuk menjalankan strategi marketing media sosial Anda?

Entah Anda baru meluncurkan strategi sosial pertama atau mengubah marketing plan saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa Instagram mengambil bagian besar dalam media sosial.

Sebelum masuk ke detail dalam membuat strategi marketing Instagram yang efektif, kita lihat dulu beberapa statistik yang terkait dengan Instagram:

  • Lebih dari 500 juta pengguna aktif per bulan
  • Hampir 100 juta foto dan video di share setiap harinya
  • Audience yang global, dengan kira-kira 80% user diluar US.

Sekarang, apakah Anda sudah tahu mengapa Instagram penting untuk brand Anda?

Dalam post ini akan dijelaskan 10 tools untuk meroketkan marketing Instagram Anda.

Inilah daftar tools terbaik, yang mudah digunakan, memiliki beragam fitur dan bermanfaat untuk semua tipe bisnis.

1. Yotpo

Apa arti istilah “social curation” bagi Anda?

Jika Anda tidak tahu, terkait dengan Instagram, Yotpo bisa menjadi jawabannya.

Tools ini akan membantu Anda “mengidentifikasi dan mengumpulkan” user-generated content yang berhubungan dengan bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tiga keuntungan ini:

  • Meningkatkan on-site conversion
  • Mendorong traffic ke website dari Instagram
  • Meningkatkan traffic ke masing-masing halaman produk

Social curation tidak serumit yang kita bayangkan, Yotpo membagikan lima langkah berikut:

  • Mengumpulkan foto dari industri para influencer, customer, prospect dan lainnya.
  • Memoderate dalam arti berterima kasih kepada pelanggan, mengutamakan foto dan menambahkan tags.
  • Memilih top foto untuk ditampilkan dalam galeri halaman produk.
  • Membuat feed shopper-friendly, untuk mempersingkat langkah pencarian produk dan pembelian.
  • Menggunakan foto curated dalam berbagai media, termasuk website Anda, social post dan Yotpo Ads.

Kalau Anda ingin memperkuat foto Instagram menggunakan advanced social curation, Yotpo merupakan tools yang tepat. Yotpo digunakan oleh berbagai perusahaan kecil dan besar, yang mencakup beragam industri, untuk meningkatkan aktivitas marketing mereka.

tools-marketing-instagram-yotpo

2. SnapWidget

Anda mengupload foto high-quality dalam Instagram feed, sesering mungkin. Tapi itu saja tidak cukup. Anda sadar harus melakukan usaha lebih dalam membagikan gambar dengan audience Anda.

Inilah saatnya Anda menggunakan SnapWidget. Dengan tool ini, Anda dapat dengan mudah menampilkan foto dan video Instagram di website Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghubungkannya ke Twitter, untuk mendapatkan hasil marketing yang lebih besar lagi.

Dengan lebih dari 100,000 cutomer, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan sesuatu yang unik.

Kelebihan dari tool ini adalah mampu membuat widget pertama secara gratis. Hal ini memberi Anda kesempatan untuk melihat apakah tool ini sesuai dengan harapan ANda.

Ketika mulai menggunakan SnapWidget, Anda akan melihat berbagai tipe widget seperti ini:

  • Grid Widget
  • Scrolling Widget
  • Map Widget
  • Slideshow

Semuanya bisa bermanfaat untuk bisnis Anda, tapi grid dan scrolling widget yang paling banyak digunakan dalam menampilkan gambar di website perusahaan.

Mengembangkan akun Instagram Anda memang penting, tapi jangan berhenti disitu. Anda bisa menggunakan SnapWidget untuk menampilkan gambar-gambar berikut di website Anda, sehingga meningkatkan reach audience Anda.

tools-marketing-instagram-snapwidget

via SnapWidget

3. ScheduGram

Tools apa yang Anda gunakan untuk me-manage akun Instagram? Apakah bisa membantu dan menghemat waktu Anda dalam mengurus akun Instagram?

Jika Anda tidak bisa menjawab “ya” untuk kedua pertanyaan tersebut, saatnya melihat ScheduGram dan berbagai fitur unik yang dimilikinya.

Tool ini menyediakan beragam tool, seperti menjadwalkan update di masa depan, web uploading dan support untuk akun lebih dari 1 (cocok untuk agency)

Mari kita lihat fitur utama yang dimiliki ScheduGram:

  • Web upload. Dari gambar hingga video, Anda bisa mengupload dan meng-edit semua media tersebut sebelum dipublish.
  • Schedule posts. Apakah Anda akan mempost gambarnya sekarang atau nanti? Kalau Anda mau menjadwalkan untuk nanti, ScheduGram bisa melakukannya. Fitur ini akan menghemat waktu para marketer.
  • Multiplel account management. Mungkin Anda punya lebih dari satu akun Instagram. Atau, mungkin Anda memiliki sebuah agency yang mengurus berbagai akun untuk beragam client. ScheduGram memiliki fitur multiple account management. Anda tidak perlu log in dan log out berulang kali, tapi justru langsung berpindah dari satu akun ke akun lainnya.

tools-jualan-di-instagram-schedugram

via ScheduGram

4. Tagboard

Tagboard memberi solusi bagi Anda yang mencari cara dalam membagikan top content untuk audience Anda.

Singkatnya, tagboard berisikan koleksi dari postingan di media sosial, seperti foto Instagram, yang di share menggunakan hashtag yang sama.

Selain itu, Anda juga bisa meng-embed ke dalam website Anda, menambahkannya ke dalam mobile apps dan lain-lain.

Selanjutnya, audience Anda bisa engage langsung dengan tagboard, seperti memberi komentar.

Cobalah tool ini, dengan melakukan search di homepage-nya:

tools-marketing-instagram-tagboard

Setelah melakukan pencarian, Anda ditampilkan dengan update terbaru yang termasuk hashtag. Dari sini, Anda bisa membuat tagboard untuk di share dengan audience.

Salah satu fitur favorit tagboard adalah mengakses data yang berhubungan. Klik di tombol informasi (di hashtag Anda) dan akan muncul tampilan ini:

tools-jualan-di-instagram-statistik-tagboard

Fitur ini memberi Anda ide seperti seberapa populernya hashtag tersebut, dan memberi Anda masukan lain.

Tagboard mudah digunakan dan terbukti efektif. Meskipun tool ini tidak menjadi bagian sehari-hari marketing plan Instagram Anda, tool ini dapat digunakan kapan pun.

5. Iconosquare

Apakah Anda menyukai analytics?

Jika ya, Anda harus mencoba tool Instagram marketing ini.

Tujuan utama dari Iconosquare adalah untuk membantu Anda mengukur dan mengoptimasi performance secara lebih baik. Dengan kata lain, Anda bisa mengetahui cara mana yang berhasil dan tidak, yang membantu Anda dalam melakukan perubahan rencana.

Bagi first time user, Anda bisa mencoba tool ini gratis selama 7 hari.

Lebih dari 30,000+ bisnis dan agency menggunakan tool ini karena data analytic-nya sangat dalam.

Inilah daftar data yang dapat dihasilkan dari Iconosquare:

  • Follower yang didapat dan yang un-follow.
  • Media yang diposting.
  • Lokasi followers.
  • Post untuk hashtag tertentu.
  • Top followers.
  • Waktu yang tepat untuk mempublish post.

Semua data ini memang sangat penting, tapi yang paling utama adalah data yang disebutkan terakhir. Dengan mengetahui waktu yang tepat dalam mem-posting, Anda bisa mendapatkan exposure dan engagement yang lebih tinggi.

tools-marketing-instagram-iconosquare

via Iconosquare

Seperti yang bisa dilihat, semua datanya sudah tersedia. Dalam contoh ini, engagement rate 0.28% ditampilkan untuk hari Jumat pada pukul 17.00. Dengan data ini, Anda bisa membandingkan rate di hari dan jam lain untuk menentukan jadwal post Anda.

Iconosquare merupakan raja dalam Instagram analytics, jadi pastikan Anda menggunakannya sebagai bagian dari strategi marketing selanjutnya.

6. Flipagram

Anda pasti pernah merasa terjebak dalam “kebiasaan Instagram”. Ambil foto, masukkan ke dalam akun Anda dan terus ulangi.

Kecuali Anda punya banyak followers, rutinitas ini akan membosankan, dan juga menghabiskan waktu Anda.

Flipagram bisa menjadi solusinya, dengan menyediakan fitur untuk membuat video slideshowuntuk Instagram.

Flipagram membantu Anda menampilkan produk dihadapan audience, tanpa meminta mereka secara manual menggeser fotonya satu per satu. Tool ini memungkinkan audience melakukan share untuk konten Anda.

Banyak yang berpikiran Flipagram hanya efektif untuk perusahaan dalam industri retail. Dengan berpikiran kreatif, tool ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau servis mereka

Contohnya, sebuah restoran bisa membuat Flipagram yang menampilkan menu makanan atau minuman terbaik mereka.

Kalau ingin akun Instagram Anda menarik, buatlah kontennya secara unik.

tools-marketing-instagram-flipagram

via Flipagram

7. AgoraPulse

Salah satu goal utama dari marketing Instagram Anda adalah engage dengan audience secara terus-menerus. Artinya, Anda harus memahami audience ANda.

Inilah saatnya Anda menggunakan AgoraPulse. Tool ini memiliki beragam fitur untuk memahami audience Anda secara lebih baik.

Anda akan ditampilkan dengan beragam informasi ketika masuk ke akun. Mulai dari jumlah brand mention hingga top keyword.

tools-marketing-instagram-agorapulse

via AgoraPulse blog

Informasi tersebut sangat berguna untuk:

  • Memahami siapa yang paling tertarik dengan brand Anda
  • Menyediakan customer service yang lebih bagus
  • Menentukan karakter user

Anda harus menggunakan AgoraPulse untuk dapat merasakan apa saja manfaatnya. Tampilan tool ini sangat sederhana, mulai dari dashboard hingga semua data yang ditampilkan sehingga Anda bisa menemukan informasi yang dibutuhkan dengan jelas.

Tool ini juga sesuai untuk perusahaan yang memiliki lebih dari satu orang untuk mengurus akun Instagram mereka.

8. Curalate

Dikenal sebagai perusahaan “image recognition marketing”, Curalate menyediakan berbagai tools untuk meningkatkan marketing Instagram Anda.

Berikut fitur yang ditawarkan oleh Curalate:

  • Membuat sebuah link dalam post yang akan terhubung dengan produk Anda.
  • Visual Insights. Data, data, dan data. Dengan fitur ini Anda bisa mendapatkan akses ke analytics yang menunjukkan produk mana yang di share dalam bentuk gambar di Instagram, di antara platform media sosial lainnya.
  • Ads dan marketing plans Anda harus saling mendukung dan sesuai. Curalate membantu Anda membuat Instagram ads, menggunakan berbagai fitur targeting.

Curalate memudahkan audience untuk melakukan pembelian produk Anda.

tools-marketing-instagram-curalate

via Curalate

9. Offerpop

Apakah Anda tertarik melakukan promosi via Instagram? Apakah Anda punya rencana untuk memanfaatkan user-generated content?

Jika ya, Offerpop bisa menjadi pilihan Anda

Tidak seperti tools lain yang fokus dengan ranah marketing Instagram, Offerpop sangat berbeda (dalam hal yang baik tentunya).

Untuk pemula, Anda bisa menggunakan platform untuk menjalankan promosi dan memberi penawaran kepada audience Anda.

Selain itu, Offerpop menawarkan berbagai fitur, mengenai user-generated content. Jika Anda baru mengetahui konsep ini, Offerpop bisa membantu Anda dalam menentukan apa yang harus dilakukan.

Tujuan utama Offerpop adalah membantu user mengumpulkan, curate dan mengelola user-generated content. Dengan melakukan ini Anda akan mendapat banyak keuntungan, seperti mempertahankan engagement potential buyer untuk jangka waktu yang lama.

Beberapa fitur top user-generated content yang dijabarkan dalam website Offerpop adalah:

  • Mengumpulkan user-generated content via hashtag.
  • Mendapatkan hak dalam menggunakan konten tersebut untuk aktivitas marketing.
  • Auto response, agar Anda selalu berhubungan dengan konsumen tanpa delay.
  • Engagement monitoring.

tools-marketing-instagram-offerpop

via Offerpop

10. Typic

Saat ini Anda tidak mungkin kekurangan aplikasi editing gambar dan video. Banyak aplikasi baru bermunculan setiap harinya.

Memang bagus banyak pilihan tersedia, tapi Anda jadi sulit menentukan mana yang terbaik untuk brand Anda. Typic sudah lama menjadi unggulan untuk masalah editing foto, karena Anda bisa dengan mudah dan cepat menambahkan efek dan filter ke dalam foto.

Inilah beberapa top fitur dari Typic:

  • Lebih dari 100 font.
  • Lebih dari 500 elemen desain.
  • Bisa menambahkan logo Anda ke foto mana pun.
  • Update teratur agar Anda bisa mengakses fitur baru.

Typic banyak digunakan oleh berbagai jenis user, termasuk mereka yang menggunakan Instagram untuk personal. Namun, ada beberapa fitur yang membuat apps ini dipilih oleh para professional marketer.

Fitur “add your own logo” membantu Anda mempromosikan brand dalam berbagai gambar yang di upload. Ditambah lagi, Anda bisa menyimpan empat versi logo, sehingga dengan satu klik saja logo Anda sudah ada dalam gambar.

Berikut contoh dari galeri Typic:

tools-marketing-instagram-typic

Foto tidak hanya sekedar gambar, jika Anda mengandalkan Typic. Aplikasi ini bisa membantu Anda mengubah foto apapun, tidak peduli seberapa standar, menjadi sebuah seni. Dari perspektif marketing, aplikasi ini sangat berguna.

Kesimpulan

Media sosial tidak sekedar memposting konten. Anda menginginkan engagement dengan kualitas tinggi.

Dengan mempertimbangkan Instagram sebagai raja social engagement, Anda perlu menghabiskan banyak waktu membuat strategi yang memberikan hasil. Dengan tools diatas, Anda bisa melakukannya.

Sumber: neilpatel.com

Baca Juga

Survey Perilaku Seller Indonesia di Instagram

Step by Step Cara Beriklan di Media Sosial Instagram (IG Ads Sponsored)

Data Facebook Tentang Sharing Konten Ini Menunjukkan Pentingnya Video Untuk Bisnis Online Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *